Wednesday, August 30, 2017

Suka Duka Menjadi Blogger Professional

Posted by with 12 comments
Selama kurang lebih 8 tahun ngeblog, tentu Molzania sudah banyak banget mengalami suka maupun duka sebagai seorang blogger. Nah melalui tulisan ini Molzania ingin berbagi beberapa diantaranya. Mungkin beberapa dari kita juga pernah mengalaminya. Dan ada baiknya juga blogger pemula juga mengetahuinya. Semua ini dimaksudkan mereka juga bisa belajar bagaimana harus menghadapinya.

Suka Duka Menjadi Blogger Professional 
Berkut suka duka menjadi professional blogger berdasarkan pengalaman pribadi Molzania sendiri :

1. Rela Bergadang agar Bisa Setor Tulisan

Blogger professional ingin agar blognya terus update. Maka dari itu walaupun terkena writer's block alias tidak tahu apa yang harus ditulis, sebisa mungkin ia harus tetap menulis. Hal ini untuk menjaga peringkat Alexa dan DA/PA agar jangan sampai turun drastis. Selain itu ini juga untuk mengasah kemampuan menulisnya agar lebih baik lagi. Percayalah menulis blog itu gampang. Tapi menghasilkan tulisan yang bermanfaat dan enak dibaca itu sulit.


Bukan Asal Menulis, tapi Menghasilkan Tulisan yang Berkualitas
Source: Pixabay
Proses menulis dengan maksud seperti ini bukanlah perkara mudah. Hal ini tak jarang membuat blogger rela bergadang hanya untuk mencari ide tulisan dan menuangkannya lewat tulisan. Bagaimanapun blogger professional juga manusia biasa yang menghabiskan waktunya tidak melulu untuk ngeblog. Adakalanya blogger mempunyai kerjaan segudang diluar ngeblog, sehingga disela-sela waktu senggang ia mencari ide tulisan, dan ketika kerjaannya sudah beres dia pun baru menuliskannya di blog.

2. Belajar SEO untuk Optimasi Blog    

Sekali lagi menulis blog itu tidak segampang yang orang lain pikirkan. Tidak hanya menghasilkan tulisan yang bermanfaat, sebagai blogger professional kita juga dituntut untuk menjaga citra blog didepan robot mbah Google. Hal ini dimaksudkan agar tulisan kita bisa masuk jajaran blog yang menempati artikel pada halaman pertama Google.


SEO Diperlukan untuk Memenangkan Persaingan di Mata Google
Source: Pixabay
Mengapa demikian? Karena memang pertarungan di dunia blogging tidaklah mudah sobat. Jutaan blogger dari seluruh dunia bersaing untuk menjadi yang pertama bagi mbah Google. Dan hanya blogger yang terus-menerus belajarlah yang mampu memenangi hati mbah Google. Kuncinya ialah dengan mengoptimasi blog lewat teknik SEO. Bisa melalui Blackhat SEO atau Whitehat SEO.

Terkait SEO ini memang dapat kalian temukan dengan mudah di blog-blog tutorial SEO. Tapi pengalaman dan kesungguhan sebenarnya merupakan kunci kesuksesan dalam memenangi pertarungan halaman pertama Google. Bahkan seorang blogger professional masih butuh belajar lagi karena alogaritma Google dapat berubah sewaktu-waktu menjadikan teknik SEO saat ini banyak digunakan menjadi tak lagi berarti.

3. Mendesain Blog Secara Kontinyu 

Langkah ini juga tidak kalah penting. Bagaimanapun pengunjung akan lebih tertarik dengan desain blog yang responsif dan simple. Dan seorang professional blog harus benar-benar jeli dalam mengatur bagian-bagian blognya. Terutama untuk mendongkrak penghasilan iklan blog alias adsense.


 Mendesain Ulang Blog dengan Tepat
 Meningkatkan Interest Visitor Blog Kita
Source: Pixabay
Setiap beberapa tahun sekali minimal atau setahun sekali maksimal, blogger harus memperbaharui tampilan blog mereka. Hal itu untuk menghindari kebosanan pengunjung blog dalam melihat tampilan blog yang itu-itu saja. Terlebih bagi pribadi blogger itu sendiri. Memilih tampilan blog yang sesuai dengan kebutuhan bukanlah perkara mudah. Molzania sendiri butuh beberapa bulan berpetualang di dunia Google, sebelum benar-benar mendapatkan desain yang cocok. 

Untuk yang belum melakukannya, cobalah untuk mendesain ulang blog kalian. Bisa dalam beberapa tahun atau maksimal setahun sekali. Dengan tampilan yang fresh, ini akan menambah semangat kita dalam blogging. Pengunjung lama yang berkunjung ke blog kita pun akan merasakan keramahan blog kita. 

Begitulah suka duka menjadi blogger professional yang Molzania rasakan. Tentunya ini baru sebagian saja. Mudah-mudahan bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian ya. Tetap semangat ngeblog. Salam hangat dari Molzania ^_^

12 comments :

  1. Aku nggak kuat begadang. Besoknya biasanya tepar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja sih sebenarnya. tapi kadang2 mau tidak mau ya harus bergadang buat ketik artikel baru :)

      Delete
  2. Saya jarang ganti tampilan blog. Soalnya saya susah sregnya. Gak bis alangsung klik ma tampilan blog. Tapi begitu ketemu, suka gak mau ganti lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. molzania usahakan untuk ganti tampilan blog biar selalu fresh :)

      Delete
  3. Hai mbk, salam kenal ya, saya juga pernah ngalamin writer's block, klo udah begitu pasti kepikiran terus deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang suka curhat masalah ini di blog. Lumayan jadi satu artikel deh hehee

      Delete
  4. Untuk nguprek tampilan blog butuh waktu ekstra ya, Mbak. Dan ini yg membuatku kadang mikir2 lagi. Mending bikin tulisan aja deh waktunya.

    ReplyDelete
  5. Belajar SEO yang sampe sekarang belom khatam-khatam, masih aja lola mencernanya :D Tapi tetap semangat dan mau lagi dan lagi buat belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Molzania sih sambil jalan aja belajar SEOnya. Ojo dibawa stress dan neko-neko. :)

      Delete
  6. aku pernah begadang karena pengen update blognya kenapa ga siang?karena di kantor di block akses ngeblognya wkwkwk dan waktunya cuman bisa sepulang kerja kalau aku ga komit sudah dipastikan blognya laleran ;D klo belajar SEO sampe sekrang masih belajar terus semoga bisa jd blogger profesional aamiin

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...