Karya

Kumpulan karya-karya fiksi original dari Molzania

  • Kue Lumpang Gula Merah
    Resep

    Cara Praktis Membuat Kue Lumpang Tanpa Mixer

    Kue lumpang jajanan pasar yang berasal dari Kota Palembang. Bentuknya kecil. Ada bolong di tengahnya yang diisi dengan kelapa parut. Sekilas mirip lumpang, wadah penumbuk padi.  Bahan utama membuat kue ini ialah tepung beras dan gula merah. Kue lumpang dimasak dengan cara dikukus. Bertekstur kenyal seperti agar-agar. Rasanya manis legit khas gula merah.   Biasanya orang Palembang akan menyajikan kue ini sebagai camilan. Kalau ada hajatan keluarga, maka kue ini akan disuguhkan pula. Gula merah khas Sumatera Selatan memiliki rasa yang berbeda dari gula merah daerah lainnya. Jadi barangkali kalian akan merasakan rasa yang lebih nikmat bila menyantapnya di kota Palembang. Penasaran dengan resepnya? Berikut Molzania bikinkan tutorial video pembuatan kue…

  • RESEP KETAN KEPIT Kuliner Khas Palembang
    Resep

    RESEP KETAN KEPIT Kuliner Legendaris Palembang

    RESEP KETAN KEPIT KHAS PALEMBANG – Kemunculannya setahun sekali doang. Tepatnya pas perayaan 17 Agustusan. Kalau kalian kepo bulan Agustus lalu Molzania udah nulis resep Telok Ukan. Nah Ketan Kepit ini cocoknya dimakan sama Telok Ukan ini.  Ketan Kepit mirip sama lemper. Bahan utamanya ketan dan ada campuran santan. Nah yang membedakan itu isiannya. Ketan Kepit biasanya diisi dengan sambal lingkung. Lah, pedes dong? Nope. Sobat kecele. Biarpun namanya sambal, tapi tidak pedas sama sekali. Sambal Lingkung itu penamaan abon khas Palembang.  Karena wong Palembang kulinernya serba ikan, Sambal Lingkung juga biasanya terbuat dari ikan. Khasnya sih ikan gabus. Jadi boleh dibilang ini tuh abon ikan gabus. Kalau dari segi…

  • RESEP GANGAN IKAN GABUS KHAS PALEMBANG
    Resep

    [RESEP] Gangan Ikan Gabus Mudah dan Enak Khas Palembang

    RESEP GANGAN IKAN GABUS KHAS PALEMBANG – Tahu nggak sih kalau Palembang punya kuliner legendaris yang sehat dan bergizi? Nah, Molzania mau mengenalkan kalian pada kuliner gangan ikan gabus. Ikan gabus bahasa Palembangnya ialah iwak delek. Terkenal banget di sini soalnya suka dibuat jadi pempek. Ikan gabus kaya akan protein dan rendah lemak. Jadi sangat baik dikonsumsi sesering mungkin. Kuliner ini mirip dengan yang ada di Bangka Belitung. Namanya juga berdekatan kan Palembang dan Bangka Belitung? Malah dulu pernah satu provinsi Sumatera Selatan. Makanya gak heran kalau kulinernya juga mirip-mirip. Kuliner gangan bisa menggunakan ikan apa saja. Nggak mesti ikan gabus sih. Kalian bisa ganti dengan ikan patin, ikan mujair,…

  • resep kue apem moho palembang
    Resep

    RESEP Kue Apem Moho Kuliner Jadul Palembang

    RESEP KUE APEM MOHO – Molzania balik lagi nih mau membagikan resep-resep kuliner jadul Palembang. Kali ini Molzania mau berbagi resep kue moho. Kue ini termasuk kuliner legendaris wong kito. Molzania lagi-lagi mendapatkannya dari nenek yang memang jago membuat kue-kue tradisional khas Palembang. Nama aslinya kue moho. Tapi wong kito sini menyebutnya juga dengan kue apem. Alasannya mungkin sepintas mirip kaya kue apem ya? Baca-baca di artikel Google. Di daerah lain ternyata ada juga loh kuliner serupa. Ternyata kue ini berasal dari masyarakat Tionghoa. Nggak heran sih. Di Palembang kan masyarakatnya beragam. Kebanyakan di sini berasal dari suku Palembang, Tionghoa dan Arab.  Jadi nggak cuma budayanya saja, kuliner pun bisa…

  • Resep

    Resep Telok Ukan, Kuliner Wong Kito Sambut Kemerdekaan

    RESEP TELOK UKAN – Palembang punya kuliner unik menjelang kemerdekaan. Bentuknya telur bebek isinya berwarna hijau. Namanya telok ukan. Entah kenapa kuliner ini namanya jadi telok ukan. Yang jelas, telok sendiri merupakan bahasa Palembang dari telur. Sementara itu kalau ukan, ada yang mengatakan kalau itu berasal dari kata bukan. Jadi telur bukan atau bukan telur. Ya, memang telurnya unik sih ya? Sayangnya kuliner ini sudah mulai langka guys. Tak banyak lagi penjualnya. Bahkan banyak wong kito sendiri yang nggak kenal kuliner yang satu ini. Telok ukan memang biasanya tersedia saat menjelang hari kemerdekaan. Itulah mengapa kuliner ini identik dengan perayaan 17 Agustus. Saat Molzania SMP pernah punya pengalaman sedih. Sewaktu…