jongkong
Resep

RESEP JONGKONG Praktis dan Lembut. Cocok untuk Jualan!

RESEP JONGKONG PRAKTIS DAN LEMBUT – Di Kota Palembang, ada suatu kue tradisional yang unik banget. Biasanya dijual ditaruh dalam gelas-gelas minuman kemasan kecil. Kuenya terbuat dari tepung beras, yang diberi kuah gula merah. Namanya Kue Jongkong. Harga per porsinya biasa dijual Rp. 3.000 – Rp 9.000 tergantung ukurannya.

Mungkin di daerah lain, ada pula kue tradisional yang namanya sama. Tapi jongkong khas Palembang ini mirip dengan resep jongkong khas Bangka. Mungkin karena daerahnya berdekatan. Lagipula dulunya bangka belitung satu provinsi dengan kota Palembang. Jadinya kulinernya banyak memiliki kesamaan. Jongkong ini termasuk jajanan pasar khas Palembang.

RESEP JONGKONG Palembang Praktis dan Lembut

Jongkongnya sendiri memiliki cita rasa yang legit. Teksturnya lembut, dimasak dengan cara dikukus. Kuahnya sendiri karena terbuat dari gula merah, maka rasanya manis. Perpaduan antara legit dan manis, tidak membuat eneg. Resep Molzania di bawah ini didapat dari nenek. Molzania menggunakan tambahan beras asli, agar ada tekstur grindil-grindil di mulut. Bakalan beda dari yang lain. Sensasi tradisionalnya tentu akan lebih terasa.

Ohya, jongkong ini dapat dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin. Menurut Molzania sih, penyajian dingin lebih nikmat. Jadi kayak makan es krim. Masukkan dulu ke dalam kulkas beberapa jam sebelum disajikan. Cobain deh, pasti mau nambah saking lemaknyo..

Mau tahu resep jongkong khas Palembang yang praktis dan lembut?
Silahkan tonton resepnya di bawah ya.. 

RESEP JONGKONG Kuah Gula Merah yang Praktis dan Lembut

Bahan-Bahan :

75 gram Beras yang sudah direndam 10 jam

Baca Juga:  Resep Sate Ikan Kukus Palembang Enak dan Praktis

25 gram Tepung Beras

400 ml Air Daun Suji dari 10 lembar Daun Suji dan 2 lembar Daun Pandan

1 sdm Susu Bubuk

Garam Secukupnya

Bahan Kuah :

200 ml Air

50 gram Gula Merah

50 gram Gula Pasir (optional)

65 ml Santan Kental

1 sdt Air Kapur Sirih

 

Bahan-Bahan Membuat Jongkong

 

Cara Membuatnya:

  1. Blender dulu berasnya dengan menggunakan 200 ml air daun suji.
  2. Setelah itu, panaskan larutan berasnya. Masukkan tepung beras. Masak hingga sedikit mengental.
  3. Sesudah agak mengental, tambahkan air kapur sirih dan susu bubuk. Aduk-aduk terus hingga teksturnya mengental seperti bubur.
  4. Pindahkan adonan ke dalam wadah. Kukus selama 30 menit dengan api sedang.
  5. Setelah matang, angkat jongkongnya dan potong-potong sesuai selera.
  6. Kuah : Panaskan air, masukkan gula merah. Bila kurang manis, bisa tambahkan gula putih. Masukkan garam. Biarkan hingga mendidih.
  7. Setelah mendidih, masukkan santan. Aduk hingga merata.
  8. Sajikan jongkong bersama dengan kuahnya.

Di videonya, terdapat kesalahan penulisan jumlah santan. Yang benar itu 65 ml atau 1 sachet kecil santan instan. Maaf ya.. Anyway, semoga bermanfaat Resep Jongkong Lembut khas Palembang ala Molzania di atas. Cocok banget untuk ide jualan dari rumah. Selamat menikmati. ^^

729 Views

25 Komentar

Tinggalkan Balasan