Wednesday, July 26, 2017

Jalan-Jalan ke Korean Culture Centre (KCC) di Jakarta

Posted by with 6 comments
Setelah pekan lalu, Molzania bercerita tentang pengalaman berkunjung ke Pusat Kebudayaan Jepang di Jakarta. Sekarang Molzania mau bercerita tentang pusat kebudayaan negara tetangganya yang sama-sama Molzania sukai. Apalagi kalau bukan KOREA! Saking excitednya berkunjung kesini, Molzania sampai mimpi ketemu jodoh oppa ganteng sehari sebelum kesini. xixi... Abaikan kisah ini karena ini hanya HOAX!

Jalan-Jalan Ke Pusat Kebudayaan Korea di Jakarta
Lokasi Pusat Kebudayaan Korea yang lebih dikenal dengan nama Korean Culture Centre (KCC) berada di Gedung Equity Tower lantai 17 Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Sepertinya kawasan perkantoran ini gudangnya Pusat Kebudayaan deh. Selain Jepang yang udah Molzania kunjungi kemarin, di area ini Molzania juga menemukan tulisan Dutch yang artinya Belanda di salah satu gedung perkantorannya. Mungkin di gedung itu ada Pusat Kebudayaan Belanda. \(^o^)/ \(^o^)/

Seperti biasa untuk masuk ke gedung ini, kita diharuskan untuk menyerahkan KTP/Kartu Pelajar. Pastikan untuk tidak lupa membawa identitas pengenal sebelum berkunjung kesini. Nantinya kita akan diberi ID Card yang digunakan untuk masuk ke area lift. Liftnya berjejer banyak banget di kanan dan di kiri. Waktu kesana, Molzania datang pada hari kerja. Jadi suasananya lumayan rame sih. 

Front Office Gedung Equity Tower Tempat Penukaran KTP
Begitu naik lift, gak berasa beberapa detik kemudian sudah sampe. Pas nyampe, baru sadar kalau ini tuh lantai 17 boo! Baru pertama ini naik lift sampe ke lantai 17. Jauh bener... Bayangkan kalau kita jatuh dari lantai segitu, kerasa sakit gak ya? *mikir* Deg-degan sih plus takut ngebayangin kalau-kalau ada gempa. Bisa jatuh beneran nanti.. :')

Gedungnya KCC itu dingin banget. Pertama masuk kita disambut oleh front officernya yang orang Indonesia. Langsung saja Molzania mempraktekkan sedikit-sedikit perkenalan bahasa Korea. Pastinya campur-campur dengan Inggris hehe. Karena orang sendiri sih belepotan gak masalah kali ya.

Berfoto di Ruang Lobby Utama
Disini ada tiga ruangan utama yang bisa dikunjungi disini selain lobby, yaitu ruang perpustakaan, ruang multimedia dan ruang multifunction hall atau ruang serbaguna. Hari itu disana sedang ada persiapan acara event musik saxophone yang akan digelar nanti malam. Jadi pegawainya sedang sibuk mengatur bangku di ruang serbaguna. Maaf banget ruang serbagunanya nggak sempat kefoto. 

Di ruang lobby ada televisi luas yang menayangkan channel Korea. Disini kita bisa bersantai-santai ria menikmati suasana. Ada ikon Paralympic Games 2018 yang terpajang disana. FYI, Paralympic ialah olimpiade khusus untuk para penyandang disabilitas yang pada tahun 2018 akan diselenggarakan di PyengChang, Korsel. Iconnya ada dua, yaitu macan tutul yang diberi nama Su Ha Rang, dan beruang kutub yang diberi nama Ban Da Bi.

Ruang Multimedia KCC 
Sementara itu di ruang multimedia, sewaktu Molzania datang tepat banget disana lagi ada rapat internal pengurus KCC. Jadi Molzania sempat bertemu manajernya dua orang asli Korea loh. Sekalian aja perkenalan diri terlebih dahulu. Gugup sih, tapi ya mau gimana lagi. xixi. Di ruang multimedia, kita bisa nonton drama korea kesayangan. Ada beberapa komputer yang bisa digunakan untuk menonton. 

Berhubung suasananya lagi sepi, Molzania berasa seluruh kantor KCC punya Molzania seorang. Bebas hilir mudik kemanapun yang Molzania suka xixii.. Seandainya suatu hari nanti bisa kerja disini. Pasti menyenangkan setiap hari bertemu dengan orang Korea. Tapi kayaknya orang Korea jarang datang kesini deh. Soalnya Molzania tanya kepada petugas perpustakaannya kalau di KCC pegawainya hanya 13 orang. Hampir semua orang Indonesia, hanya dua orang asli Korea yaitu dua orang manajer yang Molzania cerita di atas. 

Koleksi Buku-Buku Perpustakaan KCC
Spot yang paling menarik itu apalagi kalau bukan Perpustakaan. Disini lengkap banget gaes. Semua buku tentang Korea bisa kalian temukan disini. Rata-rata sih bukunya disajikan dalam bahasa Korea dan Inggris. Betah banget seharian berada di perpustakaannya. Dari bacaan ringan seperti aneka komik webtoon, hingga bacaan berat seperti politik, ekonomi hingga filsafat Korea bisa kalian temukan di ruangan kecil ini.

Meski perpustakaannya nggak seluas di Pusat Kebudayaan Jepang, tapi suasana Koreanya dapet banget. Untuk kalian yang ingin belajar bahasa Korea, ada banyak buku belajar bahasa Korea yang bisa kalian temukan. Salah satu yang recommended itu buku "Sejonghanguko" yang terdiri dari 6 seri. Buku ini juga dijadikan buku wajib untuk kelas belajar bahasa Korea di KCC sendiri. Sayangnya saat ini belum dibuka lagi kelas bahasa korea disana. Biaya untuk mengikuti kelas bahasa ini lumayan mahal mencapai Rp. 800.000 untuk tiga (atau empat (?)) bulan.

Koleksi Rak Komik dan Majalah
Berbahasa Korea
Jadi untuk kalian yang mau belajar otodidak, belajar saja dari buku "Sejonghanguko" ini. Buku cetaknya mahal banget berkisar 500 ribuan. Mending kalian mendapatkannya via ebook saja yaitu di website SejongHakdang (penerbit buku ini) langsung. Kalau versi e-booknya gratis! Tapi kalian harus registrasi terlebih dahulu sebelum bisa mendownloadnya.

Dari mbak petugas perpustakaan KCC, Molzania juga dapat satu rekomendasi buku lagi. Sayangnya Molzania lupa nama bukunya. Ntaran deh Molzania ingat-ingat dan cari-cari lagi. Kalau nggak salah, buku ini dijual online di Tokopedia dan Gramedia juga. Buku ini juga dipakai oleh anak UI Jurusan Sastra Korea untuk mendalami Bahasa Korea. Nama bukunya lupa, tapi Molzania ingat penggantinya yaitu Ganada. Buku ini terdiri dari berbagai level tingkatan mulai dari elementary, intermediate dan advanced. Tinggal disesuaikan dengan kemampuan Bahasa Koreamu.

Koleksi Buku Berbahasa Full Hangeul
Milik KCC 
Tidak terasa jam sudah menunjukkan pukul dua siang. Padahal sepertinya baru sebentar membaca buku disini. Saatnya Molzania pulang. Tidak afdhol kalau tidak membawa oleh-oleh. Hitung-hitung sebagai kenang-kenangan memori indah Molzania di KCC. Disini ada banyak brosur dan majalah gratis yang bisa dibawa pulang. Ada koran berbahasa Korea juga yang Molzania kira memang asli dari Korea tapi ternyata bukan. Namanya Hanin Post. Koran Hanin itu koran Indonesia bercita rasa Korea. Tulisannya saja Hangul, tapi dalamnya ternyata isinya berita dari Indonesia. Kecele deh Molzania.

Brosur Kit dan Koran Gratis yang Bisa Diambil di KCC
Ohya, bagi kalian penggemar Korea kalau ada waktu bolehlah berkunjung kesini. Minimal kalian bisa mengetahui dan belajar tentang Korea dari dekat. Sebelum nantinya pergi ke negara tersebut (aamiin). Di perpustakaan ini, semua orang bisa pinjam buku gratis. Asal sudah mendapat nomor registrasi anggota. Pendaftarannya bisa melalui online di web KCC atau enaknya langsung daftar saja di bagian front officenya langsung. 축하 한국어를 배울 수, 친구들 !  (Selamat belajar bahasa Korea, sobat!)...

6 comments :

  1. saya prnh kursus bahasa korea di sini mbak, dulu baru dibuka banget nmr member saya 120 hehehe skrng udh ribuan kali membernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi dong kesan-kesan dan pengalaman kursus disana?

      Delete
  2. wah apalagi orang skrg suka dengan drama korea ya, pasti asyik lihat ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus buat mengenal lebih jauh budaya korea. jgn cuma tahunya drakor dan kpop melulu

      Delete
  3. Duh bangus banget, lengkap dan modern yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Recommended places to hangout for korean lovers

      Delete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...