celimpungan
Resep

Resep Celimpungan Khas Palembang Kuah Santan Praktis

Ingin tahu bagaimana membuat RESEP CELIMPUNGAN KHAS PALEMBANG lengkap dengan kuah santan? Rasanya maknyus sekali, membikin siapa saja jadi ketagihan? 

Celimpungan adalah kuliner khas Palembang yang terbuat dari pempek bulat dimakan dengan kuah santan. Kuah santannya berwarna kuning, karena diberi kunyit dan kaya akan rempah. Rasanya khas, gurih-gurih sedap. Wong Palembang biasa menyajikan celimpungan sebagai hidangan utama ataupun selingan di sore hari.

Kuliner yang satu ini mirip seperti laksan, tetapi kuahnya tidak pedas. Kalau mau pedas, bisa ditambah sambal goreng merah. Kalau laksan, biasanya pempek yang disajikan berbentuk ceper. Nah kalau celimpungan pempeknya berbentuk bulat-bulat kecil.

resep celimpungan khas palembang kuah santan praktis

Bagi sobat yang merasa bosan dengan pempek yang dimakan dengan cuko, nah celimpungan bisa jadi kuliner alternatif modifikasi pempek. Sumatera Selatan terkenal sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Sekaligus pengekspor santan kelapa terbesar ketiga di Indonesia. Maka tak heran, banyak kuliner Palembang yang menggunakan santan sebagai bahannya.

Untuk sobat yang kurang suka makanan yang gurih atau tidak boleh mengonsumsi santan, mungkin celimpungan bisa diskip saja. Ganti dengan tekwan atau model yang kuahnya bening dan tanpa santan. Sama-sama terbuat dari pempek juga. Tekwan pempeknya juga berbentuk bulat. Sedangkan model biasanya diisi tahu putih. Sama enak kok rasanya.

Di Palembang, biasanya celimpungan dijual di warung-warung pempek dan sarapan pagi wong kito galo. Per porsinya berisi lima buah pempek bulat. Biasa dijual paling murah dengan harga Rp. 10.000 per porsi. Rata-rata kuliner Palembang dijual dengan harga segini kok. Bisa jadi lebih murah, ataupun lebih mahal. Tergantung lokasi dan tempat penjualnya.

Santan kuah Celimpungan biasanya terbuat dari kelapa asli. Tapi untuk yang ingin praktis, Molzania beri resep celimpungan yang menggunakan santan instan di bawah. Bisa juga diganti dengan susu cair UHT. Jadi sobat di luar negeri pun juga membuatnya. Pempeknya Molzania gunakan ikan tenggiri. Namun sobat juga bisa gunakan ikan gabus atau ikan lainnya.

Baca Juga:  RESEP TTEOKBOKKI KOREA HALAL Pake Pempek. Emang Enak?

Penasaran dengan cara membuat celimpungan khas Palembang? Berikut ini Molzania sajikan resepnya di bawah.. Rasanya dijamin maknyus. Lemakk nian pokoknyo.. slurrp

Resep Celimpungan Khas Palembang Kuah Santan Praktis

Bahan – Bahan :

250 gram Sagu

500 gram Ikan Tenggiri Giling

150 ml Air

1 sdt Garam

Bawang Goreng untuk taburannya

Bahan Bumbu Kuah Celimpungan :

3 siung Bawang Merah

4 siung Bawang Putih

Garam secukupnya

Kencur Bubuk secukupnya

Jahe Bubuk secukupnya

Kaldu Jamur Secukupnya

Kunyit Bubuk Secukupnya

Larutan Santan :

65 ml Santan Instan

100 ml Air

bahan untuk membuat celimpungan

Cara Membuat Celimpungan :

  1. Pertama kita buat pempeknya dulu. Ikan tenggiri giling kita campurkan dengan garam dan air. Aduk menggunakan tangan hingga adonan berbentuk pasta. Masukkan sagu sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk. Hingga adonan tercampur merata.
  2. Didihkan air, rebus pempek satu per satu ke dalam air mendidih. Ambil sedikit adonan menggunakan tangan, cemplungkan ke dalam air mendidih. Rebus pempeknya hingga mengapung. Setelah itu angkat dan tiriskan. Sisihkan pempeknya.
  3. Berikutnya kita akan membuat kuah celimpungan. Didihkan air kira-kira 500 ml. Setelah mendidih, masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah digoreng sebentar sebelumnya / disangrai.
  4. Sesudahnya tambahkan bumbu-bumbunya; garam, kencur bubuk, jahe bubuk, kunyit bubuk, dan kaldu jamur. Aduk hingga merata. Biarkan hingga mendidih.
  5. Sajikan pempek celimpungan dengan kuahnya.

Nah, itu dia resep celimpungan khas Palembang dengan kuah santan. Molzania sengaja nggak kasih takaran bumbu-bumbu bubuknya. Soalnya masing-masing orang punya selera yang berbeda-beda. Jadi, sobat bisa racik sendiri aja. Selamat menikmati. ^^

1.012 Views

16 Komentar

  • Ugik Madyo

    Aku belum pernah makan celimpungan. Tenyata empek-empek pakai kuah santan kuning. Bisa jadi alternatif untuk menikmati empek-empek dengan variasai lain nih. Cara masaknya juga gampang ternyata. Jadi pengen bikin sendiri nih .

  • Hida

    Udah lama nih gak makan celimpungan..agak jarang juga sih ya yg jual kebanyakan pempek. Thanks resepnya, ka..next time bikin sendiri ahh

Tinggalkan Balasan