Tuesday, August 22, 2017

Persiapan Pindah Platform Blog: Adaptasi dari Blogspot ke Wordpress

Posted by with 2 comments
Tulisan berikut ini merupakan lanjutan dari tulisan Molzania sebelumnya berjudul Apa yang Harus Dilakukan dalam persiapan ketika migrasi dari blogger ke wordpress. Disitu Molzania masih kebingungan dalam menentukan hosting dan tema. Tapi akhirnya setelah melakukan pencarian selama berbulan-bulan, Molzania akhirnya mendapatkan tema impian untuk migrasi blog Molzania.com ke self hosting Wordpress.

Persiapan Pindah Platform Blog
Tadinya sempat kepikiran untuk migrasi ke Joomla, tapi sepertinya plug in yang tersedia disana tidak terlalu banyak. Mostly plugin Joomla itu berbayar. Jadi daripada ribet, mendingan pilih yang sudah familiar saja dimata blogger-blogger Indonesia yaitu Wordpress. Setelah menentukan platform blog, langkah selanjutnya ialah memilih tema Wordpress.

Pada cerita sebelumnya, Molzania sempat mengutarakan ingin membeli tema yang berbayar. Alasannya tema yang berbayar itu biasanya lebih lengkap dan minor bug. Namun akhirnya hal tersebut tidak jadi terealisasi. Ini dikarenakan Molzania akhirnya menemukan tema yang selama ini Molzania idam-idamkan. Sebuah tema Wordpress kekinian yang responsif. Detail temanya seperti apa, Molzania belum ingin cerita banyak terlebih dahulu. Ini akan jadi surprise untuk sobat bubblelatte saat launching web Molzania.com yang baru tahun depan.

Adaptasi dari Blogspot ke Wordpress
Source: WPBeginner
Setelah memiliki tema yang pasti, selanjutnya Molzania berupaya untuk melakukan layout. Untuk sementara ini karena webnya masih digunakan untuk platform blog ini, Molzania menggunakan localhost. Keuntungan menggunakan localhost ialah kita bisa menghemat data internet karena pada dasarnya storage (penyimpanan)-nya berada pada local drive komputer. Bukan terletak pada live hosting yang tentunya harus menggunakan internet ketika mengaksesnya.

Paling internet dibutuhkan ketika kita mencari dan mendownload plugin. Plugin Wordpress rata-rata tersedia secara gratis. Tetapi kalau mau yang pro atau full version, tentunya harus berbayar. Namun sejauh ini Molzania masih puas walau hanya menggunakan plugin yang gratis tersebut. Malah beberapa plugin page builder tersedia free full version. Semua itu bisa kita dapatkan dengan melakukan pencarian di internet.

Laman Wordpress Molzania.com
Hingga saat ini, Molzania masih dalam tahap layout. Masih mencoba untuk beradaptasi dengan platform baru. Ternyata mendesain blog tidak semudah yang dibayangkan. Selain keahlian, kita juga membutuhkan ketelatenan. Meski dirasa sudah sempurna, tetapi ketika Molzania melihat lebih jauh ternyata masih banyak bug atau error yang harus diperbaiki. Selama ini Molzania meluangkan waktu di hari libur untuk mengutak-atik blog. Tak jarang itu saja sudah memakan waktu seharian.

Well, ini akan jadi kejutan untuk sobat bubblelatte. Tahun depan ialah perayaan ulang tahun ke 10 tahun blog Bubblelatte. Maka dari itu Molzania ingin menyiapkan sesuatu yang baru dan fresh. Ditunggu saja ya kejutan dari Molzania.. ^_^ 

2 comments :

  1. ow...jadi sekatrang ini masih dalam tahapan pindahan dari blog ke WP ya mang, kliatannya mah mirkisip nih, apalagi udah 10 tahun didunia perweb-an....makjleb deh

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...