resep kue apem moho palembang
Resep

RESEP Kue Apem Moho Kuliner Jadul Palembang

RESEP KUE APEM MOHO – Molzania balik lagi nih mau membagikan resep-resep kuliner jadul Palembang. Kali ini Molzania mau berbagi resep kue moho.

Kue ini termasuk kuliner legendaris wong kito. Molzania lagi-lagi mendapatkannya dari nenek yang memang jago membuat kue-kue tradisional khas Palembang.

Nama aslinya kue moho. Tapi wong kito sini menyebutnya juga dengan kue apem. Alasannya mungkin sepintas mirip kaya kue apem ya?

kue apem moho palembang

Baca-baca di artikel Google. Di daerah lain ternyata ada juga loh kuliner serupa. Ternyata kue ini berasal dari masyarakat Tionghoa.

Nggak heran sih. Di Palembang kan masyarakatnya beragam. Kebanyakan di sini berasal dari suku Palembang, Tionghoa dan Arab. 

Jadi nggak cuma budayanya saja, kuliner pun bisa berakulturasi. Indahnya keberagaman, kalau kayak gini kan gak perlu tuh gontok-gontokan. Hehe..

Kue Moho khas Palembang rasanya manis. Terbuat dari gula merah dan air kelapa. Teksturnya kayak kue bolu pada umumnya.. lembutt. Penasaran dengan resepnya? Yuk simakin di bawah.

 

RESEP KUE APEM MOHO KHAS PALEMBANG

 

 

Bahan-bahan :

300 ml Santan Sedang
50 ml Air Kelapa
1/2 sdt Ragi Instan
150 gram Gula Merah
1/2 sdt Baking Powder
1/2 sdt Garam
50 Gram Tepung Terigu
200 Gram Tepung Beras

Cara Membuatnya:

  1. Campurkan ragi instan dengan 2 sendok makan air. Biarkan hingga berbuih. Lalu sisihkan.
  2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu. Tambahkan baking powder dan garam. Aduk hingga merata. Sisihkan.
  3. Gunakan wadah lain. Masukkan gula merah, air kelapa, dan santan. Aduk hingga gulanya larut. Santannya dimasak dulu ya, guys. Supaya kuenya gak cepet basi.
  4. Saring larutan gula merahnya tadi (nomor 3) supaya nggak ada adonan yang menggumpal.
  5. Masukkan adonan tepung (nomor 2) ke dalam larutan gula merah. Aduk hingga tercampur rata. Setelah diaduk, tekstur adonan akan berupa cairan kental. Jika terlalu kental, tambahkan air 25-50 ml.
  6. Tambahkan larutan ragi instan ke dalam adonan kue moho (nomor 5). Aduk lagi hingga merata.
  7. Fermentasi adonan selama dua jam. Tutup wadahnya dengan serbet bersih.  
  8. Setelahnya pindahkan adonan ke loyang bolu yang berbentuk bulat. Kukus adonan selama 20 menit. Tutup kukusannya ditutup dengan serbet supaya kue tidak terkena tetesan air.
  9. Setelah dikukus, segera sajikan kue moho selagi hangat.
Baca Juga:  Kuliner Khas Palembang ini Modifikasi Lain dari Pempek

Selamat Mencoba! ^^ 

 

90 Views

Tinggalkan Balasan