Friday, May 26, 2017

#JLEBMoment Puasa Batal Saat Menjelang Berbuka ?

Posted by with 6 comments
Aihh,,, tidak terasa ya guys besok kita sudah memasuki puasa Ramadhan. Maka dari itu melalui postingan ini Molzania mau mengucapkan kepada semua sobat bubblelatte yang beragama Islam, "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438H" semoga kita semua bisa menjalankan puasa tahun ini dengan penuh kebaikan hingga akhirnya kita meraih kemenangan. Aamiin yaa Rabbal Alamin..

#JLEBMoment Puasa Batal Saat Menjelang Berbuka ?
Bagi perempuan yang masih dalam usia produktif, tentunya tidak semua bisa menjalankan puasa full satu bulan. Khusus untuk kita ada dispensasi yang diberikan Allah SWT untuk tidak menunaikan puasa di bulan Ramadhan. Akan tetapi kita wajib untuk menggantikannya di hari yang lain. Masalahnya momen "kedatangan" yang satu ini sangat tidak terduga. Bisa saja ia datang pada pagi, siang, sore, atau malam hari. Atau jangan-jangan mereka datangnya pada waktu menjelang berbuka! Nah lho, ada yang pernah mengalaminya?

Jujur nih Molzania pernah beberapa kali mengalami hal tersebut. Masih mendinglah ketika "mereka" ini datang pada pukul lima sore. Tapi Molzania pernah mengalami hal yang diluar dugaan; lima menit menjelang waktu berbuka. Lantas bagaimana dengan puasa seharian Molzania itu? Ya, otomatis batal. Wajib diganti di hari yang lain. Hikz. Nasib menjadi perempuan.

Puasa Seharian Tapi Malah Batal
Source: Pixabay
Mau bagaimana lagi? Insya Allah, Allah Maha Mengetahui isi hati kita. Itu memang salah satu momen yang membuat sebal. Lima menit lagi gitu lhoo.. ! Apatah susahnya untuk menunggu hingga adzan Maghrib. Haha. Begitulah indahnya menjadi perempuan. Beruntung ini tidak sering Molzania alami. Namun karena tidak sering, maka ini menjadi suatu kenangan tersendiri.

Lantas bagaimana bila "tamu" kita tersebut telat datang, sehingga kita bisa menjalankan puasa full satu bulan? Molzania sih belum pernah mengalaminya. Rekor tercepat Molzania pernah hanya batal tiga hari. Biasanya kan lima atau enam hari. Bahkan pernah tujuh hari karena si "tamu" datang dua kali dalam bulan itu. Namun tante Molzania pernah mengalami hal tersebut tahun lalu. Si "tamu" selesai H-1 puasa dan baru datang kembali pada H+2 lebaran. Sungguh menyenangkan bisa puasa penuh satu bulan.

Indahnya Menjadi Perempuan
Source: Pixabay
Kadang membicarakan hal ini sering dianggap tabu. Tapi kalau dipikir-pikir hal ini menarik juga untuk dibicarakan. Itung-itung bisa dipakai buat menghibur diri. Jutaan perempuan muslim diluar sana pasti pernah mengalami hal ini ya kan? Yang terpenting, meski kita diijinkan oleh Allah untuk tidak berpuasa dan shalat, kita masih bisa melakukan ibadah yang lain. Semisal berdzikir dan amalan lainnya. Kalau soal mengaji, terkadang ini masih menjadi perdebatan. Ada yang membolehkan, ada pula yang melarang. Ini sekedar intermezzo sesama perempuan aja kok. Well, semangat berpuasa sobat bubblelatte! 

6 comments :

  1. Saya pernah... beberapa kali malahan. Hehehe... Paling enak dapat pas malam atau menjelang sahur ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget. tapi kita kan ga bisa milih. xixii

      Delete
  2. aargh pernah banget, kurang beberapa menit bedug magrib, tapi si tamu datang lebih duluan..hikz

    ReplyDelete
  3. pernah banget , rasanya nyesek eh sdh seharian puasa ternyata batal deh

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...