liliyana natsir
Disabilitas

Jangan Rebahan Melulu, Disabilitas Fisik juga Wajib Gerak!

Menjaga kesehatan dengan bergerak secara aktif, ternyata wajib dilakukan oleh semua orang. Termasuk bagi mereka yang memiliki hambatan disabilitas fisik. Biarpun sehari-hari menggunakan alat bantu, atau bahkan mereka yang hanya duduk di kursi. Namun semuanya bukanlah hal yang menghalangi kita untuk terus berolahraga demi menjaga kesehatan. Apalagi kondisi pandemi kian memburuk di Indonesia. Disabilitas pun tidak mau sakit-sakitan bukan.

Hal inilah yang ingin coba Molzania cari tahu, pada acara webinar “Jadi Atlet di Rumah” bareng Anlene Indonesia. Acaranya diadakan pada hari Minggu pagi tepat pukul 7.30. Hari libur enaknya rebahan ye kan? Tapi Molzania bela-belain untuk ikutan webinar yang penuh manfaat. Banyak insight bagus nan positif yang Molzania dapatkan. Beruntung narasumber dan hostnya juga kece abis. Jadi bawaan ngantuk seketika langsung hilang.

Webinar Anlene Indonesia kali ini menghadirkan bintang tamu yang jadi idola Molzania. Siapa sih yang tak kenal Liliyana Natsir? Mantan Atlet Indonesia berprestasi yang meraih medali emas pada pada tahun 2016 lalu. Molzania termasuk yang suka banget nonton bulutangkis. Apalagi pas Indonesia versus Korea Selatan dan Jepang. Seru banget. Haha.. semuanya negara kesayangan Molzania. #Cmiiw

webinar anlene indonesia

Berkesempatan bertatap muka langsung sama Ci Butet, sapaan akrab mbak Liliyana. Molzania tentu excited banget, dong. Teringat nostalgia pas zaman sekolah dulu, nonton pertandingan bulu tangkisnya Ci Butet. Sambil teriak-teriak menyemangati dari rumah. Apalagi kalo lawannya oppa Lee Young Dae tuh, berasa pengen bantuin langsung biar Koreanya kalah. IN-DO-NES-IA!!

Tips Hidup Sehat ala Liliyana Natsir

Ternyata meskipun udah pensiun, Ci Butet tetap rajin berolahraga loh. Beliau berujar kalau gak olahraga. badannya suka pegel-pegel. Meski Ci Butet mengaku, olahraganya nggak seberat dulu. Mungkin karena kebiasaan dari muda sudah berolahraga, jadinya badannya sudah menyesuaikan. Beda sama yang jarang olahraga atau bahkan gak pernah sama sekali. Badannya ya merasa biasa aja.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 🌺MOLZANIA🌺 (@molzania)

Penting banget bagi setiap orang untuk berolahraga, nasihat Ci Butet. Bila kita jarang olahraga, tuanya nanti badannya sakit-sakitan. Apalagi untuk mantan atlet. Ditambah kondisi pandemi, olahraga bagus untuk meningkatkan imunitas. Sekaligus menjaga kesehatan tubuh dan jantung. Ini nih satu hal yang bikin Molzania salut. Padahal udah gantung raket, tapi tetap rajin olahraga.

Baca Juga:  Bicara Passion dari Perspektif Blogger Disabled

Dalam kesempatan webinar itu, Ci Butet juga menyarankan kita untuk senantiasa makan makanan yang bergizi. Nggak ada ruginya deh mengonsumsi makanan sehat. Plus jangan lupakan juga minum susu yang tinggi kalsium. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kepadatan tulang kita. Untuk mereka yang masih berusia muda, ataupun udah berumur 50 tahun ke atas. Minum susu, aktif bergerak, dan mengonsumsi makanan bergizi wajib banget untuk dilakukan.

Pandemi pun bukan halangan untuk kita tidak bergerak. Makanya Ci Butet mendukung campaign #JadiAtletdiRumah yang diadakan Anlene Indonesia. Kampanye tersebut selain untuk mendukung atlet Indonesia, bertujuan juga untuk mengajak masyarakat Indonesia hidup sehat. Kita bisa melakukan gerakan senam sederhana yang dapat dilakukan di rumah saja. Contohnya berlari, berjalan dan melompat.

Keterbatasan Alat Gerak Bukan Berarti Tak Bisa Aktif Bergerak

Sedih dong Molzania mau olahraga sederhana gak bisa. Jalan aja lamban banget. Mesti pakai walker pula. Kalau jaraknya jauh harus pakai kursi roda biar lebih cepat. Padahal kesehatan itu prioritas utama setiap orang. Disabilitas fisik pengguna alat bantu pun juga mau sehat. Lantas gimana nih biar bisa olahraga dan aktif bergerak?

Ternyata untuk bisa berolahraga, pengguna kursi roda bisa melakukan olahraga di kursi. Namanya Chair Cardio Workout. Pengetahuan ini Molzania dapat dari Reshya Agustine, selaku Marketing Manager dari Anlene Indonesia. Biarpun dilakukan di kursi, tapi chair cardio menitikberatkan pergerakan pada tubuh bagian atas untuk bergerak. Gerakannya lebih banyak ke lengan atas dan punggung. Jadi pengguna kursi roda bisa juga olahraga.

gentle yoga sama mbak amanda tasning

Pada acara tersebut, uniknya diadakan pula kegiatan senam yoga online bersama. Pesertanya kan kebanyakan wanita dan manula tuh. Jadi gerakannya juga mengalami penyesuaian. Tidak berat, tapi efektif untuk membakar lemak. Instrukturnya seorang ahli senam bersertifikat bernama Mbak Amanda Tasning. Psstt.. Molzania sih nggak ikutan. Paling ya ikutan gerakan stretching awal dan akhir aja. Hihihi..

Baca Juga:  Cara Membuat Surat Keterangan Disabilitas di Puskesmas

Launching Produk Susu Anlene Terbaru: Anlene Actifit 3x dan Anlene Gold 5x

Makan makanan bergizi alias 4 sehat ternyata tidak cukup. Kita perlu juga 5 sempurna alias minum susu. Untuk itulah, Anlene meluncurkan produk susu terbarunya. Ada dua produk yang diluncurkan; Anlene Actifit 3X untuk dewasa aktif, dan Anlene Gold 5X untuk manula yang berusia 50 tahun ke atas. Keistimewaannya dibanding produk yang lain, susu Anlene diformulasikan secara khusus untuk menjaga kesehatan tulang dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

susu anlene activit 3x dan susu anlene gold 5x

Anlene Actifit 3X (bacanya three-ex) mengandung tiga nutrisi utama; kalsium, kolagen dan vitamin C. Dilengkapi protein dan vitamin B6. Bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, kelenturan sendi dan otot. Susu Anlene Actifit 3X diperuntukkan bagi dewasa aktif, baik wanita maupun pria, yang masih berusia antara 20-50 tahun. Kalo ini pas banget untuk Molzania.

Sementara itu, Anlene Gold 5X (bacanya five-ex) diperuntukkan untuk manula yang berusia 50 tahun ke atas. Susu ini rendah kolesterol dan gula. Kaya akan sumber kalium dan vitamin B9 yang manfaatnya untuk kakek dan nenek. Soalnya mereka yang berusia lanjut harus pandai menjaga kolesterol dan gula, nih. Makanya susu Anlene Gold 5X ini cocok dikonsumsi oleh mereka yang berusia sama kayak ayah dan mimi Molzania nih. Hihi..

mbak liliyana natsir berbagi tips kesehatan

FACTS: Ci Butet alias Mbak Liliyana Natsir juga minum susu Anlene Actifit 3X loh.
Beliau paling suka varian susu yang rasa vanila. Tapi Ci Butet juga suka susu yang coklat. 
Seringnya malah gonta-ganti sesuai mood. Xixii… 

Untuk sobat yang mau mengecek kepadatan tulangnya, Anlene menyediakan situs Pemeriksaan Kesehatan Gerakan Anlene, kita bisa cari tahu seberapa kuatnya nih tulang, otot dan sendi kita. Sayangnya sih gerakan di sana tidak ramah disabilitas kaya Molzania. Jadi, tidak bisa ikutan deh. Untuk kalian yang non disabilitas, buruan cek gih. Iseng-iseng aja, cari tahu seberapa kuatnya tulang kalian dalam melakukan gerakan-gerakan sederhana yang dicontohkan.

Baca Juga:  Travelling dan Disabilitas

Ohya, Anlene saat ini juga sedang menyelenggaran kompetisi #JadiAtletdiRumah. Kita tinggal melakukan gerakan lari, jalan dan melompat di rumah aja seperti yang dicontohkan mbak Liliyana Natsir. Lalu videonya diupload ke Instagram. Periode kompetisi mulai dari 23 Juli – 8 Agustus 2021. Cek info selengkapnya di Instagram @Anlene_Indonesia. 

1.634 Views

146 Komentar

Tinggalkan Balasan