Monday, October 2, 2017

Sejarahmu adalah Identitasmu!

Posted by with 10 comments
Presiden pertama kita pernah berkata, "Jangan Sekali-Kali Melupakan Sejarah!" atau sering orang-orang singkat dengan kata "JAS MERAH". Sebenarnya apa itu sejarah? Sejarah ialah kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Nggak hanya bangsa, setiap orang juga punya sejarah. Dan sejarah itu selalu punya dua sisi yang berlawanan; sejarah baik dan sejarah buruk.

Sejarahmu adalah Identitasmu!
Adapun sejarah sebaiknya diceritakan kepada anak cucu agar menjadi tambahan pengetahuan buat mereka. Nulis blog ini juga termasuk bagian dari sejarah juga nantinya. Banyak cerita yang para blogger tuangkan di blog menjadi inspirasi bagi para pembacanya. Pengalaman demi pengalaman yang blogger tuangkan menjadi tambahan ilmu bagi readers.

Setiap manusia siap ataupun nggak pasti merupakan pelaku sejarah. Dikarenakan hidup ini akan terus berlanjut, suatu saat manusia-manusia yang ada di bumi saat ini menjadi tidak ada. Pada saat itulah orang-orang yang hidup nantinya akan mengenang orang-orang pada masa lampau sebagai bagian sejarah. Sebagaimana kita sekarang melihat orang-orang yang lebih dulu tiada.

Source: Deviantart
Tugas manusia yang masih hidup di dunia ialah mengusahakan yang terbaik. Meskipun tidak selamanya kita menjadi orang baik. Dikarenakan sekali lagi, makhluk Allah SWT bernama Syaithon terus-menerus menjadi pengganggu. Manusia sekelas Nabi Ibrahim saja diganggu, apalagi kita yang hidup di masa yang katanya sudah mendekati kiamat. Manusia sekelas Adam saja bisa tergoda, apalagi kita yang hidup dimana manusia sudah bejibun jumlahnya.

Apa yang kita kerjakan hari menentukan hari esok. Kita sekarang ialah akibat yang kita lakukan di masa lalu. Kalimat bijak ini sah-sah saja bila kita jadikan sebagai sebuah motivasi. Namun ada kalanya tetap saja kita salah jalan. Wajar sebagai manusia berbuat salah. Bahkan Allah SWT Maha Pemaaf terhadap hamba-hambanya.

Source: Images-hdwallpapers
Kesalahan yang kita lakukan itu sebaiknya tidak kita ulangi. Jangan sampai sejarah kita nanti yang terekam di benak orang-orang merupakan sejarah yang buruk, dikarenakan diri kita yang kerap melakukan kesalahan yang sama. Setiap manusia inginnya ketika meninggal nanti harum namanya diingat orang. Senantiasa menebar kebaikan ialah solusi untuk mencapai hal tersebut. 


*Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah - Komunitas Blogger Muslimah #ODOPOKT1 

10 comments :

  1. aaaak, jadi kepingin flash back, ada beberapa sejarah yang ingin kuperbaiki, bisa enggak ya? kepinginlah yang terkenang adalah sejarah yang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa selama masih hidup di dunia. ada kesempatan untuk memperbaiki diri :)

      Delete
  2. Betul sekali, jangan sampai anak cucu kita mengenang hal buruk setiap mengingat kita sebagai orang tuanya..

    ReplyDelete
  3. Mari ciptakan sejarah hidup yang dapat membanggakan generasi mendatang!
    Mba blognya seru banget, cantik ^^

    ReplyDelete
  4. Membuat postingan di blog sama artinya dengan meninggalkan jehak kehidupan kita kala sudah tiada lagi di dunia.

    ReplyDelete
  5. Betul mbak, apa yang kita kerjakan hari ini akan berpengaruh pada hari esok. Terima kasih artikelnya. Salam kenal ;)

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...