Wednesday, May 10, 2017

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 6

Posted by with No comments
Ini adalah artikel part ke 2 untuk mengenal huruf-huruf hangul konsonan tunggal dalam bahasa Korea. Pada part sebelumnya, kita sudah membahas lima huruf konsonan yang pertama. Berikutnya kita akan membahas lima huruf konsonan yang kedua. Apa saja huruf-huruf yang akan dibahas? Mari kita mempelajarinya satu persatu. Sejauh ini sudah ada 6 part cara menghafal huruf hangul bahasa Korea dengan mudah, untuk itu bagi kalian sobat bubblelatte yang baru saja bergabung ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu part pertamanya.

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 6
Huruf pertama yang akan kita pelajari adalah huruf i-eung (ㅇ). Bentuknya sangat mudah untuk dihapal karena hanya berupa lingkaran. Huruf i-eung (ㅇ) ini memiliki dua fungsi. Fungsinya yang pertama adalah sebagai pembantu dari huruf-huruf vokal tunggal dalam bahasa Korea yang tidak dapat berdiri sendiri. Sementara itu fungsinya yang kedua ialah sebagai huruf "ng" (eng) dalam bahasa Korea.

Untuk memudahkan kita dalam menentukan huruf i-eung (ㅇ) ini apakah sebagai huruf pembantu atau huruf "ng" ialah dengan melihat apakah huruf i-eung ini berdiri sendiri atau diikuti oleh huruf hangul vokal di sebelahnya. Contoh pengaplikasiannya terdapat pada kata dari 앙캐트 yang dalam bahasa Korea berarti kuesioner. Perhatikan huruf pertama 앙, pada bagian atas huruf i-eung (ㅇ) berfungsi sebagai pembantu untuk huruf a (ㅏ), sementara huruf i-eung (ㅇ) pada bagian bawah berfungsi sebagai huruf "ng". Hasil akhirnya huruf pertama itu dibaca "Ang".

Huruf I-eung (ㅇ)
Sekarang perhatikan contoh kata 영웡한 yang dalam bahasa Korea berarti kekal. Dapatkah kalian menebak bacaan huruf pertama dan kedua? Jika kalian sudah faham dengan ini, maka kalian sudah mampu membedakan fungsi dari huruf i-eung (ㅇ). Hati-hati dalam menebak hurufnya dikarenakan tulisan huruf Korea itu kecil-kecil sekali. 

Huruf selanjutnya ialah huruf m (ㅁ). Huruf m (ㅁ) lagi-lagi mudah dikenali karena hanya berbentuk kotak persegi empat. Jika huruf i-eung (ㅇ) berbentuk lingkaran, maka huruf m (ㅁ) berbentuk kubus/balok. Tidak masalah menuliskannya menyerupai huruf bujur sangkar atau persegi panjang, yang terpenting bentuknya kotak dengan empat sisi. Cukup mudah bukan mengenali huruf m (ㅁ) ini. Sekarang perhatikan kata 가뭄 dalam bahasa Korea yang berarti kemarau. Dapatkah kalian membaca kata tersebut? Perhatikan dengan teliti setiap hurufnya jangan sampai salah membaca.

Huruf m (ㅁ)
Berikutnya ialah huruf d/t (ㄷ) yang berbentuk lagi-lagi menyerupai 3/4 kotak. Lagi-lagi untuk mengingat huruf ini agar mudah, ingatlah huruf d itu sendiri. Soalnya jika huruf d/t  (ㄷ) dalam bahasa Korea disebelah kirinya ditambah dengan garis lurus panjang maka akan menyerupai huruf d. Sama seperti ketika kita mempelajari huruf g/k (ㄱ), cara membaca huruf ini berada di tengah-tengah huruf d dan t. Untuk mengetahui pelafalannya secara benar, silahkan cari di google translate ya. 

Sekarang perhatikan kata berikut ini 바다 yang dalam Bahasa Korea artinya laut. Dapatkah kamu menebak huruf kedua dari kata tersebut. Perhatikan kembali huruf pertama yang berbentuk bujur sangkar dengan dua tanduk, itu ialah huruf b/p (ㅂ). Bentuknya menyerupai huruf m (ㅁ) dalam bahasa Korea. Huruf ini biasa dilafalkan diantara dua huruf yaitu huruf b dan p. Akan tetapi untuk pemula, bolehlah break the rules agar tak bingung. Kamu bisa melafalkan huruf ini dengan huruf b atau p.


Huruf d/t (ㄷ)
Berikutnya perhatikan kata berikut ini  만나서 반갑습니다 yang artinya senang berkenalan dengan anda dalam bahasa Korea. Dapatkah kalian menunjukkan ada berapa huruf b/p (ㅂ) dalam Bahasa Korea? Jika kalian berhasil menjawab dengan benar, maka Molzania ucapkan "축하합니다" yang dalam bahasa Koreanya artinya selamat!

Kunci belajar bahasa Korea ialah sering-sering latihan. Mulai sekarang karena kalian sudah mengetahui banyak tentang huruf hangul, tidak ada salahnya kalian untuk mempraktekkan huruf yang sudah kalian kuasai sejauh ini. Sambil kita belajar beberapa huruf tambahan lagi, maka tugas kalian mempraktekkan huruf-huruf yang sudah kita pelajari.

Huruf b/p (ㅂ)
Terakhir kita akan belajar mengenai huruf p (ㅍ). Huruf ini menyerupai huruf m (ㅁ) tapi dengan garis kecil tambahan pada setiap sudutnya. Kalau diperhatikan huruf ini menyerupai tangga yang diletakkan pada keadaan mendatar. Terkadang huruf ini juga ditulis sebagai pengganti huruf F dan V dalam huruf alphabet.

Misalnya saja nama asli Molzania sendiri yaitu Firsty. Maka jika dibahasa koreakan nama Firsty akan menjadi 핈티 (Pirsti) atau 펤티 (Persti). Haha... aneh kan? makanya Molzania lebih suka jika Firsty dalam bahasa Korea diubah menjadi 필시티 atau 필시디. Biar lebih mudah dibacanya hehe..

Huruf p/f/v (ㅍ)
Sekarang perhatikan contoh kata berikut ini 파격 yang dalam bahasa Korea berarti terkejut. Dapatkah kamu menebak pelafalan dalam bahasa Korea untuk kata tersebut? Tulis jawabannya pada kolom komentar untuk tahu kebenarannya. Sampai disini dulu pelajaran kita hari ini. Mudah-mudahan kalian semua memahami apa yang sudah Molzania terangkan. Bila ada pertanyaan, jangan ragu menuliskannya pada kolom komentar. Kalau kalian suka sama postingan ini, share postingan ini ke teman kalian ya. Oh ya untuk kalian yang kemarin sudah ikutan giveaway Molzania, tunggu pengumuman pemenangnya tanggal 15 Mei 2017 nanti ya. Salam hangat dari Molzania. ^_^
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...