resep engkak ketan
Resep

RESEP ENGKAK KETAN MINI Palembang Praktis

RESEP ENGKAK KETAN MINI PALEMBANG PRAKTIS – Molzania buat dalam dua versi; rasa durian dan original. Cocok untuk ide bisnis atau jualan kecil-kecilan dari rumah. Rasa duriannya kerasa banget. Manis dan legit. Kalian mesti coba resepnya sendiri di rumah.

Pada dasarnya, engkak itu menurut kbbi merupakan camilan yang terbuat dari tepung ketan, telur dan santan, yang proses pembuatannya dibakar atau dioven dalam loyang. Di Kota Palembang sendiri, banyak sekali kue yang bernama depan engkak. Sebut saja engkak medok, engkak kecut / engkak kicut, dan terakhir engkak ketan. Ibarat kembar tiga gak sih? Hehe.. Unik bukan kue khas Palembang punya kembaran.

RESEP ENGKAK KETAN MINI PALEMBANG PRAKTIS

Tetapi bahan dasarnya nggak melulu sama kayak yang disebut di atas. Kalau selama ini, kita mengenal engkak ketan yang memiliki bentuk yang berlapis dan berwarna coklat. Di Palembang sendiri, engkak yang berlapis kayak gini sering disebut engkak ketan lapis. Namun kali ini Molzania buat engkak ketan yang dalam versi mini. Bentuknya hampir mirip serabi. Warnanya putih, karena terbuat dari gula putih. Tapi dimakannya nggak pake kuah.

Engkak Ketan Palembang Rasa Durian dan Original

Ada dua versi engkak ketan yang biasa dijual dan khas Palembang. Pertama yang original. Kedua yang dibikin dengan bahan tambahan durian. Sebagaimana yang kita tahu, Palembang terkenal pula dengan durian lokalnya yang manis. Di sini, bahkan ada pusat durian yang legendaris. Lokasinya kebetulan dekat dengan rumah, yaitu di Pasar Kuto.

Baca Juga:  [RESEP] KUE MENTOK : Kue Jadul Palembang yang Nggak Kalah Enak

bahan membuat engkak ketan mini palembang

 

 

Bagusnya sih pakai durian lokal asli Palembang. Tapi nggak masalah, kalau tidak ada pakai durian manis jenis yang lain. Bisa dari durian medan. Asalkan tetap ada rasa durennya. By the way, duren itu artinya durian ya dalam Bahasa Palembang. Untuk membuatnya, kalian bisa beli daging duriannya saja biar praktis. Nggak perlu sama buahnya, biar gak susah-susah untuk mengupas dan memisahkannya dengan bijinya. Hehehe…

Kalau sobat nggak suka duren, bisa membuatnya tanpa durian.
Rasanya sih tetap enak, tapi tetap berasa ada yang kurang gitu. Soalnya Hmmm.. 

Engkak Ketan Palembang terbuat dari tepung ketan, telur dan santan. Ada tambahan kelapa yang digoreng tanpa minyak alias disangrai. Jadi tekstur kuenya ada grindil-grindil kelapanya. Molzania sendiri buatnya dalam cetakan loyang langsung di atas kompor. Tapi kalian juga bisa pakai oven tangkring dan teflon. Gimana cara buatnya? Simak videonya hingga habis ya biar penasaran.

Resep Engkak Ketan Mini Palembang Praktis

Bahan – Bahan :

1 liter Santan Sedang

500 gram Tepung Ketan

350 gram Gula Pasir

250 gram Kelapa Parut, sudah disangrai kering

150 gram Daging Durian

75 gram Margarin

50 gram Tepung Beras

2 butir Telur Ayam

1 sdt Garam

Baking Powder secukupnya

Vanila Bubuk secukupnya

 

Pelengkap :

Daun Pandan, potong kecil-kecil untuk hiasan.

Cara Membuatnya :

  1. Pertama-tama, campurkan telur dan gula pasir. Aduk hingga gula larut dan tak ada yang menggumpal.
  2. Setelahnya tuang santan sedikit demi sedikit, aduk hingga merata.
  3. Masukkan tepung ketan sedikit demi sedikit, aduk terus hingga merata.
  4. Tambahkan vanila bubuk, baking powder, garam, dan tepung beras ke dalam adonan. Aduk lagi hingga merata.
  5. Masukkan kelapa parut, aduk lagi. Tuangkan margarin yang sudah dilelehkan, aduk lagi hingga tercampur rata dan tidak ada tepung yang menggumpal.
  6. Bagi adonan menjadi dua; satu versi original dan satu lagi versi durian.
  7. Tambahkan durian ke dalam adonan yang versi durian, lalu aduk hingga merata.
  8. Panaskan loyang. Tuang satu per satu adonan. Masak engkak ketan menggunakan api kecil hingga matang. Kira-kira 15 menit.
  9. Setelah kuenya matang, angkat dan siap untuk disajikan. Hias di atasnya pakai daun pandan.
  10. Untuk memasak engkak ketan, kita juga bisa menggunakan oven tangkring dan teflon. Cara dan tipsnya gimana? Tonton videonya hingga habis.
Baca Juga:  Resep Telok Ukan, Kuliner Wong Kito Sambut Kemerdekaan

Selamat menikmati RESEP ENGKAK KETAN MINI Palembang. Mudah-mudahan bermanfaat ya. Sampai jumpa di resep berikutnya. ^^

747 Views

15 Komentar

Tinggalkan Balasan