• diet turun berat badan
    Lomba

    Cara Menurunkan Berat Badan ala Disabilitas. Hingga 10 Kilo++!!

    CARA DISABILITAS FISIK MENURUNKAN BERAT BADAN 10 KILO LEBIH – Beberapa tahun terakhir, berat badan Molzania membengkak. Rata-rata naik 1-2 kilo tiap tahun. Baju rasanya udah pada gak muat lagi. Merasa gak pede sama diri sendiri. Minder kalau melihat bentuk badan sendiri di Youtube. Boom! Pandemi Corona bikin semua berdiam diri di rumah. Teringat sebuah jokes atau candaan di kala pandemi. Bahwa berdiam diri di rumah bisa membuat badan jadi melebar. Saat lebaran tiba, badan pun ikut lebaran. Tapi ternyata itu tak berlaku bagi Molzania. Justru pandemi bikin Molzania menjajal hobi dan komitmen baru. Sebuah langkah menuju hidup yang lebih baik dan sehat. Kok bisa? Komitmen Turun Berat Badan Tanpa…

  • Disabilitas

    Pengalaman Disabilitas Vaksin Tahap 2 di RS Bhayangkara Palembang

    PENGALAMAN DISABILITAS VAKSIN TAHAP II DI RS BHAYANGKARA PALEMBANG – Alhamdulillah awal September lalu, Molzania sudah berhasil menuntaskan tahapan vaksin. Setelah bulan lalu membagikan postingan pengalaman vaksin tahap pertama. Kini Molzania ingin membagikan pengalaman vaksin tahap dua sebagai seorang disabilitas. Masih di RS yang sama, yaitu RS Bhayangkara Palembang. Kenapa sih Molzania lebih memilih vaksin Covid-19 di RS? Ada dua alasannya karena mendapat kesempatan vaksin di sana. Kedua, karena merasa vaksin di RS lebih tertib dan aman. Molzania agak sedikit trauma dengan vaksin di ruang publik. Soalnya baru-baru ini di Kota Palembang, antrian vaksin berjubel. Bahkan ada yang sampai membludak dan menciptakan kerumunan massa. Di salah satu sekolah, kegiatan vaksin…

  • disabilitas kusta
    Disabilitas

    Tips Menjadi Perusahaan Inklusi yang Ramah Disabilitas

    TIPS MENJADI PERUSAHAAN INKLUSIF YANG RAMAH DISABILITAS – Stigma negatif yang melekat pada disabilitas dan orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) membuat banyak perusahaan enggan menerimanya sebagai pekerja. Ditambah banyak hambatan lainnya membuat mereka sulit dalam memenuhi kebutuhan dasar. Padahal potensi yang dimiliki oleh para disabilitas dan OYPMK lumayan besar. Berdasarkan data, jumlah penduduk Indonesia yang tergolong orang berkebutuhan khusus mencapai 21,84 juta atau sekitar 8,6 persen. Menurut data Riskesdas 2018, kelompok penyandang disabilitas berusia muda (18-24 tahun) merupakan kelompok terbanyak ketiga setelah lansia dan dewasa akhir. Artinya mereka ini memiliki usia produktif untuk bekerja. Tetapi kesempatan yang ada sangat terbatas. Kelompok disabilitas dianggap selalu kurang mampu. Kelebihan dan karya…

  • Vaksinasi
    Disabilitas

    Pengalaman Disabilitas Vaksin Tahap I di RS Bhayangkara Palembang

    PENGALAMAN DISABILITAS VAKSIN TAHAP I DI RS BHAYANGKARA PALEMBANG – Kata siapa disabilitas tak butuh vaksin? Setiap orang Indonesia wajib vaksin Covid-19 demi menjaga diri dan keluarga. Termasuk untuk kaum disabilitas. Terlebih disabilitas fisik yang boleh jadi kerjanya di rumah saja kayak Molzania. Maka dari itu, Molzania bersemangat untuk ikutan program vaksinasi Covid-19. Alhamdulillah terlaksana. Sempat sih dilanda kekhawatiran ini dan itu tentang vaksin. Malah dulunya orangtua sempat melarang Molzania untuk vaksin. Alasannya banyak sekali berita-berita tentang vaksin yang menyeramkan. Yang paling seram dibilang katanya vaksin covid itu berisi chip dari Cina. Orangtua ternyata termakan berita hoax seputar vaksinasi Covid ini. Jujur loh, susah banget menyadarkan orangtua yang udah termakan…

  • Kesehatan

    Olahraga Menggunakan Kursi untuk Disabilitas Fisik dan Lansia

    Halo sobat yang kaum rebahan atau mager, tapi pengen langsing? Sobat bisa nih mencoba olahraga menggunakan kursi. Efektif loh untuk turunkan berat badan. Sebagaimana namanya, ini tuh sebenarnya dirancang untuk mereka yang mengalami keterbatasan fisik, seperti lansia atau disabilitas. Jadi gerakannya disesuaikan dengan menitikberatkan pada lengan, bahu dan punggung. Olahraga ini dapat dilakukan di atas kursi. Sesimpel itu. Molzania sendiri merasa bersyukur sekali dengan pengetahuan ini. Makanya Molzania mau membagikan pengalaman turunkan berat badan dengan Chair Cardio Workout. Berolahraga dengan cara ini membuat Molzania perlahan tapi pasti mampu mencapai berat badan ideal. Dari yang awalnya tergolong obesitas level satu. Rencananya sih sharing yang berkaitan dengan ini bakal ditulis hingga beberapa…

  • liliyana natsir
    Disabilitas

    Jangan Rebahan Melulu, Disabilitas Fisik juga Wajib Gerak!

    Menjaga kesehatan dengan bergerak secara aktif, ternyata wajib dilakukan oleh semua orang. Termasuk bagi mereka yang memiliki hambatan disabilitas fisik. Biarpun sehari-hari menggunakan alat bantu, atau bahkan mereka yang hanya duduk di kursi. Namun semuanya bukanlah hal yang menghalangi kita untuk terus berolahraga demi menjaga kesehatan. Apalagi kondisi pandemi kian memburuk di Indonesia. Disabilitas pun tidak mau sakit-sakitan bukan. Hal inilah yang ingin coba Molzania cari tahu, pada acara webinar “Jadi Atlet di Rumah” bareng Anlene Indonesia. Acaranya diadakan pada hari Minggu pagi tepat pukul 7.30. Hari libur enaknya rebahan ye kan? Tapi Molzania bela-belain untuk ikutan webinar yang penuh manfaat. Banyak insight bagus nan positif yang Molzania dapatkan. Beruntung…

  • Cara Membuat Surat Keterangan Disabilitas di Puskesmas
    Disabilitas

    Cara Membuat Surat Keterangan Disabilitas di Puskesmas

    Setelah beberapa tahun lalu, Molzania bikin surat keterangan disabilitas dari rumah sakit, Rupanya tahun 2021 ini ada peraturan baru nih. Untuk seleksi CPNS tahun 2021 ini, kita bisa bikin surat keterangan disabilitas di puskesmas. Ini tentunya akan makin mempermudah kaum disabilitas untuk mengikuti seleksi CPNS. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang. Buat kalian yang penasaran gimana caranya buat surat keterangan disabilitas di puskesmas, gak perlu bingung lagi. Molzania sendiri pas pergi ke puskesmas, ternyata buatnya itu mudah. Apalagi sekarang juga gak butuh biaya apapun alias free. Waktunya juga sebentar, nggak begitu lama. Asal kita datangnya pas puskesmas lagi sepi. Kalo rame ya, mesti ikutan antri dulu. Di bawah ini Molzania…

  • pinjol
    Teknologi

    Penipuan Pinjol Ilegal, Diteror Hingga Sosial Media

    Hati-hati saat mendownload aplikasi pinjaman online di hpmu, salah sedikit data-data kita bisa disalahgunakan. Tidak sedikit pelaku, bahkan sampai meneror lewat telepon. Kini modus penipuan pinjol ilegal terbaru bahkan meneror hingga ke sosial media. Pengalaman diteror oleh pinjol ilegal menimpa Molzania sendiri. Entah bagaimana, sebuah dm dari seseorang pemilik akun anonim masuk ke Instagram Molzania. Mengatasnamakan seseorang yang tak dikenal, pelaku marah-marah lalu mengancam Molzania agar segera melunasi hutang yang bersangkutan. Pelaku mengaku orang tersebut menggunakan nama Molzania sebagai penanggungjawab hutangnya. Jujur mendapat DM berisi ancaman pinjol tersebut membuat Molzania takut. Bukan pada pelakunya, melainkan merasa khawatir dengan keselamatan akun sosial media milik Molzania. Takut nanti dihack pelaku. Usut punya…

  • penipuan online
    Perempuan

    Ciri-Ciri Bule Penipu Wanita Wajib Tahu

    CIRI-CIRI BULE PENIPU WANITA WAJIB TAHU – Sudah tahun 2021, tapi masih banyak saja yang tertipu. Korban yang terbanyak justru dari kaum wanita. Entah bagaimana setiap tahunnya kasus penipuan secara online terus bertambah. Padahal modus serupa ini sebenarnya sudah biasa. Kerugian yang diderita para korban mencapai puluhan hingga ratusan juta. Setelah sadar bahwa dirinya tertipu, biasanya korban enggan menceritakan pengalamannya kepada orang lain. Alasannya karena malu dan takut menghadapi kritikan orang lain. Padahal sih memang salahnya sendiri. Aslinya pelaku dibalik kejahatan ini berasal dari negara-negara seperti Afrika, India, Bangladesh dan Pakistan. Untuk berkomunikasi, pelaku menggunakan bahasa Inggris. Adakalanya mereka bekerjasama dengan orang Indonesia sendiri guna meyakinkan para korban. Korban yang…

  • edukasi menstruasi
    Perempuan

    Pentingnya Edukasi Menstruasi untuk Anak Pra Remaja

    PENTINGNYA EDUKASI MENSTRUASI UNTUK ANAK PRA REMAJA – Berkaca dari pengalaman pribadi bikin Molzania sepakat bahwa penting banget mengenalkan konsep menstruasi secara benar pada anak. Di Indonesia, hal-hal semacam kesehatan reproduksi masih dianggap tabu. Sehingga banyak orangtua terutama ibu dan para wanita kurang sadar akan pentingnya edukasi kebersihan organ kewanitaan sejak dini. Molzania pernah punya pengalaman yang kurang menyenangkan terkait hal ini. Dikarenakan ketidaktahuan, orangtua Molzania memberikan pemahaman yang salah terkait menstruasi saat Molzania SD. Kata mimi, penyebab menstruasi adalah karena sering menonton film dan sinetron orang dewasa. Penyebab menstruasi karena sering bersikap genit sama cowok. Entah genitnya yang bagaimana, Molzania juga kurang paham ketika itu. Hasil penelitian mengatakan 90…