Sunday, May 21, 2017

Sewindu Ngeblog Pahit Manis Meniti Asa

Posted by with 15 comments
Delapan tahun ngeblog, tentunya menjadi suatu kenangan tersendiri untuk Molzania. Banyak kenangan indah maupun tak menyenangkan Molzania lalui saat ngeblog. Tak banyak yang tahu kalau menjadi seorang blogger merupakan cita-cita terpendam Molzania sejak kecil. Sudah terpatri di dalam hati bahwa suatu hari nanti Molzania akan memiliki situs sendiri. Sejak kelas 3 SD, Molzania sudah membuat blog sendiri di warnet. Namun dulu internet harganya belum merakyat sehingga Molzania tidak bisa rutin menulis. 


Sewindu Ngeblog Pahit Manis Meniti Asa
Belum lagi aktivitas sekolah menyita kesibukan sehari-hari. Akibatnya Molzania harus gonta-ganti blog karena lupa password. Tak terhitung banyaknya blog yang Molzania buat. Aktivitas ngeblog ini berlanjut hingga duduk di bangku SMP, bedanya saat SMP Molzania sudah relatif bisa menulis di blog secara rutin. Biasanya Molzania posting seminggu sekali dari warnet sekolah. Molzania posting setiap hari kamis saat menunggu waktu untuk ikut praktek komputer. Akan tetapi ini pun tak berlangsung lama. Hal ini disebabkan karena Molzania kecanduan main game online dan Friendster.

Saat SMU, aktivitas blogging sempat terhenti. Ini karena SMU Molzania tidak memiliki warnet sekolah seperti halnya ketika SMP. Pembelajaran di SMU juga jauh lebih rumit. Jangan harap bisa internetan di rumah karena Molzania tidak memiliki fasilitas tersebut. Molzania mulai serius untuk ngeblog lagi saat SMU kelas 3. Itu dikarenakan rumah nenek Molzania dipasangi wifi, jadi Molzania pun ngeblog darisana.


Molzania Sudah Ngeblog Sejak SD
Source : Freepik
Hal inilah yang menjadi cikal bakal situs Molzania.com. Awal-awal merintis blog secara serius, belum ada rencana untuk merubah domain menjadi TLD, Postingan blog banyak diisi oleh remeh temeh aktivitas sehari-hari ala remaja. Dari mulai gonta-ganti gaya rambut, hingga hobi nonton bola. Tak lupa mengenai aktivitas perkuliahan karena waktu itu baru saja resmi menjadi mahasiswa.

Postingan blog juga sempat berganti menjadi pameran karya. Tahun 2011-2014, Molzania rutin mengikuti lomba-lomba antologi dan beberapa diantaranya berhasil masuk menjadi kontributor. Tak hanya itu, Molzania juga menjadi kuter alias kuis hunter dan berhasil memenangkan beberapa hadiah. Pengalaman demi pengalaman yang Molzania lalui saat menjadi penulis dan kuter, Molzania rangkai menjadi tulisan untuk diposting di blog. 



Cerita Molzania berhasil Memenangkan Perlombaan dan Difilmkan
Source: Youtube

Tepat tanggal 17 Maret 2014, Molzania memutuskan untuk membeli domain TLD pakai uang pribadi hasil menang-menang lomba. Blog ini pun secara resmi beralih ke domain Molzania.com. Secara tidak langsung, Molzania sudah berhasil mewujudkan cita-cita masa kecil yaitu memiliki situs sendiri. Disini Molzania semakin serius menggarap postingan blog.

Secara garis besar, isi dari blog Molzania ini termasuk random. Kalian bisa menemukan tips-tips blogging, tutorial something, hingga resep-resep masakan. Namun Molzania berani jamin isinya gak melenceng dari keseharian wanita. Ya iyalah, pemiliknya kan berjenis kelamin wanita, jadi kalian akan banyak menemukan tulisan yang berbau-bau wanita disini. Untuk itulah akhir-akhir ini, Molzania mencoba membangun branding "woman and blogging diary" di blog karena Molzania rasa tulisan Molzania cocok dengan tema itu.


Menjadi Blogger Tidaklah Mudah
Source: Freepik
Tidak lama setelah menggunakan domain TLD, Molzania lantas mencoba untuk memonetize blog. Iseng-iseng coba daftar Google Adsense, eh, tidak tahunya tidak sampai 3 hari diterima. Seneng binggo pastinya. Namun aral pun datang. Tak sampai dua minggu bergabung akunnya dibanned. Entah karena alasan apa, tapi blog ini dituduh melakukan fraud click!

Jujur sih Molzania waktu itu sempat ngerasa down. Males ngeblog dan nulis. Akhirnya blog pun terbengkalai. Nulis kalau ada mood atau hanya untuk ikutan lomba. Bahkan di dunia nyata pun sampai terbawa-bawa. Tidur tak nyaman, makan tak enak. Seperti orang yang sedang putus cinta. Tentu saja hal ini tidak berlangsung lama. Molzania kembali bangkit untuk mencoba memonetize blog lewat jalur lain. Ternyata ada banyak adsense non Google diluar sana yang siap menampung Molzania.com. Asal kita pandai-pandai memilih saja.

Sewindu Ngeblog Molzania.com
Source: Freepik
Tahun 2017 ini resmi sewindu Molzania menjadi blogger. Molzania lalu melakukan sedikit perubahan. Salah satunya dengan melakukan pembaharuan tampilan. Ada rencana pula mau mindahin blog ini ke hosting sendiri. Tapi belum tahu kapan. Bahkan saking semangatnya memonetize blog, Molzania sempat kecele juga. Blog ini sempat mendapat hukuman penjara Google alias deindexed. Alhamdulillah bisa terpulihkan dalam beberapa hari. Molzania anggap itu sebagai pembelajaran berharga karena tidak ada di dunia ini yang sempurna. Meski Molzania selalu berusaha melakukan yang terbaik, tetap saja cobaan itu akan datang menerpa. Namanya juga pengalaman. Tidak semua hal yang kita alami menyenangkan, bukan?



“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger

15 comments :

  1. Hehehe umurnya samaan nih kaya blog saya. Blog jadi kaya saksi perkembangan dari awal ngeblog sampau sekarang hhaha kadang suka iseng baca2 postingan lama, terus kepikiran ih ternyata dulu pernah gitu ya hahaha.

    Semoga bisa terus mengembangkan sayap di dunia blogger ya mbak. Semangattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. 8 tahun ngeblog pastinya banyak pengalaman yang dirasakan

      Delete
  2. wah saya uda jatuh bangun di blogger(pernah sampai off karna malas) hehe

    sekarang coba kembali aktif dan masih perlu belajar lagi

    ReplyDelete
  3. wah,, lama juga iya mbak.. itu cerita yg di filmkan bagus banget..

    ReplyDelete
  4. Wah, ternyata sudah lama ya ngeblognya. Luar biasa semangatnya, sejak kelas 3 SD. Good luck ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. molzania suka IT emang udah dari kecil mba hehe

      Delete
  5. udah lama banget mbak kenalan sama dunia blog, saya baru jaman SMA. itupun cuma daftar terus tak isi konten yang ngga mutu hehe

    bisa buat pembelajaran ni kisahnya, salut! selamat merayakan tahun ke-8 ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu ngeblog pas sd cuma posting2 ttg kegiatan sekolahan aja. hehe

      Delete
  6. Saya bingung ngitung timeline Mbak (sampe lihat profilnya).

    Lahir 1992, di paragraf pertama punya blog sendiri kelas 3 SD (2001-an?), blog ini usianya 8 tahun (berarti dari 2009), ehehehe.

    Btw, keren sih blognya sudah banyak 'menghasilkan" apalagi sampai ada yang bikin film pendek dari tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku ngeblog dari kls 3 sd. Buat blog ini tahun 2009 tapi postingan pertama itu tahun 2010. Itu tepatnya. ^^

      Delete
    2. Dulu pas kls 3 sd blog yg aku kelola msh nggak tetap. Suka kelupaan password. ^^

      Delete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...