memilih rumah
Info Seru

Bingung Memilih Rumah Sewa Di Bandung? Berikut Tipsnya!

Siapa yang tidak mengenal kota kembang, Bandung. Salah satu kota besar di Indonesia yang menjadi salah satu kota tujuan kaum pendatang (urban), mulai dari pencari kerja hingga lulusan SMASMK sederajat yang ingin melanjutkan kuliah. Tak ayal, hal ini membuat permintaan dan kebutuhan sewa rumah di Bandung tidak pernah sepi peminat.

Bisa dibilang, Ibukota dari Propinsi Jawa Barat ini seakan memiliki magnet dan daya tarik bagi para pendatang yang ingin mengadu nasib maupun menimba ilmu, mulai dari objek wisata yang menjadi incaran wisatawan lokal dan mancanegara serta perguruan tinggi yang variatif dengan kualitas pendidikan yang baik.

TIPS MEMILIH SEWA RUMAH DI BANDUNG

Harga Sewa Rumah di Bandung, Mahal Tidak, Ya?

Tidak hanya di Bandung, harga tanah dan bangunan (property) setiap tahun cenderung mengalami kenaikan. Ini menjadi alasan sebagian orang memilih rumah sewa sebagai alternatif tempat tinggal. Harga sewa rumah di Bandung tentu lebih terjangkau dibanding membeli, terutama bagi para pendatang yang kondisi keuangan belum mapan. Alasan lain, penyewa tidak perlu membayar PBB karena menjadi kewajiban pemilik rumah.

Lalu, bagaimana dengan harga sewa rumah di Bandung? Murah atau mahal tentu relatif, ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Penyewa tinggal memilih sesuai dengan budget dan kebutuhan. Sebagai gambaran bisa browsing di website sewa rumah yang ada di internet.

Baca Juga:  5 Games Cewek Dijamin Seru

cara memilih rumah sewa bandung

Bandung juga memiliki kawasan yang nilai property dengan harga relatif mahal, misal kawasan utara dan tengah karena letaknya yang strategis, dekat pusat pemerintahan, dan memiliki sejumlah destinasi dan objek wisata populer.
Sementara itu, kawasan selatan, timur, dan Bandung Barat relatif terjangkau. Misal, dengan luas 80 m² dengan tiga kamar tidur bernilai Rp 25 juta rupiah per tahun.

Tips Memilih Sewa Rumah di Bandung

Meski hanya berstatus rumah sewa, tapi bukan berarti asal pilih agar tidak merasa kecewa atas apa yang telah dibayarkan. Kamu harus mempertimbangkan dengan bijak faktor lokasi, kenyamanan, keamanan, kebersihan, hingga air dan listrik agar betah tinggal di sana.

Tidak perlu bingung, berikut 7 tips memilih rumah sewa di Bandung.

1. Faktor Lokasi

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih rumah sewa adalah cari lokasi yang dapat menunjang aktivitas dengan mudah. Misal, rumah sewa yang berlokasi dekat dengan tempat kerja atau kampus. Setelah itu, baru pertimbangkan fasilitas umum lain, seperti halte, terminal, stasiun, pasar, pusat perbelanjaan, hingga rumah sakit. Selain mempermudah akses juga meminimalisasi biaya transportasi yang akan dikeluarkan.

Tidak perlu khawatir, lokasi rumah sewa strategis di Bandung cukup banyak dengan luas dan ukuran yang variatif sesuai dengan kebutuhan.

2. Akses Jalan yang Mudah

Tidak selamanya rumah sewa identik dengan gang sempit dan akses jalan yang sulit. Untuk itu, dalam memilih rumah sewa, selain melihat bangunan, perhatikan juga akses jalan menuju rumah tersebut. Kamu bisa mencari rumah yang memiliki jalan yang cukup luas sehingga memudahkan kendaraan roda dua dan empat leluasa keluar masuk.

3. Pasokan Air dan Listrik yang Memadai

Jangan pernah bilang “Ah, cuma persoalan air”. Percayalah, air dan juga listrik bisa menjadi permasalahan besar jika pasokan air tidak lancar dan sering terjadi pemadaman listrik. Lebih baik memastikan diawal secara detail agar tidak mengganggu dan menghambat aktivitas.

Baca Juga:  Film Kartun Favorit Cewek Generasi 90an

4. Kondisi Lingkungan yang Nyaman dan Bersih

Kalau disuruh memilih murah tapi mengurangi nilai kenyamanan dengan membayar lebih mahal namun kenyamanan dan kebersihan lebih baik, maka kamu akan memilih yang mana? Apalagi, jika kondisinya ada anak bayi dan anak kecil.

Kenyamanan dan kebersihan bisa didapat dengan selokan yang tidak bau dan jauh dari tempat pembuangan sampah. Selain mengurangi kenyamanan, hal ini juga bisa menjadi sumber penyakit. Tidak ada salahnya juga memastikan faktor lingkungan yang jauh dari tindakan kriminal, seperti pencurian, perampokan, pelecehan, hingga kasus narkoba.

5. Lakukan Riset Harga Pasaran

Setelah menemukan rumah sewa yang dirasa cocok, ada baiknya melakukan riset harga. Ini dilakukan agar tidak menyewa dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran pada umumnya. Kamu bisa bertanya dengan tetangga disekitar rumah yang akan disewa atau melalui internet.

Jika sudah menemukan yang sesuai, bisa melakukan negosiasi harga, menentukan jangka waktu, dan surat perjanjian sewa menyewa rumah.

6. Manfaatkan Teknologi

Tidak semua orang bisa melakukan survey secara langsung ke lapangan untuk mencari rumah sewa. Jika hal ini terjadi, tidak perlu bingung, kamu bisa memanfaatkan teknologi. Informasi sewa rumah sudah banyak tersedia, mulai dari rumah hunian, apartemen, villa, ruko, dan kost. Mulai dari sewa harian, bulanan, dan tahunan.

Harga sewa yang ditawarkan variatif sehingga peluang mendapatkan rumah sewa yang sesuai kebutuhan dengan harga murah semakin mudah. Kamu hanya perlu memastikan mencarinya di website terpercaya.

7. Tidak Perlu Gengsi

Terakhir, tidak perlu gensi. Banyak orang yang menghabiskan uang untuk hal yang tidak penting, termasuk dalam mencari rumah sewa. Karena alasan gengsi memilih rumah sewa di kawasan elite padahal kondisi keuangan tidak cukup baik atau bahkan uang tersebut bisa ditabung untuk membeli rumah impian. Bukankah kita tidak selamanya akan tinggal di rumah sewa, bukan?

Baca Juga:  5 Tayangan Wajib Tonton Saat Bulan Ramadhan

Itulah 7 tips memilih rumah sewa di Kota Van Java, Bandung yang bisa menjadi referensi. Memilih rumah sewa pada dasarnya susah-susah gampang. Usahakan jangan terburu-buru dan sesuaikan dengan budget, kebutuhan, dan kenyamanan. Semoga tips di atas bermanfaat!

392 Views

Tinggalkan Balasan