Monday, July 17, 2017

Jalan-Jalan ke Pusat Kebudayaan Jepang The Japan Foundation di Jakarta

Posted by with 10 comments
Selama ini Jakarta identik dengan gedung-gedung perkantorannya yang tinggi menjulang. Disini Jakarta juga punya  puluhan mall yang tak pernah sepi dari pengunjung. Seolah tak pernah mati gaya, gedung-gedung itu dapat kita temui di seantero kota. Jakarta memang pusatnya segala macam bentuk hiburan. Selama ini tak pernah Molzania terpikir kalau di balik gedung-gedung nan megah itu memiliki tempat wisata kecil penuh dengan nuansa yang mendidik. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam bentuk kebudayaan berbagai belahan dunia.

Berfoto di Main Hall The Japan Foundation Jakarta
Pusat Kebudayaan Jepang salah satunya. Nama kerennya The Japan Foundation Jakarta. Sebagaimana yang kalian tahu, Molzania itu die-hardnya negeri sakura itu. Rasanya kurang lengkap jika tidak mengamati secara langsung. Tapi Molzania belum berkesempatan untuk mengunjungi negerinya para ninja. Makanya Molzania berkunjung ke pusat kebudayaan Jepang yang ada di Jakarta dulu.

Japanese Culture Center terletak di Pusat Perkantoran Summit Mas II di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta. Cukup susah untuk menemukan gedung ini dikarenakan di kawasan Jenderal Sudirman merupakan salah satu pusat gedung perkantoran di Jakarta. Abang Gojek aja sempat muter-muter nyasar beberapa kali sebelum akhirnya kita melihat nama "Summit Mas" di pintu gerbang. Saran nih buat pengelola gedung Summit Mas, baiknya papan nama gedungnya dibuat segede mungkin. Jadi pengunjung yang baru pertama kali kesana bisa melihat dengan mudah.

Suasana Gedung Summit Mas
Sumber: ipapa.co.id
Lokasi Japanese Culture Centre yang menempati gedung ini berada di Lantai 2. Saran nih minna-san, sebelum kita kesini ada baiknya untuk tidak lupa membawa KTP atau Kartu Pelajar. Nantinya di front office kartu identitas kita tersebut akan ditukar dengan semacam kartu pengenal khusus milik pengunjung "Summit Mas". Setiap pengunjung wajib membawa kartu identitas berupa KTP atau Kartu Pelajar tersebut tanpa terkecuali.

Ada banyak tempat menarik untuk kalian kunjungi disini. Pertama masuk mungkin kalian nggak bakal ngeh karena suasananya memang sepi banget. Disini ada perpustakaan yang memiliki koleksi buku full Bahasa Jepang yang lengkap. Banyak bacaan menarik yang bisa kalian temui. Kalian yang sedang tertarik untuk mendalami Bahasa Jepang seperti Molzania pasti bakalan heboh. Hanya saja di perpustakaan ini kita tak boleh berisik ya. Jadi cukup teriak-teriak kesenangan saja dalam hati. 

Kumpulan Buku-Buku Berbahasa Jepang
milik The Japan Foundation Jakarta
Menurut Molzania koleksi perpustakaan milik The Japan Foundation sudah lumayan lengkap. Tidak hanya buku-buku dengan topik berat seperti filsafat dan Politik Jepang, disini kalian bisa menemukan kumpulan koleksi komik dan majalah berbahsa Jepang. Bagi para pecinta komik Doraemon, di salah satu sudutnya terdapat kumpulan komik-komik Doraemon berbagai seri. Semuanya boleh dibaca sesuka hati kita.

Di perpustakaan juga tersedia tempat duduk-duduk semacam lounge yang luas dan cozy. Tersedia pula beberapa komputer dengan internet yang bisa diakses oleh pengunjung. Ada pula semacam TV besar yang berisi tayangan televisi berbahasa Jepang. Pokoknya buat kamu yang ingin merasakan atmosfer edukasi ala Jepang disini tempat yang bisa kamu tuju.

Suasana Ruang Baca dan Computer Corner
Perpustakaan The Japan Foundation Jakarta
Molzania sendiri lebih memilih kumpulan buku-buku untuk belajar Bahasa Jepang. Ada beberapa buku yang menurut Molzania lumayan bagus untuk dibaca. Diantaranya buku Genki Second Edition : Integrated Course for Elementary Japanese dan Kanji Look and Learn. Sebenarnya Genki itu semacam buku pelajaran untuk anak SD. Ada 6 buku yang ada disana yang diperuntukkan untuk siswa SD dari kelas 1-6. Namun bagi newbie kaya Molzania, materinya lumayan asyik dan mudah untuk dipelajari.

Sementara itu buku bacaan Kanji Look and Learn itu bentuknya semacam workbook. Cocok buat kamu yang baru pertama kali mengenal Kanji. Sayangnya sih buku-buku ini tidak bisa lantas dibawa ke rumah untuk dipelajari. Hanya yang mempunyai KTP DKI Jakarta saja yang boleh meminjam di perpustakaannya. Wah, sayang banget Molzania bukan holang Jakarta jadinya ga bisa pinjam deh.

Buku Rekomendasi Molzania
untuk Belajar Bahasa Jepang bagi Pemula
Ceki-ceki di Google rata-rata buku untuk belajar bahasa dalam versi cetak itu lumayan mahal. Berkisar mencapai setengah jutaan per buku. Oke deh, mundur teratur. Mending belajar secara otodidak aza deh via youtube dan ebook. Di Palembang mah, mana ada perpustakaan Jepang kaya disini. Perpustakaan Daerah Kota Palembang saja masih memiliki sedikit sekali buku-buku yang terkait belajar bahasa. Paling banter di Palembang mah adanya buku TOEFL saja. Hikz.

Berikutnya disini selain ada perpustakaan, juga ada kantor tourismnya. Disepanjang perjalanan menuju kantor tourism, ada banyak brosur dan tabloid gratis yang wajib kamu ambil. Nah di kantor tourism tersebut, bagi kita yang ingin berkunjung ke Jepang, boleh deh tanya soal apapun terkait pariwisata Jepang. Kata mbak penjaga toshoukan alias perpustakaan disini juga menyediakan informasi mengenai beasiswa Jepang. Wah, makin semangat deh Molzania. ^o^

Acara Nobar Film "The Daughters"
Tak disangka-sangka saban Molzania berkunjung ke sana, bertepatan dengan kegiatan event "Pemutaran Perdana Film The Daughters" yang merupakan bagian dari event Japanese Film Festival 2017. Acaranya digelar di ruangan multi function hall The Japan Foundation Jakarta. The Daughters sendiri merupakan film dokumenter yang berkisah tentang hubungan antara anak perempuan dan ayahnya dalam dua versi yaitu Jepang dan Indonesia. Kisah ini ditulis oleh Ima Puspita Sari yang merupakan salah satu penerima beasiswa ajang pertukaran budaya (fellowship scolarship) Jepang-Indonesianya The Japan Foundation. Nah pasti penasaran dong sobat ingin mengenal lebih jauh tentang film ini? Simakin artikel Molzania selanjutnya ya. ^_^

10 comments :

  1. wah ruang bacanya asyik
    aku belum nonton filmnya itu....seru jalan2nnya

    ReplyDelete
  2. hmm... menarik ya. terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  3. wah perpunya nampak banyak bukunya ya, bisa banyak belajar tentang jepang di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi salah satu tempat wisata edukasi yg gratis

      Delete
  4. Yuk wujudkan mimpi pergi ke Jepang. Mulai dari belajar di Pusat Kebudayaan Jepang....

    ReplyDelete
  5. Ayooo yang suka dengan negara jepang, bsa mampir k sini ni. Tapi kalau saya kenapa lebih suka korea ya dari pada jepang? hehehehe

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...