Thursday, September 14, 2017

Tips Cermat dan Cerdas Belanja Online Hemat

Posted by with No comments
Belanja online sudah menjadi kebutuhan sehari-hari para wanita. Mungkin sepuluh tahun lalu orang-orang masih merasa takut saat berbelanja online, maka sekarang sudah tidak lagi. Akibatnya banyak banget nih toko-toko online yang bermunculan. Makin banyak pula barang-barang yang kini sudah bisa dibeli secara online. Mulai dari furniture, elektronik, hingga kuliner sekarang sudah ada toko onlinenya.

Tips Cermat dan Cerdas Belanja Online Hemat 
Nggak heran persaingan diantara toko-toko online semakin ketat. Mereka menggunakan seribu macam cara untuk menarik pelanggannya. Dimulai dengan rayuan diskon hingga embel-embel gratis ongkir. Hal ini terkadang membuat sebagian pembeli merasa kebingungan dalam memilih dan memilah toko online mana yang ingin dibeli produknya.

Sebenarnya nggak perlu merasa kebingungan, asal kita tahu tips-tips cermat dan cerdas belanja online hemat. Simak yuk tips-tips belanja hemat ala Molzania dibawah ini:

Source: ViewPoints
1. Bandingkan Harga dengan Toko Offline
Biasanya sebelum memutuskan untuk membeli barang secara online, maka Molzania akan terlebih dahulu membandingkan harganya secara offline. Hal ini dilakukan untuk memastikan produk yang kita beli benar-benar berkualitas dan termurah. Terkadang toko online memang menjual produknya lebih murah daripada toko offline. Namun tak jarang pula mereka menjual lebih mahal. Oleh karena itu langkah pertama ialah terlebih dahulu melakukan survei harga. 

Tempat yang tepat untuk dijadikan patokan boleh pasar, supermarket, toko, butik atau mall di wilayah kalian. Catat baik-baik apa-apa saja barang yang kalian butuhkan beserta kelengkapannya. Misalnya ukuran, model, tipe, dan lain-lain. Usahakan untuk tidak hanya membandingkannya di satu tempat, melainkan beberapa tempat sekaligus. Dengan cara begitu, kita sudah memiliki gambaran pasti tentang barang yang kita inginkan sebelum memulai melakukan online hunting. 

Filter di Tokopedia
2. Gunakan Fasilitas Filter di Situs E-Commerce
Beberapa situs e-commerce besar memiliki fitur filter dan urutan pada pencarian situsnya. Misalnya di situs tokopedia, filter ini mencakup produk yang paling sesuai, termurah, termahal, dan sebagainya. Manfaatkanlah filter ini untuk mempermudah melakukan pencarian produk yang kita inginkan. Dikarenakan persaingan di dunia online begitu ketat, para penjual menetapkan harga yang bersaing. 

Dalam hal ini Molzania selalu menetapkan filter yang "termurah". Tentu saja ini demi memaksimalkan motif ekonomi. Pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya. Biasanya pula barang termurah memiliki kuantitas produk terjual yang sudah lumayan banyak. Pastikan kalian tidak pula melewatkan filter paling sesuai dan penjualan terbanyak sebelum melakukan pembelian. 

Source: TheConversation

3. Cek Rating dan Ulasan Pelanggan 
Sebagaimana yang sudah Molzania katakan, barang termurah di sebuah situs e-commerce memiliki kuantitas produk terjual yang sudah lumayan banyak. Langkah selanjutnya ialah memastikan bahwa produk yang mereka jual memiliki kualitas yang baik. Caranya ialah dengan melihat ulasan dan rating dari pelanggan yang sudah membeli di toko itu.

Ada kalanya karena mungkin ketidaktahuan pelanggan, mereka memasukkan rating yang tinggi. Namun ketika dilihat ulasannya ternyata bersifat negatif. Pastikan kita sudah mengecek kedua fasilitas yang biasanya dimiliki oleh E-commerce ini sebelum memutuskan untuk mengorder. Pastikan pula review yang telah diterima benar-benar review yang terverifikasi. Artinya pelanggan yang sudah benar-benar membelilah yang memberikan komentar. Terkadang situs e-commerce seperti Lazada, semua orang baik customer asli maupun belum bisa berkomentar. 

Source: Sinyal
4. Manfaatkan Event Diskon Tertentu
Dalam selang waktu-waktu tertentu, situs-situs besar e-commerce menyelenggarakan festival diskon bagi para pelanggannya. Catat waktu dan baca mekanisme secara keseluruhan agar kita tidak kecele saat membeli produk yang sedang didiskon. Mereka biasanya menetapkan sejumlah syarat dan ketentuan sebelum pelanggan benar-benar mendapatkan diskon mereka.

Para situs e-commerce biasanya melakukan teknik marketing untuk memikat para pelanggannya. Mereka memperdaya pelanggan dengan kata-kata yang membuat pelanggan berfikir kalau event yang mereka selenggarakan benar-benar membuat produk yang dijual menjadi termurah. Misalnya saja kata-kata, "CASHBACK HINGGA 200 RIBU". Pelanggan yang awam berfikir bahwa apapun produk yang mereka beli maka mereka akan mendapat cashback senilai 200 ribu. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Maka sebelum membeli maka pastikan kita benar-benar memahami mekanisme yang sudah ditetapkan oleh pihak e-commerce.


Source: FutureLoka
5. Manfaatkan Sejumlah Aplikasi untuk Memperoleh Diskon dan Cicilan

Zaman sekarang banyak sekali aplikasi android dan apple yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan diskon tambahan. Beberapa diantaranya memberikan fasilitas cicilan berdiskon dan cashback saat berbelanja di e-commerce. Manfaatkan fasilitas ini dan pelajari caranya step by step. 

Sekian tips cermat dan cerdas belanja online hemat. Semoga menjadi tambahan pengetahuan bagi sobat bubblelatte tersayang. Salam hangat dari Molzania. ^_^

*tulisan diikutsertakan dalam event Collaborative Blog "Komunitas Emak Blogger" Kelompok Dian Sastro dengan trigger post "Menyusun Menu Mingguan, Lebih Hemat atau Boros?" karya Ayu Anggraini #KEBBloggingCollab 
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...