Wednesday, August 2, 2017

Present Tense dalam Bahasa Korea Part 1

Posted by with No comments
Pada pertemuan yang lalu, kita baru saja mempelajari secara bertahap bagaimana cara menghafal huruf hangul dalam bahasa Korea secara cepat dan mudah. Kita mempelajarinya dalam delapan kali pertemuan. Molzania harap kalian sudah benar-benar menguasai setiap huruf Korea karena tahap berikutnya kita akan langsung mempelajari pola kalimat dalam bahasa Korea.

Present Tense dalam Bahasa Korea Part 1
Source: 61EE
Sebagai tahap pertama, Molzania akan mengajarkan bagaimana kalimat sederhana dalam bentuk Present Tense tentunya dalam Bahasa Korea. Sebagaimana dalam Bahasa Inggris, bentuk present tense merupakan bentuk sekarang atau dilakukan pada saat kita berbicara.  Untuk menggunakan kalimat Present Tense ini terlebih dahulu Molzania akan memperkenalkan penggunaan tobe dalam bahasa Korea yaitu: 이에요 dan 예요. Kedua kata ini berfungsi sebagai "to be" alias penghubung antar kata, kalau dalam Bahasa Inggris ini seumpama "am, is, are".

Untuk menentukan kedua kata 이에요 dan 예요, kita hanya perlu melihat akhir dari kata sebelumnya. Intinya jika kata kerja atau kata benda yang kita gunakan berakhiran huruf konsonan, maka kita menggunakan 이에요. Contohnya ialah kata 가방 yang berarti tas, huruf terakhirnya konsonan. Maka jika kita ingin menunjukkan benda itu adalah tas, dalam bahasa Korea, kita mengucapkan 가방이에요 artinya ini adalah tas dalam Bahasa Korea.

Panorama Pinggir Laut Korea
Source: Wallpaper Abyss
Sementara itu, untuk penggunaan 에요, akhiran tersebut digunakan jika kita ingin menunjukkan benda-benda yang berakhiran dengan huruf vokal. Contohnya adalah 나무 yang berarti pohon. Lihat huruf terakhir dari kata 나무 itu adalah huruf vokal. Maka kita gunakan akhiran 예요 menjadi 나무예요 untuk menunjukkan bahwa benda itu adalah pohon. 

Orang Korea itu sangat gemar menyingkat kata-kata. Jadi kata yang berakhiran 이에요 dan 예요 pun bisa menjadi kalimat tanya. Mereka cukup mengatakan 가방이에요 ? atau 나무예요? yang membedakan itu dari segi pelafalan. Jika dia merupakan kalimat tanya pasti diucapkan dengan penekanan nada pada kata 이에요 dan 예요, sementara jika itu merupakan pernyataan 이에요 dan 예요 diucapkan secara datar saja.

Gyeongbokgung Palace
Source: Lanlinglaurel.com
Untuk lebih memahaminya mari kita lakukan percakapan sederhana di bawah ini. Molzania akan menggunakan dua orang bernama 저 dan 민 sebagai contoh percakapan. Bayangkan situasi berikut; Suatu hari 저 dan 민 bertemu di jalan. 민 diceritakan seorang murid dan sedang membawa sesuatu di tangannya. Mereka pun mengadakan pembicaraan sebagai berikut:

저 : 안영하세요 (Halo...)
민 : 안영하세요 (Halo...)
저 : 학생이에요 ? (Apakah kau seorang murid ?)
민 : 네, 저  학생이에요 (Ya, saya seorang murid.)
저 : 이거 뭐예요 ? (Ini apa?) => (이거 : ini 뭐 : apa)
민 : 이거 가메라예요 (ini kamera.)

Sampai disini ada yang masih bingung? Mari sampaikan pertanyaan kalian dibawah. Tugas kalian selanjutnya ialah mencoba untuk mencari berbagai kata benda dalam Bahasa Korea untuk ditambahkan dengan akhiran 이에요 dan 예요. Molzania sengaja tidak memberikan tulisan dalam Bahasa latin dikarenakan Molzania harap kalian sudah memahami dan menghafal semua huruf Korea ya? Hehe. Berikutnya kita akan mempelajari penggunaan kalimat negatif bentuk Present Tense dalam bahasa Korea. Tapi tentu saja tidak sekarang, melainkan pada pertemuan mendatang. Selamat belajar dan memahami pelajaran ini terlebih dahulu ya, 친구들!

Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...