Sunday, August 13, 2017

Hati-Hati dengan Penipuan SMS Berkedok M-Banking Error

Posted by with 13 comments
Ini sudah entah keberapa kali, Molzania menulis tentang hal ini. Emang ya? di jaman serba susah, orang-orang terkadang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Salah satunya dengan penipuan melalui sms. Hanya bermodalkan pulsa ratusan rupiah tuh orang jahat melancarkan aksinya. Dan anehnya masih banyak saja korban penipuan model semacam ini. Kurang tahulah ya apa mereka yang tertipu ini nggak pernah membaca berita atau paling nggak menonton berita di televisi?

Penipuan Berkedok M-Banking Error
Nah beberapa waktu lalu Molzania kembali mendapat teror penipuan melalui sms. Tidak hanya lewat sms, penipu bahkan juga menelepon Molzania berulang kali. Tentu saja Molzania abaikan si pelaku. Malah terakhir Molzania blokir nomor si pelakunya. Molzania sudah sangat pahamlah ya model tipu-tipu kayak gini. Hanya saja Molzania merasa gemas, akhirnya lebih baik menuliskan pengalaman ini di blog.

Jadi ceritanya dua hari sebelum mendapatkan sms penipuan, Molzania ditelepon oleh seseorang menggunakan nomor yang tidak dikenal. Kirain Molzania itu pelanggan olshop milik Molzania yang mau memesan atau apa. Jadilah Molzania pertama itu angkat teleponnya. Ternyata dari seorang cowok. Molzania cantumkan nomor teleponnya di bawah agar kalian juga waspada bila mendapat telepon dari nomor itu.

No Hp Tukang Teror
Tau telepon dari orang asing, Molzania tanya ada keperluan apa telepon malem-malem. Alih-alih menjawab pertanyaan dari Molzania, tuh cowok malah bertanya balik apakah Molzania itu Miftah. Lha? Molzania jawab bukan. Dari situ awalnya Molzania masih berfikir positif. Lalu Molzania pun menjawab "oh... salah sambung mas!". Mendengar jawaban Molzania itu orang merespon dengan seperti mau mengajak mengobrol. Molzania risih dong, takut juga jangan-jangan penipu.

Akhirnya Molzania mematikan teleponnya. Selang beberapa saat, orang itu kembali menelepon. Wah, beneran penipu ini! Ngotot banget tuh cowok nelepon. Gak kenal juga. Setelah Molzania reject beberapa kali, dengan berat hati terpaksalah nomornya Molzania blokir. Ternyata tak cukup sampai disitu.  Si penipu terus menerus menelepon berulang kali sampai malam hari dengan nomor pribadi. Nomor pribadi itu dia menyembunyikan nomornya agar tak ada seorangpun yang tahu.

Si Peneror Menelepon
dengan Menggunakan Nomor Pribadi
Wah, makin nggak beres nih orang, pikir Molzania. Dan dua hari setelahnya, Molzania malah mendapat sms penipuan seperti diatas. Mungkin sms ini berasal dari orang yang sama dengan orang yang meneror Molzania lewat telepon. Kalau bukan, mencurigakan banget gak sih nih orang? Niat banget nelepon pake nomor pribadi. Padahal salah sambung. Akhirnya karena dicuekin, akhirnya tuh orang mengirim sms berisi penipuan. Dikiranya Molzania nggak paham model beginian apa?

Ini memang baru asumsi Molzania saja. Tetapi ini memang benar-benar mencurigakan. Mudah-mudahan si peneror bukan orang yang sama yang ingin menipu. Tidak ada salahnya kan kita mencoba waspada? Beneran loh ketika kita mengalami semua ini, rasanya menjengkelkan. Satu sisi ingin marah dan merepotkan, namun disisi lain merasa kasihan dengan penipu dan tukang teror. Mereka nggak punya kerjaan lain apa ya?

Waspada Penipuan Jarak Jauh.
Source: Harapan Rakyat Online 
Ternyata penting banget loh untuk memblokir panggilan dari nomor pribadi. Soalnya kemarin saat si penipu melakukan panggilan dari nomor pribadi, Molzania belum paham cara memblokirnya. Alhasil Molzania memilih silent dan ditinggal tidur. Hehe. Ternyata sekarang sudah ada teknologi dari android untuk memblokir nomor nggak penting seperti ini. Dan ini cara yang ampuh untuk terhindar dari penipuan.

Caranya pun cukup mudah. Pertama kalian buka aplikasi telepon atau langsung via pengaturan setelan kalian. Jika melalui aplikasi telepon klik tombol titik tiga yang ada di sebelah kanan layar android kalian. Selanjutnya pilih pengaturan dan dilanjutkan dengan setelan panggilan. Disana bakal ada pilihan pengaturan blokir panggilan. Terakhir tinggal centang blokir panggilan rahasia, Selesai.

Cara Blokir Panggilan Rahasia
Dengan cara seperti ini, semua nomor yang berasal dari nomor pribadi nggak akan masuk ke hp kita. Ini bakalan menghambat para penipu melancarkan aksinya. Nggak mau kan jadi korban penipuan selanjutnya? Makanya kita mesti selalu waspada. Ingat kata bang napi, kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya, tetapi juga karena adanya kesempatan. Minimalisir kesempatan yang ada. Jangan sampai terjebak bujukan palsu. Tetap waspada ya sobat. ^_^   

13 comments :

  1. Saya pernah di sms sampai telpon tapi gak sampai diteror sih. Jaman udah maju kok masih suka tipu2

    ReplyDelete
  2. Dapat panggilan pribadi itu nyebelin, sok banget
    Nanti coba blokir ah

    ReplyDelete
  3. Hampir tiap hari saya dapat sms yang mengarah pada penipuan, kesemuanya tak saya gubris karena sudah terlalu sering. Alhamdulillah gak pernah ada yg sampe neror

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya kak. Jadi takut kalau kena penipuan.

    ReplyDelete
  5. belum pakai cara blokir panggilan rahasia..bisa dicoba nih, biar nggak keganggu panggilan dari nomor rahasia..Thanks Molzania:)

    ReplyDelete
  6. Ikh serem bgt sih mba jaman sekarang orang nipu tu ya. Smga kita smakin waspada

    ReplyDelete
  7. Lebih kesel kalo diteror telemarketer lho :D

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...