RESEP KETAN KEPIT Kuliner Khas Palembang
Resep

RESEP KETAN KEPIT Kuliner Legendaris Palembang

RESEP KETAN KEPIT KHAS PALEMBANG – Kemunculannya setahun sekali doang. Tepatnya pas perayaan 17 Agustusan. Kalau kalian kepo bulan Agustus lalu Molzania udah nulis resep Telok Ukan. Nah Ketan Kepit ini cocoknya dimakan sama Telok Ukan ini. 

Ketan Kepit mirip sama lemper. Bahan utamanya ketan dan ada campuran santan. Nah yang membedakan itu isiannya. Ketan Kepit biasanya diisi dengan sambal lingkung.

KETAN KEPIT made by Molzania

Lah, pedes dong? Nope. Sobat kecele. Biarpun namanya sambal, tapi tidak pedas sama sekali. Sambal Lingkung itu penamaan abon khas Palembang. 

Karena wong Palembang kulinernya serba ikan, Sambal Lingkung juga biasanya terbuat dari ikan. Khasnya sih ikan gabus. Jadi boleh dibilang ini tuh abon ikan gabus.

Kalau dari segi rasa, ya dominan asin. Tapi yang dijual-jual di luaran biasanya abonnya manis. Karena Molzania lebih suka asin, jadi isiannya dibikin asin. Kalau mau manis, kalian bisa racik sendiri ya bumbu-bumbunya.

Bahan-bahan ketan kepit

Nama lain ketan kepit, ada pula yang menyebutnya ketan jepit atau ketan gapit. Artinya sama aja sih, ketan yang dijepit.  Penasaran dengan resepnya? Molzania tulis di bawah yaa..  

 

Resep Ketan Kepit Khas Palembang Enak dan Mudah

 

 

Bahan-Bahan:
200 gram Ketan Putih
1 batang Sereh
1 lembar Daun Pandan
5 lembar Daun Salam
200 ml Santan Sedang
100 ml Air Hangat
Garam dan Gula secukupnya

Bahan Sambal Lingkung:
150 gram Ikan Gabus Fillet Kukus
2 siung Bawang Putih 
10 Siung Bawang Merah 
1/2 sdt Jinten Bubuk 
1/2 sdt Kunyit Bubuk 
1 sdt Ketumbar 
1/2 sdt Kaldu Jamur 
Garam dan Gula secukupnya 

Peralatan:
Ulekan Batu 
Daun Pisang 
Loyang Kue Kecil 
Bilah Bambu untuk menjepit ketan

Baca Juga:  Mie Sotosan (Mie Kuah Soto dengan Laksan)

Cara Membuatnya:

  • MEMASAK KETAN
    1. Pertama-tama kita aron terlebih dahulu ketan dengan santan. Tambahkan daun salam, daun pandan, dan sereh ke dalam larutan ketan. Lalu masak hingga santannya menyusut. 
    2. Setelah santannya menyusut, masukkan air hangat. Lalu tambahkan garam dan gula. Aduk-aduk sebentar hingga tercampur rata.
    3. Matikan kompor. Tutup pancinya lalu biarkan airnya habis. Setelah airnya menyusut, kita kukus ketannya selama kurang lebih 40 menit. 

  • MEMASAK ISIANNYA
    1. Haluskan ikan gabus menggunakan tangan. Lalu masukkan bawang merah dan bawang putih, ketumbar, jinten, kunyit bubuk, kaldu jamur, garam dan gula secukupnya.
    2. Setelah itu aduk lagi hingga tercampur merata. 
    3. Goreng sambal lingkung hingga kering. Sesekali saat menggoreng, sambal lingkungnya kita aduk biar nggak hangus. 
    4. Sesudah kering, matikan kompor. Tunggu hingga dingin.
    5. Berikutnya saring minyaknya hingga benar-benar kering. 

  • MEMBUAT KETAN KEPIT 
    1. Ketan yang sudah kita kukus tadi, kita pindahkan ke dalam loyang sambil dipadatkan.
    2. Tutup dengan menggunakan plastik. Lalu timpa dengan ulekan batu. Biarkan beberapa saat agar ketannya padat.
    3. Sebelum diolah, daun pisangnya kita panaskan sebentar di atas api kompor. Tujuannya supaya daun pisangnya layu dan mudah dibentuk.
    4. Kita pun siap untuk bungkus – membungkus. Ambil sehelai daun pisang, taruh ketan di bagian tengah. Lubangi ketan, lalu isi dengan sambal lingkung.
    5. Lipat daun menjadi bentuk segitiga (lihat video youtube). Rekatkan dengan lidi. Lakukan terus hingga selesai. 
    6. Setelahnya kita panggang ketan kepitnya selama kira-kira 10 menit atau hingga daunnya gosong.
    7. Terakhir ketannya siap untuk dijepit di bilah bambu. Ujung-ujung bambunya kita rekatkan dengan karet. Lalu jepit ketannya di bagian tengah. Selesai deh ketan kepit siap untuk disajikan. ^^ 
Baca Juga:  Pempek Palembang: Sejarah dan Beragam Jenisnya

~SELAMAT MENIKMATI~

71 Views

2 Komentar

Tinggalkan Balasan