Sunday, June 4, 2017

Persiapan Pindah Platform Blog : Apa yang Harus Dilakukan?

Posted by with 2 comments
Blog Molzania.com sudah sejak awal diidirikan menggunakan platform Blogger. Itu artinya sudah lebih kurang delapan tahun. Ada rencana bahwa suatu saat nanti Molzania bakal mindahin isi blog ke platform baru. Tapi tentu saja hal itu butuh penyesuaian. Paling telat platform baru tersebut akan Molzania publish tahun depan. Hal ini lebih dikarenakan rules Alexa yang nggak memperbolehkan blog bergonta-ganti tema beberapa kali dalam rentang waktu yang berdekatan. Maka dari itu Molzania putuskan untuk menundanya hingga tahun depan.

Persiapan Migrasi Platform Blog
Migrasi platform blog ternyata tidak semudah yang Molzania kira. Dimulai dari persiapan hosting. Sudah beberapa bulan ini Molzania hunting hosting bagus yang murah-meriah. Beberapa perusahaan hosting menerapkan harga hosting yang mencapai ratusan ribu. Dan ini tidak bisa dibayar per bulan melainkan per tahun. Jika dibayar per bulan tentu saja itu akan lebih murah. Akibatnya Molzania mundur maju ingin berganti platform. Rentang harga yang Molzania tetapkan untuk hosting itu dibawah Rp. 150.000. Dan ini lumayan sulit mencarinya. Tapi akhirnya masalah ini terpecahkan ketika Molzania mendapat perusahaan hosting murah dengan bayaran kurang dari Rp. 150.000 per tahun.  

Persiapan migrasi pun akhirnya dimulai. Beberapa artikel lalu pernah Molzania singgung soal platform Wordpress yang akan Molzania gunakan sebagai platform baru blog Molzania.com. Ternyata proses perpindahan itu lagi-lagi tidak semudah yang Molzania pikirkan pada awalnya. Molzania terlebih dahulu harus memilih tema dan membuat hostingan pribadi di komputer via XAMPP. Tutorial XAMPP ini lumayan banyak bertebaran di Google, jadi ini hanya butuh waktu beberapa menit untuk menuntaskannya. Masalah besar terjadi pada pemilihan tema.

Wordpress vs Blogspot
Source: Personal Websites
Memilih tema blog Wordpress susah-susah gampang. Kebanyakan yang bagus itu justru yang berbayar. Di sejumlah situs penjualan tema Wordpress mereka menerapkan jenis pembayaran dengan mata uang dollar. Harganya itu rata-rata dipatok lebih dari Rp. 500.000. Tentu saja Molzania berkeberatan dengan harga selangit itu. Tema Wordpress yang gratis ternyata sudah banyak dipakai oleh blogger lain yang memiliki niche yang sama dengan blog ini.

Inginnya Molzania itu mendapatkan tema blog yang feminine dan ceria. Pribadi Molzania sendiri sudah seperti itu, sehingga Molzania ingin pula blog ini memiliki kepribadian yang sama. Banyak diantara tema blog yang seperti itu ternyata mahal harganya. Molzania rasa ini akan menjadi tantangan tersendiri yang butuh waktu lama seperti halnya memilih tempat hostingan.
Pilih-Pilih yang Murah dan Berkualitas
Source : Pixabay
Tema blog sementara yang Molzania pakai saat ini pun sebenarnya bukan pilihan yang tetap. Molzania pikir Molzania masih harus mencari tema yang benar-benar sesuai. Mungkin bisa dengan menyewa jasa pembuat tema. Entahlah yang jelas ratenya harus dibawah Rp. 150.000 kalau bisa. Tentu saja ini akan menjadi pilihan terakhir.

Migrasi ke Wordpress artinya mempelajari platform baru tersebut secara total. Kedua platform tersebut sangat berbeda satu sama lain. Pada blogspot kita mengandalkan "hanya" kode-kode html untuk penyesuaian widget blog. Tinggal masukkan sejumlah baris kode pada laman html, maka blog akan melakukan penyesuaian secara manual. Akan tetapi pada Wordpress, tidak cukup hanya plugin yang kita suntikkan. Mereka juga butuh penyesuaian plugin.

Kekurangan dan Kelebihan Platform Blog
Source: Pixabay
Well, saat ini Molzania baru pada tahap adaptasi platform. Butuh banyak, banyak sekali belajar agar bisa melakukan penyesuaian terhadap platform baru. Ada jangka waktu beberapa bulan untuk belajar sebelum platform akan dipublish. Jadi doakan Molzania agar istiqomah dan tidak menyerah untuk belajar Wordpress. Hehe.

Kalau suatu saat nanti ada yang bertanya mengenai platform mana yang lebih mudah digunakan. Jawaban dintara dua pilihan Wordpress atau Blogspot, tentunya sebagai blogger sejati, Molzania akan menjawab blogspot. Hal ini dilatarbelakangi oleh tidak familiarnya Molzania terhadap platform Wordpress. Tidak berlaku bagi Wordpress Holic yang sudah sejak awal menggunakan platform dengan lambang huruf W tersebut. Tulisan ini rencananya akan dibuat beberapa part tergantung sejauh mana persiapan migrasi platform tersebut dilakukan. Jadi tunggu saja perkembangannya. ^_^

2 comments :

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...