Islam

Lima Amalan Penambah Pahala di Bulan Ramadan

Bulan puasa bulan sejuta pahala. Islam mewajibkan umatnya untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Apalagi jika kita mengerjakan kebaikan di bulan Ramadan yang hanya datang satu tahun sekali. Tidak tahu apakah dapat bertemu lagi di tahun depan. Jangan-jangan ini justru ramadan terakhir kita?

Maka dari itu, Molzania di bawah ini sudah merangkum kelima amalan atau perbuatan yang bisa menambah pahala di bulan ramadan. Berikut daftarnya:

1. Menyediakan Makanan Berbuka dan Sahur

Emak-emak rela bangun fajar buta demi menyediakan sahur bagi anggota keluarga. Ditambah lagi rela bersibuk ria di dapur saat sore hari untuk persiapan berbuka puasa. Tahukah bahwa amalan ini dihitung pahalanya seperti halnya pahala orang yang berpuasa? Rasulullah SAW bersabda,“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

2. Mengaji

Di bulan puasa, semua amalan baik akan dilipatgandakan. Tak terkecuali amalan mengaji. Bila kita membaca Al-Qur’an, maka kelak Al-Qur’an memberikan syafaatnya untuk kita kelak di padang yaumil mahsyar. Membaca Alqu’an dilakukan dengan target. Bila tak mampu sehari satu juz, maka cukup satu halaman per hari. Bila ingin teratur, tak ada salahnya bergabung dengan komunitas One Day One Juz. Baca Juga: Join One Day One Juz Yuk..

3. Sedekah

Menurut Ustadz Abdul Somad, sedekah termasuk amalan yang lebih berat daripada jihad. Dengan catatan bahwa sedekah yang dilakukan dengan niat sungguh-sungguh karena Allah SWT. Saat ini berkat teknologi kita semakin dimudahkan dengan adanya sedekah online. Baca Juga: Tips Berdonasi Onlline Secara Aman dan Nyaman

4. Zikir

Baca Juga:  Bersyukur atas Rezeki-Nya

Zikir artinya mengingat Allah. Utamanya dilakukan setiap waktu, baik pada waktu berdiri, duduk ataupun berbaring. Salah satu keutamaan berdzikir ialah meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Insha Allah!

5. I’tikaf
Disunnahkan oleh Rasulullah SAW, hendaknya i’tikaf dilakukan menjelang 10 hari terakhir di bulan ramadan. Dalam melakukan i’tikaf kita berdiam diri di masjid sembari mengerjakan perbuatan-perbuatan yang mengandung nilai pahala, seperti shalat, zikir, mengaji, dan lain-lain.

Nah itulah lima amalan penambah pahala di bulan Ramadan. Semoga menjadi suplemen ruhaniyah agar diri kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah menjelang hari terakhir bulan ramadan tahun ini. Aamiin…

496 Views

Tinggalkan Balasan