REVIEW GRAMEDIA DIGITAL
Teknologi

Asyiknya Baca E-book Lewat Gramedia Digital

Kalau dulu zaman masih bocah, kita biasanya pergi ke toko buku. Tapi semakin dewasa, malah males. Terus solusinya apa nih biar tetap semangat baca?

Bagi Molzania pribadi, hal yang paling menyenangkan ialah pergi ke toko buku. Toko buku tempat kita bisa memilih ratusan buku. Rasanya asyik gitu bisa pilah-pilih buku yang kita suka. Supaya sekalinya bisa beli langsung banyak, Molzania memilih untuk menabung jauh-jauh hari.

Kebiasaan itu sayangnya menghilang. Soalnya makin susah meluangkan waktu ke toko buku. Solusinya digantikan dengan membaca buku lewat digital. Sudah beberapa tahun ini, Molzania mendownload aplikasi buku digital. Salah satunya Ipusnas. Molzania sudah pernah membuat review tentang aplikasi Ipusnas.

Ternyata aplikasi iPusnas masih kurang untuk melengkapi dahaga diri akan buku ini. Berikutnya Molzania download Gramedia Digital. Di sana ada banyak buku-buku terbaru koleksi Gramedia yang belum tersedia di Ipusnas. Nyesel kenapa nggak download dari dulu.. 🙁

 

REVIEW APLIKASI GRAMEDIA DIGITAL

Gramedia Digital adalah aplikasi smartphone resmi milik Gramedia dimana kita bisa membaca ribuan koleksi buku-buku yang ada di toko buku Gramedia. Bedanya dengan aplikasi Ipusnas, di sini sistemnya beli bukan pinjam. Masing-masing buku harganya beda-beda. 

aplikasi gramedia digital
Aplikasi Gramedia Digital

Molzania yang kebetulan suka banget sama buku-buku terbitan Gramedia merasa terbantu dengan e-book yang dijual di sini. Meski harganya terbilang sama dengan buku cetaknya. Bisa jadi lebih murah e-book sih. Entahlah, yang jelas sih harganya rata-rata mencapai puluhan hingga ratusan ribu per e-book. Boleh dibilang sama kan?

Antara e-book dan buku cetak, Molzania sejujurnya lebih milih buku cetak. Soalnya kebanyakan baca e-book nggak baik untuk kesehatan mata. Bagi Molzania pribadi sih, kalau kelamaan baca e-book mata kadang berair dan terasa pedes. Tapi karena kesibukan bikin jarang ke toko buku. Jadi ya milih baca e-book sajalah biar praktis.. meski ya rada dibatesin juga sih. hehehe..

Baca Juga:  Pemesanan Tiket Kereta Makin Praktis Dengan Kemajuan Teknologi

Di aplikasi Gramedia Digital, nggak hanya koleksi buku nonfiksi dan fiksi saja. Ada juga koleksi koran dan majalah terbitan Gramedia yang diupdate setiap hari. Koleksinya lengkap, mulai dari Nova, Saji, Tempo, Kontan hingga majalah Bobo. Jadi tambah demen baca nih. hihii… 

Selain beli buku eceran, ada juga sistem berlangganan. Untuk paket premium harganya Rp. 89.000 per bulan. Paket ini udah include all books, unlimited reading ceritanya. Sementara itu untuk paket fiksi atau buku anak harganya Rp. 45.000 per bulan. Satu akun bisa digunakan hingga 5 gadget. 

harga paket berlangganan gramedia digital
Harga Paket Berlangganan Gramedia Digital

 

Kelebihan Aplikasi Gramedia Digital 

  1. Koleksi Bukunya Buanyakk dan Lengkap
    Gramedia Digital memiliki koleksi 120.000 buku dengan berbagai judul dan genre. Worth-it untuk dibaca! Biaya berlangganan tergolong murah plus kita bisa sharing baca sama 5 temen lain dalam satu akun. Terdapat update buku-buku terbaru tiap bulan.
  2. Tampilan aplikasi yang user friendly
    Aplikasinya lumayan mudah dan dimengerti untuk diakses. 
  3. Buku dapat dibaca offline
    Kalau lagi di jalan, supaya menghemat baterai Molzania suka memanfaatkan fitur yang satu ini. Walau kadang pas pertama buka aplikasinya mesti akses internet juga biar masuk ke akun kita.
  4. Fitur baca e-book yang lengkap
    Fiturnya lumayan mirip Google Playbooks kalo menurut Molzania. Saat baca jadi nyaman karena ada fitur zoom, cahaya, bookmarks, search, ganti halaman, dan lain-lain. 

 

Kekurangan Aplikasi Gramedia Digital 

  1. Berganti halaman agak sulit
    Selayaknya buku beneran, fitur ganti halaman di Gramedia Digital mesti digeser alias dislide ke sebelah kanan atau kiri. Meskipun sekarang udah ada juga tuh pilihan ganti nomor halaman di bagian bawah. Tapi menurut Molzania sih lebih asyikan di tap aja daripada di slide yang kadang suka error. 
  2. Tidak ada fitur audio book untuk tuna netra
    Sayangnya belom ada audio book nih sama kaya iPusnas.
  3. Tidak semua buku dapat diakses walau berlangganan premium
    Tadinya Molzania kira bakalan bisa dibaca semua bukunya. Ternyata hanya terbatas untuk terbitan Gramedia saja. Di luar itu, kita masih tetap membeli bila ingin membaca.
  4. Buku tidak bisa discreenshot
    Nggak seperti iPusnas, buku di sini nggak bisa discreenshot. Mungkin emang buku premium ya. Harusnya tetap bisa dong, kan udah langganan. Menghindari pembajakan, mungkin?
Baca Juga:  Tips Merapikan dan Membersihkan Kamar Tidur

 

Tips Berlangganan Paket Premium Gramedia Digital Hemat

Psstt.. Molzania tahu cara ini dari temen-temen blogger. Ternyata kita bisa berlangganan paket premium Gramedia Digital dengan harga yang lebih murah per bulannya. Penasaran? Caranya ya dengan cara patungan bareng temen-temen.

Got it? Iya jadi begini satu akun bisa dipakai hingga 5 gadget. Tugas kita kumpulin 5 temen yang punya minat baca yang sama dengan 1 orang yang jadi koordinator. Nah koordinator itu bertugas untuk bikin akun Gramedia Digital dan melakukan pembayaran setiap bulannya. 

Terus ya pembayarannya dengan sistem arisan. Gantian setiap bulan. Biayanya kita setor ke koordinator. Lumayan menghemat bukan? Biaya per bulan Rp. 89.000 untuk 5 orang, jumlahnya kira-kira cuma Rp. 17.800-an per bulan. Tapi kekurangannya masing-masing cuma bisa akses 1 gadget ya. Nggak bisa lebihan hehe..

Awalnya sih Molzania hopeless bisa ngumpulin pasukan banyak. Ternyata seorang blogger yang masih nyari anggota tambahan buat grup bacanya. Molzania dan seorang teman pun tertarik ikutan. Jadilah kita berenam bareng-bareng baca Gramedia Digital. Akhirnya grup kita lengkap deh. Senangnya..

1.227 Views

7 Komentar

Tinggalkan Balasan