EMPUK DI DALAM, GARING DI LUAR
Resep

Resep WOOL ROLL BREAD Viral Tanpa Mixer Super Lembut

Kali ini Molzania mau bagikan RESEP WOOL ROLL BREAD roti yang lagi viral saat ini. Molzania bikinnya tanpa mixer, tapi hasilnya bakal super lembut. Garing di luar, empuk di dalam. Nggak perlu capek-capek mengulen, soalnya pake trik khusus membuat roti yang super lembut.

Wool Roll Bread adalah roti viral tahun 2021 yang mana bentuknya mirip kayak gulungan woll. Mungkin karena bentuknya yang unik, makanya lantas kuliner ini mendadak viral. Sebenarnya roti ini sama saja kayak roti sobek sih. Cara membuatnya pun sama persis. Kita bisa mengisinya dengan isian apa saja sesuai selera. Pada resep di bawah, Molzania menggunakan isian coklat, selai nanas, dan keju.

RESEP ROTI WOOL ROLL BREAD VIRAL TANPA MIXER

Untuk membuat rotinya super empuk, Molzania menggunakan teknik water roux yang populer di Jepang. Dikenal pula dengan nama yudane (Bahasa Jepang) dan tangzhong (Bahasa Mandarin), teknik ini berfungsi untuk mengikat masing-masing elemen roti. Air panas dan tepung terigu akan menjaga kelembaban, sehingga apabila masuk ke bahan-bahan campuran roti akan membuat adonan jadi lebih lembut dan empuk.

Penasaran dengan resep Wool Roll Bread viral tanpa mixer yang super lembut? Yuk simakin cara membuatnya di bawah..

Resep Wool Roll Bread Tanpa Mixer dan Super Lembut

Bahan-Bahan :

500 gram Tepung Terigu

190 ml Susu UHT Cair

50 gram Oatmeal

50 gram Margarin

50 gram Gula

27 gram Susu Bubuk

2 butir Kuning Telur

1 sdt Ragi Instan

1 sdt Garam

 

Bahan Water Roux :

200 ml Air

Baca Juga:  Resep Srikaya Tape, Olahan Tape yang Cocok untuk Ide Jualan

50 gram Tepung Terigu

1 sdt Garam

 

Isian Roti :

Coklat Meises secukupnya

Keju secukupnya

Selai Nanas secukupnya

bahan-bahan membuat wool roll bread

Cara Membuatnya :

  1. Pertama-tama kita membuat bahan water rouxnya dulu. Didihkan air, masukkan garam dan tepung terigu. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Biarkan hingga mengental. Setelah mengental, sisihkan.
  2. Selanjutnya kita akan mencampurkan bahan rotinya. Campur tepung terigu, garam, gula, oatmeal, ragi instan, lalu aduk menggunakan tangan hingga tercampur merata.
  3. Setelah itu tuang kuning telur ke dalam adonan tepung. Lalu aduk lagi.
  4. Berikutnya masukkan water roux yang sudah dingin ke dalam adonan roti, aduk lagi hingga merata.
  5. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  6. Setelah setengah kalis, masukkan margarin, aduk hingga merata.
  7. Banting-banting adonan hingga kalis kira-kira sepuluh kali. Nggak perlu sampai capek ya, guys. Cukup banting-banting asal aja. Soalnya adonannya akan cepat kalis kok.
  8. Istirahatkan adonan yang telah kalis, tutup dengan serbet selama sepuluh menit.
  9. Sesudahnya kita siap membentuk adonan. Talenannya kita taburi dengan tepung terigu ya, biar gak lengkett. Lalu, kita bikin bulat-bulat adonannya.
  10. Fermentasi kembali adonan selama dua puluh menit. Tutup rotinya dengan serbet atau plastik.
  11. Setelahnya kita siap untuk mengisi rotinya. Pipihkan satu buah roti yang sudah kita bulat-bulat tadi. Isi dengan isian.
  12. Gulung adonan hingga ke bagian tengah. Sebagian adonan kita iris-iris pakai pisau untuk menciptakan efek tekstur benang wol. Lalu gulung lagi adonan rotinya hingga membentuk lonjong. (lihat video)
  13. Susun roti ke dalam loyang bulat. Polanya suka-suka aja sih. Olesi bagian atas rotinya dengan susu cair.
  14. Berikutnya kita istirahatkan adonan selama satu jam lebih lima belas menit. Tutup loyang dengan menggunakan serbet atau plastik.
  15. Terakhir, kita panggang rotinya di dalam oven dengan suhu 250 derajat celcius api, atas bawah, lamanya sepuluh menit,
  16. Selesai! Sajikan Wool Roll Bread hangat-hangat.
Baca Juga:  Resep Telok Ukan, Kuliner Wong Kito Sambut Kemerdekaan

Finally cara membuat wool roll bread sangat mudah, bukan? Resep di atas bisa untuk sepuluh porsi roti Wool Roll Bread. Resep roti bikinan Molzania dijamin endess dan empuk. Luarnya garing, dan isinya empuk. Rotinya lebih kaya serat soalnya pake oatmeal.

Oh ya Molzania punya tips untuk sobat semua. Jika rotinya tak habis, masukkan ke dalam freezer. Keesokan harinya jika ingin makan lagi, untuk membuat rotinya lembut lagi, tinggal kukus saja. Selamat mencoba ya, sobat! Semoga bermanfaat. ^^

140 Views

2 Komentar

Tinggalkan Balasan