Tuesday, July 11, 2017

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 7

Posted by with 2 comments
Molzania hari ini mau melanjutkan tutorial cara menghafal huruf hangul bahasa Korea. Selama ini Molzania sudah membaginya dalam enam part. Dua part awal kita membahas huruf hangeul yang tunggal. Part selanjutnya molzania membahas gabungan huruf hangeul yang tunggal. Bagi kalian yang belum sempat membacanya, Molzania sarankan untuk membacanya dari awal. Berikut link yang bisa kalian klik; part 1, part 2, part 3, part 4, part 5, part 6.  

Cara Menghafal Huruf Hangul
 Bahasa Korea Dengan Mudah Part 7
Hari ini kita akan membahas empat huruf konsonan Korea tunggal yang terakhir. Dimulai dari huruf R/L (ㄹ). Cara mengingat huruf ini sangatlah mudah. Tentu sewaktu kecil kalian pernah mendengar kalimat berikut ini ketika belajar mengucapkan huruf R; "Ular melingkar-lingkar di atas pagar". Nah huruf hangeul untuk melafalkan bentuk R ini bentuknya mirip seperti Ular (ㄹ). Coba perhatikan bentuknya hurufnya zigzag menyerupai ular bukan. Maka dari itu ketika kalian menemukan huruf yang berbentuk seperti ini  (ㄹ), maka kalian ingat huruf R dari kata ulaR.

Huruf R (ㄹ) ini terkadang juga bisa dilafalkan sebagai huruf L. Misalnya seperti pada kata 아리랑 yang berarti indah atau cantik. Huruf R (ㄹ) pada kata tersebut dilafalkan sebagai huruf R. Sementara pada kata 멀리 yang berarti jauh, huruf R (ㄹ) pada kata tersebut dilafalkan sebagai huruf L. Tidak masalah bagi pemula untuk pelafalan huruf (ㄹ) menggunakan R atau L. Yang terpenting bagi kalian sekarang ialah mengingat bacaan huruf (ㄹ) dengan baik dan benar.
Huruf R (ㄹ)
Berikutnya Molzania akan mengenalkan kalian dengan huruf S / T (ㅅ). Jika dilihat sekilas mirip seperti huruf CH (ㅊ) dan huruf J (ㅈ) tapi tanpa tambahan garis. Kalau menurut Molzania huruf ini mirip dengan gambar burung yang terbang jauh di atas langit. Dulu sewaktu SD, Molzania suka menggambar senja di kaki gunung. Jadi disana Molzania suka menggambar burung yang sedang terbang di langit. Nah bentuk burungnya mirip dengan huruf S/T (ㅅ) tersebut.

Menggambar burung di atas langit itu tidak cukup hanya satu. Pasti ada banyak burung yang terbang. Untuk menghafalnya Molzania mengingat kata burung bentuk jamak dalam Bahasa Inggris, yaitu "Birds". So untuk mengingat tulisan (ㅅ) ini dengan baik, Molzania hanya perlu mengingat huruf S pada kata birdS. Jadi hal itu akan mudah Molzania untuk menghafalnya. Ohya, huruf ini (ㅅ) jika berada di awal atau di tengah seperti yang terdapat pada kata 삼 yang berarti tiga dibaca dengan pelafalan huruf S. Akan tetapi jika berada di akhir kata seperti yang terdapat pada kata  것으로 yang berarti benda (thing), maka huruf (ㅅ) tersebut dibaca dengan huruf T.
Huruf S/T (ㅅ)
Setelah sampai disini apakah ada yang masih bingung? Atau kalian malah punya metode sendiri untuk menghafal huruf hangeul dengan mudah. Jangan sungkan untuk menuliskan pengalaman kalian di kolom komentar. Ini untuk memperkaya khasanah ilmu kita semua. Selanjutnya Molzania akan memperkenalkan kalian pada huruf H (ㅎ). Jika kalian mengenali huruf H (ㅎ) ini merupakan gabungan dari huruf O kebawah (ㅗ) dan huruf eung atau ng (ㅇ). Hanya saja hurufnya digabung sehingga bentuknya menjadi lebih kecil jika dimasukkan ke dalam suku kata.

Huruf H (ㅎ) ini murni harus kalian hafal ya sobat. Tenang kok mengingat huruf H (ㅎ) itu mudah. Jika kalian sudah mampu menghafal semua huruf Korea yang sudah kita pelajari, maka untuk mengingat dua huruf terakhir ini relatif akan lebih mudah. Sekarang coba perhatikan kata 감사함니다 yang artinya terima kasih, pasti sampai disini kalian sudah bisa membaca semua hurufnya bukan?
Huruf H (ㅎ)
Huruf terakhir untuk materi hari ini yang harus kalian hafal yaitu huruf T (ㅌ). Huruf ini menyerupai huruf E dalam huruf abjad Indnesia. Ini harus kalian hafal di luar kepala ya chingudeul. Cara lainnya sesuai dengan metode milik Molzania, kalian bisa mengingat huruf kedua dari pelafalan huruf T yaitu E. Maksudnya kalau kalian membaca huruf T itu basically merupakan dua gabungan huruf yaitu huruf T dan E. Jadi huruf T itu dibaca TE. T = Te sebagaimana huruf B dibaca menjadi Be. Huruf keduanya ialah huruf E yang mirip dengan tulisan hangeul korea. Finally huruf ㅌ dalam bahasa Korea dilafalkan dengan huruf T.
Huruf T (ㅌ)
Perhatikan contoh kata berikut ini; 타개 yang berarti pemecahan dalam Bahasa Korea. Dapatkah kalian membaca kata 타개 tersebut? Molzania harap sobat bubblelatte bisa membacanya ya. Oke, sampai disini dulu pelajaran Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea dengan Mudah. Tenang ini belum berakhir kok. Materi berikutnya Molzania akan mengenalkan gabungan dari huruf-huruf konsonan dalam Bahasa Korea. Jangan sungkan untuk terus menyimak ya sobat! :D

2 comments :

  1. Makasiih mbaak sharingnyaaa. . bermanfaaat bangeet. Kebetulan lg belajar koreaa. Salam kenal mbak ya 😊

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...