Simak Tips Cara Menjual Barang Online Dengan Ampuh
Tips

Simak Tips Cara Menjual Barang Online Dengan Ampuh

Setelah bulan lalu Molzania membahas tips-tips berjualan online untuk pemula. Nah pada artikel kali ini Molzania mau menulis artikel tentang cara jualan online secara mudah. Sebenarnya kita tidak perlu pusing menjual barang secara online. Asal kita tahu bagaimana kiat-kiat sukses untuk mencari penghasilan dari berbisnis online.

Salah satu keuntungan jual barang secara online ialah kita bebas melakukan jual beli apa saja. Ada puluhan situs jualan online alias e-commerce yang bisa kita manfaatkan. Misalnya Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain-lain. Kita bisa membuat online shop sendiri di sana. Mereka biasanya sudah menyediakan platform tersendiri yang bisa diatur secara manual.

Akan tetapi sebagaimana toko offline, persaingan dagang menjadi salah satu problema. Kalau mau toko online kita dilirik pembeli, mestilah produk atau barang yang mau kita jual memiliki keunikan disbanding yang lain. Oleh karena itu, untuk berjualan online hendaknya kita memerhatikan hal-hal berikut ini;

1. Kenali Produk yang Kita Jual

Untuk menjadi seorang pebisnis, sebaiknya kita memahami seluk beluk produk atau barang yang kita jual. Hal tersebut berlaku pula pada toko offline biasa. Tujuannya selain untuk menjawab pertanyaan pelanggan, kita juga tahu soal perkembangan produk yang kita jual di masa depan. Sehingga bisnis pun dapat berkembang dengan lebih baik.

Kenali Produk yang Kita Jual

2. Kenali Target Pasar

Target pasar yang dimaksudkan di sini ialah jenis konsumen kita. Apakah menyasar ke kalangan remaja, dewasa, atau paruh baya. Perhatikan pula gaya berbelanja konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli produk.

Kenali Target Pasar
Kebanyakan konsumen online menginginkan diskon dimana sobat bisa memberikan dalam bentuk voucher belanja. Untuk itu penulisan caption, dan teknik promosi harus disesuaikan sesuai dengan target pasar yang mau kita tuju.

Baca Juga:  Tips Menghindari Wasir / Ambeien Kambuh Secara Alami

3. Estetika Foto Produk yang Kita Jual

Ketika kita mengupload foto produk, wajib memerhatikan estetika alias keindahan produk yang kita jual. Untuk membuat foto yang menarik, gunakan latar belakang berwarna putih dan sumber cahaya yang berasal dari cahaya matahari.

Estetika Foto Produk yang Kita Jual
Sudut pengambilan gambar juga perlu kita perhatikan. Produk fashion misalnya, sebaiknya dipotret dari arah depan. Sementara itu untuk makanan, teknik flat lay atau memotret dari atas adalah yang terbaik. Terakhir pelajari pula cara editing foto terbaik untuk produk yang kita jual.

4. Harga Produk yang Bersaing

Menentukan harga jual produk, kita perlu mempertimbangkan beberapa hal diantaranya yaitu; biaya yang kita keluarkan, pemasaran dan besar penjualan. Harga produk menentukan keberhasilan dan kegagalan bisnis kita. Pantau harga produk yang sama yang dijual oleh pesaing secara berkala.

Harga Produk yang Bersaing
Ketika menjual produk, tentu hal yang kita utamakan kualitas bukan? Usahakan harga produk yang kita jual tidak benar-benar rendah agar jauh dari kesan murahan. Kita mesti tahu kapan waktunya menaikkan dan menurunkan harga.

5. Rating Toko dan Testimoni Pelanggan

Anggap saja kita sudah membuat toko online dan berhasil mendapatkan beberapa pelanggan. Mereka, para pelanggan kita, akan memberikan rating dan ulasan produk kita yang mereka beli. Pertimbangkan setiap saran maupun kritikan pelanggan terhadap bisnis kita. Jangan sungkan untuk memperbaiki jika ada yang dikecewakan.

Rating Toko dan Testimoni Pelanggan

6. Metode Pembayaran

Semakin banyak metode pembayaran yang bisa dipilih salah satu kunci sukses berbisnis online. Ini akan memudahkan pelanggan dalam membeli produk kita. Pasang metode pembayaran lewat COD agar pelanggan bisa membayar langsung di rumah.

Metode Pembayaran
7. Jasa Advertising

Pertimbangkan untuk bergabung di jasa advertising online. Jika membuat website sendiri, kita bisa menggunakan jasa Google Ads untuk promosikan produk kepada pelanggan. Lain halnya jika online shop kita masih menumpang di e-commerce. Situs semacam Tokopedia dan Bukalapak biasanya memiliki jasa advertising sendiri yang bisa kita manfaatkan untuk sarana promo.

Baca Juga:  Pertama Kali Berobat Ke Penang? Baca Dulu 3 Tips Berikut

Jasa Advertising
8. Pemilihan Jasa Pengiriman

Ada begitu banyak pilihan jasa pengiriman. Namun pilihlah selalu jasa pengiriman yang terpercaya dan dapat diandalkan. Dalam memilih jasa pengiriman yang tepat, kita perlu memperhatikan baik biaya, transparansi pengiriman, area coverage serta kemudahan lainnya.

Pemilihan Jasa Pengiriman
Salah satu yang Molzania rekomendasikan ialah Ninja Xpress yang memiliki fitur-fitur seperti COD, live tracking dan lain-lain yang pasti dibutuhkan untuk pertumbuhan bisnis online sobat.

Nah itulah beberapa tips ampuh cara menjual barang online dengan Ninja Xpress dengan mudah. Semoga bermanfaat untuk sobat Molzania semuanya.. ^^

301 Views

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan