review buku anak yuk keren berinternet karya dian onasis
Buku

[BOOK REVIEW] “Yuk, Keren Berinternet!” Karya Dian Onasis

REVIEW BUKU YUK KEREN BERINTERNET OLEH DIAN ONASIS – Percaya nggak sih, moms, kalau anak-anak zaman now termasuk generasi yang akrab dengan internet?

Sejak bayi, orangtuanya yang kebanyakan berasal dari kaum milenials kaya’ Molzania ini udah masukin foto mereka ke sosial media. Bahkan tak jarang ada yang sudah bikinin mereka akun sosmed sendiri.

agar anak bijak bersosmed

Nggak heran sih kalau pada akhirnya banyak yang udah mahir menggunakan aplikasi tertentu melebih emaknya. Dalam artian, si emak kalah canggih dari anaknya. Hayoo mak emak ngacung??!!! 😛

Apalagi sekarang musimnya belajar di rumah alias melalui daring. Mau tak mau membuat intensitas si kecil menjelajah dunia maya pun semakin besar.

Padahal nggak bisa dipungkiri bahwa internet memiliki sisi negatif yang harus orangtua waspadai. Anak zaman now tergolong kritis-kritis.

bagian belakang buku yuk keren berinternet

Orangtua nggak lagi cuma bisa menjelaskan separuh-separuh. Anak-anak mesti diajak untuk memahami sisi positif dan negatif internet sekaligus. Kalau nggak nanti mereka cari tau sendiri, nah ortunya deh yang repot? 😉

 

Review Buku Anak “Yuk, Keren Berinternet” Karya Dian Onasis

Buku ini solusi banget buat orangtua yang mau mengenalkan anak tentang seluk beluk dunia internet. Di dalamnya terdapa kumpulan 9 cerita pendek tentang sisi positif dan negatifnya yang related dengan keseharian anak.

Penulisnya mbak Dian Onasis pandai banget menulis cerita anak yang seru dan mudah dicerna. Istilah-istilah ribet tentang dunia internet disajikan secara sederhana lewat buku ini.

kamus kecil

Buku cerita anak ini lumayan tebal untuk cerita anak. Mungkin lebih cocok untuk anak yang berusia 9 tahun ke atas. Tetapi tidak menutup kemungkinan anak SD yang lebih muda juga membacanya.

Baca Juga:  Hadiah Share Cover Home Sweet Home Penerbit Haru

Untuk yang masih berusia balita, mungkin bisa disesuaikan bahasanya dengan cara dibacakan oleh orangtuanya. Buku ini dilengkapi ilustrasi menarik, sehingga anak-anak akan lebih tertarik.

 ilustrasi buku yuk keren berinternet

Apalagi generasi alpha kids zaman now ini banyak yang mengidolakan dan bercita-cita jadi youtuber, kan? Nah buku “Yuk, Keren Berinternet” ini cocok sekali untuk mereka.

Ceritanya dibahas secara asyik, kekinian dan nggak menggurui. Dibahas berbagai isu sosial yang sedang ngetrend saat ini. Termasuk soal hoax atau berita bohong.

buku anak yuk keren berinternet

Hal yang bikin amazing, lewat buku ini anak-anak juga diajak untuk belajar mengenai kesehatan mental. Perbuatan sepele seperti menulis komen di sosial media, tapi ternyata itu bisa menyakiti seorang teman karena sudah mengarah ke cyberbullying.

Pada bagian akhir dari masing-masing cerita di buku ini terdapat kamus kecil dan tips berinternet sehat bagi anak dan orangtua. 

tips berinternet cerdas

Buku ini paket lengkap untuk menjawab kebutuhan pengetahuan tentang teknologi dan kegunaannya pada anak. Orangtua tak perlu resah lagi karena anak bisa belajar bijak berinternet lewat bacaan. 

 

Cara Keren Berinternet Agar Anak Bijak Bersosmed

Untuk buku ini, Molzania nggak banyak kritikannya sih. Ilustrasi covernya sudah lumayan bagus dan mewakili isi buku. Istilahnya anak-anak bangetlah hehe..  

Buku-buku anak karya Dian Onasis ini sarat akan ilmu pengetahuan dan pengajaran moral untuk anak-anak. Setahun lalu Molzania pernah review buku yang berjudul “Misteri Pola Lingkaran” karya beliau juga.

Sesuai judulnya, buku Misteri Pola Lingkaran termasuk novel anak yang bergenre fiksi sains dengan sedikit bumbu-bumbu misteri. Psstt.. penggalan cerita yang ada di buku tersebut juga dibahas sedikit di buku “Yuk, Keren Berinternet!” ini loh.. ^^

 

Identitas Buku: 

Judul : Yuk, Keren Berinternet! 
Kumpulan Cerita Anak Berinternet Secara Sehat
Penerbit: Tiga Ananda
Penulis: Dian Onasis
Tahun Terbit: Juni 2020 
Jumlah Halaman: 86 hal. 
Harga Buku: Rp. 60.000

Baca Juga:  Book Review : The Cuckoo's Caling

132 Views

4 Komentar

  • fanny_dcatqueen

    Anak skr memang LBH jago ngoperasiin internet :D. Aku ngaku kalah juga dibanding mereka. Buku ini rasanya mau aku beli deh mba, untuk si Kaka yg udh lebih ngerti internet, supaya dia tau batas2 dan etika berinternet yg benar.

    Aku sering baca komen2 yg kdg ga enak dan kasar. Diliat dari foto usernya sepertinya sih anak2. Miris kadang kalo anak segitu udh tau membully temennya secara cyber 🙁

  • andyekopranoto

    Kemaren udah tanya-tanya tentang buku ini mba, tapi khusus anak-anak ya mbak. Rekomend banget dan ilustrasi nya sangat menarik juga.

Tinggalkan Balasan