Tuesday, June 6, 2017

Perubahan Data Peserta BPJS Kini Bisa Lewat Online

Posted by with No comments
Yap, kini kalian bisa merubah data identitas BPJS kalian hanya dengan satu langkah mudah. Ini mencakup keseluruhan data kita, seperti nomor hp, alamat surat, hingga merubah tempat faskes secara online dimana saja yang mau kita pilih. Caranya ialah dengan mendownload aplikasi BPJS Kesehatan Resmi via Google PlayStore. Syaratnya hanya dengan mendaftarkan email pribadi yang bertujuan untuk verifikasi. Akan tetapi ini berlaku jika keanggotaan BPJS kita sudah minimal 3 bulan.
Perubahan Data Peserta BPJS Kini Bisa Lewat Online
Molzania sudah mencoba cara ini. Dan terbukti berhasil. Tak hanya untuk keperluan perubahan data peserta BPJS, disana kita bisa mengecek riwayat tagihan dan pembayaran denda BPJS kita. Namun sebelum itu kita mesti mendaftarkan akun BPJS kita seperti halnya kita membuat email. Sekali registrasi akun, maka itu sudah mencakup satu keluarga. Misalnya Molzania daftar menggunakan akun BPJS milik Molzania, nah di aplikasinya muncul data keanggotaan BPJS untuk satu keluarga. Jadi kita tak perlu mendaftar satu persatu akun BPJS jika masih satu keluarga. Menurut Molzania cara ini lumayan simple dan sederhana.

Riwayat Tagihan dan Denda BPJS
Jika kalian kesulitan untuk mengetahui nomor Virtual Account ketika melakukan pembayaran BPJS via bank, maka kalian cukup mengeceknya lewat aplikasi BPJS ini. Pada laman Google PlayStore, ternyata banyak sekali aplikasi BPJS serupa, pastikan aplikasi BPJS yang kalian download itu resmi dari BPJS Kesehatan. Takutnya aplikasinya palsu, dan data-data kalian kemungkinan bisa dicuri. Tandanya ada pada logo BPJS Kesehatan seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.

Aplikasi Resmi BPJS Kesehatan di Google PlayStore
Tidak hanya itu, disini kita juga bisa mencari lokasi Fasilitas Kesehatan yang terdaftar di BPJS seluruh Indonesia. Ini akan berguna banget buat kamu sekeluarga yang mungkin akan pindah keluar kota. Sebelum kita memanfaatkan fasilitas BPJS di kota baru, kamu bisa mengecek terlebih dahulu alamatnya via aplikasi. Sehingga ketika kita sudah berada di luar kota, kita bisa menemukannya dengan mudah.

Cek Lokasi Fasilitas Kesehatan via Aplikasi BPJS
Jika kita mau mengganti identitas BPJS, daftarkan email kamu terlebih dahulu. Berbeda dengan membuat akun, satu email berlaku untuk satu peserta. Jadi misalnya anggota keluarga kalian ada 4 orang, maka email yang dibutuhkan ada 4. Masing-masing peserta memiliki email yang berbeda untuk merubah data. Penggunaan email ini diperlukan untuk verifikasi kode saja. Setiap ada perubahan data, kita diwajibkan untuk melakukan konfirmasi via email. Nanti kita dikirimi email berupa kode angka yang wajib kita masukkan ke aplikasi BPJS kita. Jadi pastikan jangan lupa alamat email dan passwordnya masing-masing.

Perubahan Data Peserta BPJS Secara Online
Penggantian data ini dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali untuk perubahan lokasi faskes. Namun perubahan data alamat bisa dilakukan satu minggu sekali. Disini juga ada semacam skrining kesehatan yang bermanfaat untuk keperluan peserta BPJS yang hanya dapat dilakukan 1 tahun sekali. Skrining ini berupa sejumlah pertanyaan mudah tentang riwayat kesehatan. Hasilnya langsung bisa diketahui secara instan.

Skrining Kesehatan Setahun Sekali
Pastikan untuk selalu membayar tagihan BPJS Kesehatan tepat waktu setiap bulannya. Hal ini dikarenakan jumlah tagihan kita akan terus bertambah dan berpotensi terkena denda. Selain itu kita tidak bisa melakukan perubahan data bila tagihan kita belum lunas. Yang dirugikan justru kita sendiri, bukan? 

Akun Peserta BPJS Tidak Aktif
Menurut Molzania aplikasi ini perlu dimiliki oleh setiap anggota BPJS Kesehatan. Soalnya kegunaannya lumayan lengkap dan membantu. Sayangnya aplikasi ini baru tersedia pada Google PlayStore. Belum tersedia untuk pengguna iOS. Mungkin beberapa waktu kedepan, BPJS akan membuatkan aplikasinya untuk pengguna Apple mengingat tentunya banyak pengguna Apple yang juga merupakan anggota BPJS Kesehatan. 
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...