Ekonomi

Para Pengusaha Pemula Sebaiknya Simak Tips Berikut Ini

Para pemula seringkali merasa kesulitan ketika ingin berbisnis. Memang untuk menjadi pebisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Meskipun begitu bukan berarti jualan online sedemikian sulit sehingga harus dihindari.

Berbisnis bukan hanya tentang cara memulainya, namun bagaimana membuat bisnis kita berkembang dan terus tumbuh. Untuk itu, pemula harus mengetahui kiat-kiat berbisnis secara online dari tahap dasar.

Berikut cara memulai bisnis online untuk pemula, lakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Modal Awal Berbisnis Online
Tidak ada bisnis yang tanpa modal. Setidaknya pemula harus memiliki beberapa hal agar dapat membuka bisnis online. Hal pertama yang harus dilakukan ialah menetapkan tujuan. Untuk apa saya berbisnis online? Apakah untuk membantu meringankan beban orangtua? Ataukah untuk mendapatkan jaminan di hari tua?


Tetapkan dahulu tujuan kita berbisnis agar ketika kita mulai mendapatkan penghasilan dari bisnis, kita tidak serta merta boros. Pengusaha yang sukses tentu memiliki sebuah tujuan, bukan?

Hal berikutnya yang tidak kalah penting ialah memiliki komitmen dalam berbisnis. Apa yang sudah dimulai akan bertumbuh jika kita melakukannya secara bulat dan tidak setengah-setengah.

Selanjutnya ketika kita sudah memiliki tujuan dan komitmen, kita membutuhkan strategi dalam berbisnis online. Dalam hal strategi, kita membutuhkan teknik yang tepat dan dukungan dari orang-orang sekitar, serta kemauan untuk terus belajar dan belajar.

2. Kuasai Teknik 4P
Teknik 4P merupakan singkatan dalam Bahasa Inggris yang terdiri dari product, price, place dan promotion. Sebelum memulai bisnis online, kita mesti tahu produk ataukah jasa apa yang ingin kita jual.

Tentukan pula segmen pembeli kita untuk berjualan. Apakah menyasar ke anak muda ataukah paruh baya? Setelahnya barulah kita tahu harga produk dan kemana kita akan memasarkan produk. Terakhir adalah menentukan sarana yang tepat untuk melakukan promosi.

Baca Juga:  SystemEver: Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

Untuk melakukan promosi, kita dapat mempelajari ilmu internet marketing. Kuasai hal tersebut dengan rutin membaca melalui buku-buku dan artikel-artikel online yang tersedia di internet.

3. Manfaatkan Sosial Media dan Forum Jual Beli Online
Media sosial merupakan salah satu sarana mudah nan praktis untuk memulai bisnis online. Menurut survey yang dilakukan oleh Statista, pada tahun 2019 orang-orang menghabiskan waktu sekitar 153 menit per hari untuk bersosmed. Jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun seiring kemajuan sosial media dan teknologi penunjangnya.

Kata kunci untuk memulai promosi melalui sosial media ialah konsisten. Pelajari teknik berpromosi yang baik dan benar, sembari optimasi akun sosial mediamu. Jangan lupakan juga promosi lewat offline dari mulut ke mulut.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan forum jual beli online. Atau bergabung di e-commerce terkemuka. Cara ini akan menghubungkan kita langsung dengan pelanggan yang kita tuju.

4. Membeli Domain dan Sewa Hosting untuk Situs Toko Onlinemu
Jangan sungkan untuk membuat toko online sendiri. Apalagi jika ternyata produk yang sobat jual jumlahnya banyak dan beranekaragam. Caranya dengan beli domain dan sewa jasa hosting. Biasanya pada hosting terdapat platform khusus untuk membuat website. Nah sobat bisa mendesain sesuka hati situs online yang mobile friendly.


Ada banyak keuntungan memiliki situs toko online sendiri. Diantaranya tidak hanya berfungsi sebagai brosur online. Akan tetapi dapat digunakan untuk sarana interaksi antara kita dan pengunjung. Bisnis kita pun terkesan lebih profesional di mata pengunjung.

Di situs tersebut, pengunjung dapat memanfaatkannya untuk mencari produk-produk yang mereka butuhkan. Tanpa harus teralihkan ke toko lain. Seperti halnya jika kita menggunakan platform e-commerce atau forum jual beli biasa.

Baca Juga:  Solusi Investasi Sekaligus Menambah Pahala dari Sunlife Indonesia

5. Pertimbangkan Jasa Pengiriman Barang
Dalam usaha kita untuk menjual produk kepada konsumen, hal penting yang tidak boleh kita lupakan ialah pada hal pengiriman barang. Beberapa hal yang dapat membuat konsumen kembali lagi ke toko kita, antara lain ialah kecepatan dan kerapian.

Tidak hanya dalam pengemasan barang, tetapi juga bagaimana barang tersebut bisa cepat sampai ke tangan konsumen. Untuk itu kita harus menggunakan jasa pengiriman barang yang berkualitas dan terpercaya. Salah satunya ialah Ninja Xpress.

Meski masih tergolong baru, namun Ninja Xpress sudah menjangkau pengiriman ke seluruh kota di Indonesia. Dilengkapi berbagai fasilitas modern yang memudahkan kita sebagai pebisnis. Fasilitas tersebut beberapa diantaranya ialah sistem pengiriman COD, real time tracking, dan layanan customer service yang tersedia 24 jam.

Demikianlah artikel ini Molzania buat. Bertujuan untuk menginfokan kepada sobat-sobat semua tentang tips bisnis online dengan Ninja Xpress. Mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terima kasih telah membaca. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. 

Sumber artikel:
Salim, Joko. 2009. Step by Step Bisnis Online. Jakarta : Elex Media Komputindo

407 Views

22 Komentar

Tinggalkan Balasan