resep model gandum kuah daging
Resep

Resep Model Gandum Palembang Garing dengan Kuah Daging

RESEP MODEL GANDUM PALEMBANG – Siapa sih yang tidak kenal dengan Model Gandum? Kuliner berkuah yang satu ini termasuk jajanan kaki lima alias street food yang menggoda selera. Seringkali disandingkan dengan model ikan dan tekwan, makanan ini senantiasa menempati hati wong kito galo.

Berbeda dengan model ikan dan tekwan, model gandum tidak dibuat menggunakan ikan. Melainkan dari bahan gandum yang bahasa Palembangnya berarti tepung terigu. Dibuatnya dengan cara digoreng. Makanya modelnya bila dimasukkan ke kuah akan lembut dan melunak. Itu ciri khas yang membuat Model Gandum memiliki cita rasa tersendiri.

 RESEP MODEL GANDUM PALEMBANG KUAH DAGING MANTAP

Sepintas jadi memang mirip roti goreng tanpa isi yang dimakan pakai kuah. Terdengar aneh tapi ternyata rasanya cocok-cocok saja bagi lidah wong kito. Apalagi bila dimakan beserta cabai rawit giling, kecap manis, dan perasan jeruk nipis. Pelengkap soun dan jamurnya dijamin bikin perut kenyang dan lidah menari-nari.

Model Gandum Jajanan Street Food Ala Palembang

Sebagaimana yang Molzania bilang di awal, Model Gandum termasuk jajanan kaki lima. Atau dalam Bahasa Inggrisnya dinamakan street food. Biasa dijajakan oleh para pedagang yang mangkal di pinggir jalan. Cukup mudah untuk menemukan pedagang kaki lima yang menjual kuliner ini.

Bahkan di lorong-lorong kecil pun suka ada yang jual juga. Meski ya mesti tricky juga, karena kadang kita juga mesti melihat kebersihan dagangannya. Salah pilih nanti bisa sakit perut. Ohya, model gandum ala kaki lima di Palembang ciri khasnya itu modelnya bolong-bolong. Pas dimakan terasa nyes, nyes gitu di mulut.

Baca Juga:  Resep Kue Gunjing Palembang Lembut dan Praktis

model gandum garing dan crispy

Model gandum seringkali dilafalkan sebagai Model Gendom oleh wong kito galo. Ciri khas lainnya dari kuliner ini ialah kuah modelnya terbuat dari daging sapi. Gurih-gurih sedap. Sering ditambahin tetelan juga agar lebih terasa dagingnya. Untuk sobat yang tidak bisa mengonsumsi daging sapi, bisa diganti dengan ayam atau udang.

Nah untuk sobat sekarang sudah bisa bikin model gandum palembang kuah daging sendiri. Modelnya kulitnya garing, isinya bolong-bolong. Untuk itu, Molzania bagikan resep model gandum Palembang di bawah. Mirip banget kayak yang dijual-jual loh. Bisa untuk ide jualan juga. Psstt.. sebaiknya dimakan setelah selesai digoreng. Biar sensasi model gandumnya bisa dirasakan maksimal.

Resep Model Gandum Kuah Daging Khas Palembang  

Bahan-Bahan:

500 gram Tepung Terigu

330 ml Air

1 sdm Sagu

1/ sdt Garam

1/4 sdt Biang Roti

 

Bahan Kuah:

2 liter Air

200 gram Daging Sapi

6 siung Bawang Merah

4 siung Bawang Putih

1 sdt Lada

1 sdt Garam

1 sdt Kaldu Jamur

1 sdm Minyak Goreng

Pelengkap:

100 gram Kentang

Daun Bawang secukupnya

Seledri / Daun Sop secukupnya

Soun secukupnya

Mentimun secukupnya

Bengkoang Secukupnya

Jamur secukupnya

Cabe rawit halus

Bawang Goreng untuk taburan

Cara Membuatnya:

  1. Membuat Model Gandum : Campur tepung terigu dengan garam, ragi, dan sagu. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung sambil terus diaduk. Jika adonannya sudah lembut dengan konsistensi yang kental (lihat video), fermentasi selama 1,5 jam.
  3. Goreng adonan ke dalam minyak panas satu per satu. Ambil satu sendok, satu sendok. Jika sudah selesai menuangkan satu sendok adonan, jangan lupa bilas sendoknya menggunakan air biar tidak lengket.
  4. Goreng model hingga garing atau berwarna kecoklatan.
  5. Membuat Kuah Model Gandum : Rebus daging ke dalam dua liter air hingga empuk. Sisihkan.
  6. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan ke dalam rebusan kuah daging. Aduk.
  7. Tambahkan isian kentang, kaldu jamur, garam dan lada ke dalam kuah. Aduk dan tunggu hingga mendidih.
  8. Setelah mendidih, masukkan pelengkap lainnya seperti bengkoang, jamur, daun bawang dan daun sop.
  9. Soun yang sudah direndam di air panas biar lembut, kemudian tata di piring saji.
  10. Tambahkan model gandum yang sudah dipotong-potong, lalu tuang kuah dan pelengkap lainnya. Siap disajikan dan nikmati selagi hangat.
  11. Boleh ditambah kecap manis, perasan jeruk nipis dan cabai rawit halus sesuai selera.
Baca Juga:  RESEP Engkak Medok, Kue Tradisional Palembang yang Memiliki Kembaran

Selamat menikmati. Semoga resep model gandum Palembang ini bermanfaat. ^^

 

1.655 Views

17 Komentar

  • Zikri Fadhilah

    Wah, baru tahu ada snack enak kaya gini. Tapi penasaran juga gimana seandainya Model Gandum ini dicemilin sama cuko pempek. Resep Model Gandumnya kayanya gampang. Coba ah!

Tinggalkan Balasan