Monday, September 4, 2017

Kurasakan Sejuta Manfaat Mengonsumsi Pisang Cavendish SUNPRIDE

Posted by with 24 comments
Dulu Molzania paling tidak suka makan buah. Pokoknya yang namanya buah pasti selalu ogah dilirik. Alasannya dikarenakan Molzania lebih suka menyantap sesuatu yang gurih semisal ayam dan daging, daripada yang lembek dan manis. Namun kebiasaan ini ternyata berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan. Saat SMU pernah menderita sakit ambeien parah sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Rasakan Berjuta Manfaat Pisang Cavendish Sunpride
Alhamdulillah nggak sampai dirawat inap, melainkan hanya diberi obat. Disana Molzania ditangani oleh dokter SPOG. Malu banget deh rasanya diliatim banyak orang pas duduk di ruang tunggu. Molzania sendirian yang masih remaja, sementara yang lain udah ibu-ibu hamil semua. Di RS dokter menasehati Molzania agar rutin mengonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung serat. Kalau dibiarkan terus-menerus, bisa-bisa nanti dioperasi. Hiiiyy.. ngeri banget. 

Dulu Molzania memang membandel sehingga kerap dipaksa oleh mama untuk makan buah. Kadang saking manjanya sampai minta selalu disuapin. Akibatnya tak jarang Molzania bertahan di kamar mandi selama dua jam hanya untuk BAB. 

Nah salah satu buah yang mama Molzania suka kasih untuk Molzania makan ialah pisang. Kata mama pisang itu mengandung banyak serat sehingga membantu pencernaan agar lancar. Dari sekian banyak jenis buah pisang mama selalu memilih pisang cavendish. Brand pilihan mama untuk pisang pasti SUNPRIDE. Alasannya dikarenakan pisang Cavendish SUNPRIDE merupakan buah kesukaan semua anggota keluarga dan kaya akan berjuta manfaat. 

Sebenarnya pisang cavendish bukanlah hal yang baru di keluarga besar Molzania. Sejak lama keluarga besar mama sudah mengenal pisang cavendish. Nenek, tante dan uwak penyuka berat pisang cavendish. Menurut Molzania pribadi, pisang cavendish itu rasanya lebih legit dari pisang biasa. Mirip seperti susu, perpaduan antara gurih-gurih manis. Tidak hanya legit, pisang ini juga memiliki tekstur yang empuk, tidak terlalu lembek dan juga tidak keras.


Apa itu Pisang Cavendish ?


Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, Pisang Cavendish banyak dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

Pisang Cavendish banyak dianggap sebagai buah import, kesan tersebut muncul karena kulit pisang yang mulus, rasanya yang manis dan warnanya yang kuning cerah.

Pisang Cavendish Sunpride ditanam dikebun milik group gunung sewu yang ada di Lampung. Kulitnya yang mulus dikarenakan perawatan yang maksimal mulai dari pemilihan bibit dan pengemasannya.

Pisang Cavendish Sunpride memiliki beberapa jenis yang dijual dipasar yaitu cluster, finger dan single. Cavendish cluster terdiri dari 3-8fingers , Cavendish finger terdiri dari 1-2 fingers sedangkan Cavendish single hanya ada 1 finger yang dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur.


Lokasi Tanam Pisang Cavendish Sunpride
Source: Sunpride
Untuk urusan pisang, mama dan keluarga besar mempercayakan pada merk Sunpride. Pisang Cavendish merk Sunpride merupakan pisang yang ditanam oleh PT. Sawu Segar Nusantara. Pisang merk Sunpride legend banget di Indonesia terutama pisang jenis Carvendish sejak Molzania masih kecil. PT. Sawu Segar Nusantara sendiri didirikan sejak tahun 1995 sebagai anggota dari kelompok investasi unggulan Gunung Sewu Kencana (GSK) yang juga beroperasi di beberapa bidang usaha yang berbeda lainnya dengan distribusi yang menjangkau ke seluruh Indonesia. 

Ternyata merk Sunpride tidak hanya tersedia untuk pisang jenis Carvendish loh. Buah-buahan produksi perusahaannya Sunpride juga ada untuk varian jenis lain, semisal Nanas Honi, Guava Crystal, Pepaya, dan Buah NagaHoney Melon, Golden Melon, Rock Melon, dan Jeruk Baby, Kiwi (hadir dengan merk Zespri), Jambu Air, Pir, dan Apel. Kesemuanya didapat dari warisan kekayaaan alam negeri dengan memanfaatkan lebih dari petani lokal. 

Pisang Cavendish Sunpride + Air Putih = SEHAT
Pisang itu buah yang unik sobat. Pisang bermanfaat untuk dua penyakit yang berlawanan. Tidak hanya untuk memperlancar BAB, juga bermanfaat untuk menghentikan diare. Pisang buah yang tinggi akan kandungan serat, tetapi di sisi lain juga mengandung senyawa pektin. Nah pektin ini membuat kotoran menjadi keras. Jadi kalau kalian sedang mengalami kedua masalah di atas, jangan segan mengonsumsi buah pisang ya.

Masha Allah! Betapa Engkau menciptakan segala sesuatu tak sia-sia.
Maka nikmat TuhanMu yang manakah yang kau dustakan ? 

Molzania sendiri sudah merasakan betul manfaat alami buah pisang untuk pencernaan. Jika Molzania tidak mengonsumsi buah pisang dalam beberapa hari, bisa dipastikan Molzania akan kesulitan ketika BAB. Pernah pula hingga berdarah, duh rasanya menyakitkan sekali. Makanya begitu pasokan buah pisang Cavendish habis, Molzania selalu langsung membelinya di toko buah langganan, atau Molzania harus menanggung rasa sakit yang tiada tara.


Mengapa Molzania Suka Pisang Cavendish ?

Tidak hanya untuk memperlancar pencernaan, pisang Cavendish juga bermanfaat untuk



1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Pisang mengandung Potassium dan Magnesium yang tinggi. Kedua mineral ini bagus sebagai filter yang menghambat pembentukan batu ginjal. Satu buah pisang mengandung hampir 10 persen konsumsi mineral harian. Mengonsumsi buah pisang Cavendish secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit batu ginjal.


Source : Gentlewellnesscenter.com
2. Mencegah Alergi dan Kekambuhan Serangan "Bengek"

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti Inggris dari Imperial College of London tahun 2011, anak-anak yang mengonsumsi satu buah pisang Cavendish per hari lebih dari sepertiga anak memiliki kemungkinan kecil kambuhnya asma yang diderita mereka daripada yang tidak mengonsumsi buah pisang sama sekali. Kandungan serat yang tinggi pada buah pisang mampu menurunkan potensi terjadinya serangan asma.



3. Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata
Sebuah penelitian selama 18 tahun yang dipublikasikan di jurnal ophtalmology menyebutkan mengonsumsi tiga buah pisang setiap hari menurunkan risiko terjadinya penyakit mata dan serangan katarak. Di nigeria, praktisi telah menggabungkan pisang dan ramuan herbal Afrika yang disebut "orinol" untuk mengobati katarak dan degenerasi penglihatan lainnya. Hal ini disebabkan pisang mengandung vitamin A yang berperan dalam melindungi membran mata dan memberikan penerangan pada kornea.


Source: Thefitglobal
Source: Stack.com


4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Sebagai penderita darah tinggi pada usia muda, Molzania harus rajin mengonsumsi buah pisang. Hal ini didasarkan oleh pengalaman pribadi uwak Molzania. Beliau saat tekanan darahnya sedang tinggi, uwak Molzania pun mengonsumsi buah pisang lebih sering. Kandungan Potassium sebesar 422 mg yang terkandung pada satu buah pisang mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

5. Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit dan Wajah

Gunakan masker dan scrub pisang dua kali seminggu, lalu dapatkan kulit wajah yang cerah dan kelembaban kulit yang terjaga. Melakukan masker pisang secara rutin mampu membuat wajah tampak awet muda dan mencegah dari pengaruh radikal bebas. sebagai Caranya tumbuk pisang sampai lembut lalu balurkan pada wajah dan seluruh tubuh. Biarkan 20-25 menit sebelum dibilas. Masker pisang dapat ditambahkan dengan madu, alpukat, air mawar dan tambahan herbal lain untuk khasiat yang lebih baik.


Masker Pisang Bermanfaat untuk Kecantikan
Source: Homemademasks.net
6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi 
Lagi-lagi kandungan potassium yang tinggi terkandung dalam buah pisang bermanfaat untuk mencegah hilangnya kalsium dari tulang. Ini juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis pada manula. Pisang juga bermanfaat untuk memutihkan gigi karena mengandung magnesium.


Berbagai Manfaat Pisang Bagi Tubuh
7. Mengurangi Stress dan Menambah Energi
Pisang termasuk buah-buahan yang mengandung  dopamin dan vitamin B6 yang mampu merelakskan pikiran. Kandungan karbohidrat yang tinggi membuat otak memproduksi zat serotonin yang memberikan efek penenang bagi tubuh. Tidak hanya itu, pisang juga merupakan kombinasi dari herbal kompleks, zat amino acid, gula alami dan tambahan mineral lainnya untuk pasokan energi.

8. Mencegah Kanker dan Memperbaiki Sistem Imun
Penelitian membuktikan bahwa pisang dengan bintik-bintik hitam 8 kali lebih efektif dalam melawan pertumbuhan sel kanker. Hal ini diakibatkan oleh kandungan senyawa antioksidan yang tinggi yang terdapat pada buah kuning itu. Selain itu, Pisang juga merangsang produksi sel darah putih untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


Berbagai Manfaat Pisang Bagi Tubuh
9. Mencegah Anemia dan Mengurangi PMS
Pisang mengandung vitamin B kompleks yang mengurangi penyakit anemia yang sering diderita oleh ibu hamil. Vitamin C yang terkandung di dalamnya membantu penyerapan iron untuk melawan anemia. Sementara itu, kandungan potassiumnya bermanfaat untuk merilekskan otot-otot bagian bawah perut semasa periode menstruasi wanita.

10. Baik untuk Penderita Diabetes
Walaupun rasa pisang manis dan tinggi akan karbohidrat, tetapi pisang mengandung fiber yang menghambat penyerapan karbohidrat dalam darah. Kandungan glukosa dalam pisang hanya berkisar antara 42-68 yang tidak membahayakan penderita diabetes. Vitamin B6 dalam pisang mengurangi stress yang efektif untuk mengontrol penyakit diabetes.


Berbagai Manfaat Pisang Bagi Tubuh
11. Baik Untuk Kesehatan Jantung 
Pakar Peneliti dari Harvard Medical School mengatakan bahwa kekurangan potassium bisa mengakibatkan gangguan irama jantung. Otot jantung merupakan organ tubuh yang halus, sehingga bergantung pada kadar potassium untuk memompa dan mengatup. Kadar potassium yang sedikit, dinamakan hypokalemia, bisa mengakibatkan detak jantung yang abnormal. Mengonsumsi satu hingga dua buah pisang perhari dapat menurunkan tekanan darah dan mengoptimalkan kinerja jantung.  

12. Awal yang Bagus untuk Memulai Diet Sehat
Kandungan fiber dalam pisang dapat mengurangi berat badan. Sementara itu kandungan tepungnya mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Sobat dapat mengonsumsi pisang secara rutin saat sarapan dan sore untuk mengawali diet sehat. Diet pisang semacam ini tidak menganggu jadwal makan dan hitungan kalori. Bisa ditambah dengan asupan buah lain sebelum pukul 8 pagi. Pada siang hari dapat diganti dengan makanan ringan.


Manfaat Pisang untuk Diet Sehat
13. Baik untuk Penderita Ambeien
Penyakit ambeien dapat dikurangi kekambuhannya dengan rutin mengonsumsi buah pisang. Pisang kaya akan serat sehingga melancarkan kinerja pencernaan. Terkait hal ini, Molzania sudah mengalami sendiri. Jika Molzania rutin mengonsumsi buah pisang, maka BAB menjadi lancar. Sebaliknya jika beberapa hari saja tidak mengonsumsi buah pisang, Molzania akan kesulitan BAB. Akibatnya penyakit ambeien pun kumat.

Dengan segudang manfaat dari buah pisang, nggak salah kan kalau Molzania suka banget buah favorit ini. Apalagi terbukti buah pisang ini juga bagus untuk mengatasi ambeien karena kandungan potassiumnya. Untuk lebih lengkapnya yuk liat kandungan nutrisi yang ada dalam sebuah pisang:

Kandungan Nutrisi Dari Sebuah Pisang
(Klik Gambar untuk Memperbesar)
Pokoknya kalau urusan pisang pasti SUNPRIDE deh. Setelah kejadian masuk rumah sakit itu, Molzania tidak mau lagi untuk jarang mengonsumsi pisang. Kapok. Padahal dulu kalau diperingatin mama, bawaannya nggak percayaan. Sekarang ogah deh gak mau. Sakit banget soalnya Hikz.

Bagaimana dengan Sekarang? 

Sekarang memang Molzania rutin mengonsumsi buah pisang secara teratur. Tapi bukan berarti terbebas dari ambeien. Terutama pada saat puasa ramadhan. Nah lho mengapa begitu? Jadi pada saat puasa jadwal makan Molzania berkurang. Hari-hari biasa pisang sering Molzania jadikan snack pagi atau siang.



Namun saat puasa hanya saat sahur dan berbuka saja Molzania baru bisa makan. Dikarenakan keburu kelaperan, Molzania memilih makan besar terlebih dahulu. Terkadang Molzania masih suka lupa mengonsumsi buah pisang. Belum lagi konsumsi air juga berkurang drastis. Molzania jarang loh makan larut malam. Apalagi saat sesudah berbuka, biasanya Molzania sudah keburu kekenyangan. Akibatnya menjelang pertengahan, mulai deh tuh BABnya gak lancar. :(

Solusinya Molzania makan buah pisangnya didahulukan sebelum makan besar. Dijadikan semacam appetizer atau makanan pembuka. Kalau bosen mending dibuat variasi jadi es buah. Tapi memang lebih enak makan langsung saja sih. Soalnya kebanyakan konsumsi es buah membuat badan jadi melar. Makanya Molzania lebih suka makan buah langsung, udah gitu baru dilanjutkan dengan makan nasi.

Menarik. Kalau Begitu Berapa Harga Pisang Cavendish dan Dimana Belinya?

Sebagaimana yang sudah Molzania katakan, biasanya Molzania suka beli buah di toko langganan. Kebetulan tempatnya dekat dengan rumah. Sekali beli biasanya langsung beberapa buah agar tidak kerepotan lagi. Kalau sudah habis, ya tinggal beli lagi. Harga pisang Cavendish Sunpride tempat toko buah langganan Molzania hanya lebih kurang Rp. 20-30 ribuan per kg.

Kwitansi Pisang Cavendish Sunpride
Molzania kemarin itu beli setengah kilo pisang Cavendish, jadi total harganya Rp. 14.000. Lumayan harga segitu sudah dapat empat buah pisang Cavendish Sunpride. Ini cukup untuk stok pisang untuk beberapa hari. Porsi makan pisang Cavendish Molzania cukup satu hingga dua buah per hari. Hehe.  


Pisang Cavendish Sunpride Buah Kesukaan Molzania


Kesimpulannya pisang Cavendish itu buah kesukaan Molzania. Untuk urusan merk, pisang pasti SUNPRIDE. Berawal dari ketidaksukaan, setelah merasakan risiko dan manfaatnya, malah jadi syukaa banget. Mau sehat? Yuk semua sobat bubblelatte biasakan makan pisang carvendish setiap hari. 

Source: 
[1] Ganesamoni, Raguram. 2017. Can We Consume Bananas If We Have Kidney Stones ? https://www.quora.com/Can-we-consume-bananas-if-we-have-kidney-stones  [diakses tanggal 3 September 2017]
[2] Naturalnews.com. 10 Amazing "Superfoods" that can help fight asthma naturally. http://www.naturalnews.com/039632_superfoods_asthma_relief.html [diakses tanggal 3 September 2017]
[3] Naturalnews.com. Research show bananas effective way to naturally improve eye health. http://www.naturalnews.com/044966_bananas_eye_health_natural_treatment.html [diakses tanggal 3 September 2017]
[4] Prawira, Eka Aditya. 2016. Mengapa Harus Makan Pisang Jika Sedang Diare. http://health.liputan6.com/read/2496385/mengapa-harus-makan-pisang-jika-sedang-diare [diakses tanggal 3 September 2017]
[5] Teja, Ravi. 2017. 33 Amazing Benefits of Banana For Skin, Hair, and Health. http://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-and-uses-of-using-banana-for-skin-and-hair/#gref [diakses tanggal 3 September 2017]
[6] Shapiro, Dr. Jeffrey. 2016. How Banana Help Low Blood Pressure. http://www.doctorshealthpress.com/heart-health-articles/blood-pressure-articles/how-bananas-help-lower-blood-pressure/ [diakses tanggal 3 September 2017]
[7] Sunpride.co.id. PT. Sawu Segar Nusantara. http://www.sunpride.co.id/about-us/pt-sewu-segar-nusantara/ [diakses tanggal 4 September 2017] 

*tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog "Ayo Makan Buah Nusantara" yang diselenggarakan oleh Sunpride Indonesia*

24 comments :

  1. Untuk Sunpride paling gampang cari yang pisang. Kalau buah lainnya masih agak susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Molzania juga baru tau dari web sunpride kalau mereka juga ada varian buah lainnya

      Delete
  2. Pisang itu wajib untuk penderita darah tinggi.

    ReplyDelete
  3. Keren banget bikin artikelnya bisa sepanjang ini. Puas bacanya, ga ada yang kurang alias ga ngegantung.

    ReplyDelete
  4. aku juga suka konsumsi Pisang Cavendish Sunpride mbak. Soalnya baik untuk kesehatan ginjal.

    ReplyDelete
  5. aku suka banget buah pisang, juga enak banget dipakai diet hehe

    anggiputri.com

    ReplyDelete
  6. Saya juga suka sama pisang sunpride mba. Setiap hari harus ada pisang satu ini di rumah.

    ReplyDelete
  7. Kok kebetulan sekali sih ya?
    Saya paling suka pisang ini, tapi tidak semua supermarket di Medan menjualnya..��

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sayang sekali. masukan nih bagi pt. sunpride :(

      Delete
  8. aku gak suka pisang klo dimakan langsung
    entah
    tapi klo diolah wah malah ngabisin, heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yg diolah paling enak pisang bakar. tapi biasanya pake pisang lilin ^^

      Delete
  9. pisang sunpride mah favoritku yg paling simpel utk sarapan buahku tp kandungan gizinya yahuud

    ReplyDelete
  10. Wah senangnya sekarang Molzania suka makan buah ya. Iya sih memang cavendish Sunpride lebih kokoh ya ga lembek. Jadi ga ribet makannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, padahal dulu itu susahh bgt pas masih sekolah :P

      Delete
  11. Aku juga konsumsi pisang karena memang sangat banyak manfaatnya mba

    ReplyDelete
  12. wah berasal dari sumsel itu, aku sering banget makan pisang itu tapi aq baru tahu rahasia nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan sumsel tapi lampung, tetangganya sumsel. :)

      Delete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...