Thursday, May 25, 2017

Blog Deindexed Penalti Terberat Google

Posted by with 8 comments
Mumpung lagi liburan, Molzania mau cerita panjang lebar mengenai masalah yang Molzania hadapi beberapa waktu lalu. Anggap saja ini merupakan bagian dari perjalanan lika-liku seorang blogger. Dan ini merupakan pengalaman berharga yang layak untuk Molzania share. Soalnya pengalaman ini cukup shocking, Molzania merasa kalau semua sudah dilakukan menurut yang terbaik. Ternyata masih ada sesuatu celah yang tak kasat mata akhirnya membuat semuanya menjadi berantakan.

Blog Deindexed Penalti Terberat Google 
Pertengahan Mei lalu, suatu sore hari yang cerah, Molzania mendapatkan email peringatan dari Google kalau blog Molzania mengalami deindexed. Sekalinya deindexed tidak tanggung-tanggung mencakup keseluruhan konten blog termasuk domainnya sendiri. Dan itu merupakan hal yang paling parah yang dialami oleh blog. Sama saja dengan masuk penjara. Seluruh domain beserta postingan blog tidak dapat dilacak sama sekali melalui Google.

Molzania paniknya bukan main. Langsung ngelacak webmaster, dan benar ada peringatan disana. Blog ini melanggar TOS milik Google dimana melakukan pengalihan tersembunyi. Namanya sneaky mobile redirect atau pengalihan tersembunyi yang diakses lewat mobile. Tanpa pikir panjang Molzania merasa kalau pelanggaran ini disebabkan oleh adsense alternatif Molzania yang sebelumnya memang kerap bermasalah.

Notifikasi Deindexed oleh Google via Webmaster
Sudah sejak lama Molzania sebenarnya menaruh curiga akan kemungkinan hukuman penalti ini. Namun selama ini selalu Molzania pastikan semuanya baik-baik saja. Sejak memasang kode iklan adsense alternatif tersebut, laman blog ini tetiba suka menampilkan iklan pop ads. Dan saat Molzania mengetahui hal tersebut, Molzania langsung menghubungi perusahaan pengiklan via email.

Tak menunggu waktu lama, mereka pun membalas pesan. Walau sempat kebingungan, mereka akhirnya menyetujui untuk meremove iklan pop ads tersebut. Masalah ini hilang timbul dengan sendirinya. Hal ini membuat Molzania sering memantau blog. Baik melalui pc, hp atau gonta-ganti browser. Ancaman deindexed pun sempat Molzania lontarkan pada mereka dan mereka meminta maaf.

Iklan Pop Ads Membuat Blog Tidak Bisa Diakses
Awal Mei sama sekali tidak ada masalah pada blog ini. Blog ini baik-baik saja ketika diakses melalui ketiga jalur diatas. Molzania pikir iklan blog ini baik-baik saja. Sepanjang blog masih nyaman diakses, iklan pop ads tidak muncul, maka iklan dari adsense alternatif itu tak mengalami masalah. Namun ternyata dugaan Molzania salah. Nyatanya blog ini mendapat hukuman setimpal dari Google. Blog ini mengalami deindexed di semua kategori baik postingan maupun domainnya.

Hal pertama yang Molzania rasakan ialah kesedihan. Bagaimanapun hampir setiap hari Molzania pantau iklan blog ini. Toh nggak ada masalah apapun. Yang membuat Molzania tetap ngotot memakai script iklan adsense alternatif ialah karena mereka customer servicenya responnya lumayan cepat. Perusahaan ads ini lumayan ramah terhadap keluhan publishernya. Pada akhirnya setelah blog ini deindexed, Molzania dengan berat hati harus berpisah dengan mereka.

Search Analytics Laman Blog Molzania.com Akibat Deindexed
Nama adsense alternatifnya itu Advertise World. Sepertinya mereka termasuk perusahaan premium karena untuk masuk kesana relatif susah. Ada sejumlah persyaratan dimana salah satu diantaranya bahwa alexa blog harus diatas 500 ribu peringkatnya. Dan blog ini mendapat kepercayaan penuh untuk mengiklankan iklan premium mereka. Itu merupakan suatu kehormatan tersendiri mengingat blog ini alexanya masih 2 jutaan dan pernah dibanned Google Adsense dan Chitika sekaligus.

Nasi sudah menjadi bubur. Blog Molzania akhirnya harus merasakan deindexed. Langkah pertama yang Molzania lakukan ketika mendapat kabar deindexed ialah menghapus semua script iklan dari blog. Molzania sendiri yakin 100% kalau masalahnya terdapat dari sana. Kemudian langsung mengirimkan permintaan peninjauan ulang. 

Hasil Pencarian Google Saat Deindexed
Dapat email itu hari Jumat sore, sementara Google Indonesia hanya membalas pesan pada hari kerja. Kemungkinan Molzania akan mendapat email balasan baru pada hari senin. Untuk kasus blog deindexed, Google memang menerapkan peninjauan manual. Artinya dilakukan oleh karyawan Google itu sendiri, Maka peninjauannya pun hanya bisa dilakukan pada hari kerja. 

Ada waktu dua hari yang panjang untuk merasa galau. Dua hari itu Molzania isi dengan banyak-banyak membaca artikel seputar deindexed. Ternyata walau terbilang berat, kasus deindexed dapat dipulihkan dengan segera. Asal kita benar-benar membersihkan semua kotoran yang ada pada blog. Dan hal yang sudah Molzania lakukan diatas sungguh sangat tepat. Untuk kasus sneaky mobile redirect, solusinya hanyalah membuang script iklan bermasalah.

Notifikasi Permohonan Peninjauan Ulang
Beruntung Molzania dapat segera mengetahui email pemberitahuan deindexed tersebut. Masalahnya akun Google Email milik Molzania terhubung langsung dengan smartphone. Setiap ada email baru, pasti langsung muncul notifikasi di smartphone sehingga mudah terpantau. Akhirnya Molzania tidak terlalu banyak kehilangan visitor blog.

Dua hari itu Molzania tetap posting artikel seperti biasa. Mencoba posting link di grup-grup blogger facebook dengan harapan agar mereka berkenan membaca artikel terbaru blog ini. Biar bagaimanapun setelah mengusahakan hingga peringkat dua jutaan, Alexa Molzania tidak boleh turun drastis. Blog boleh deindexed, asal jangan Alexa. Menaikkan peringkat Alexa perlu waktu berbulan-bulan soalnya, hikz.

Notifikasi Permohonan Ulang Disetujui
Tak lupa, Molzania juga cek broken link blog ini. Ternyata ada banyak link blog yang error yang perlu diperbaiki. Berikutnya Molzania coba untuk submit ulang site map blog via webmaster. Terakhir perbanyak doa dan ngaji surah yaasiin tiap malam. Setiap hari Molzania coba untuk mengirim ulang permintaan peninjauan ulang ke Google via link yang tersedia di email. Tau sih itu useless, tapi nggak ada salahnya kan mencoba.

Senin pun tiba, namun email yang ditunggu tak kunjung tiba. Molzania hampir menyerah dan mencoba pasrah. Mungkin antrian blog deindexed lumayan panjang, sehingga karyawan Google belum bisa mengecek email peninjauan ulang milik Molzania. Akhirnya keesokan hari tepatnya hari Selasa, email persetujuan peninjauan ulang pun tiba. Alhamdulillah blog ini kembali terindeks oleh Google. Namun tidak secara otomatis langsung terindeks, melainkan harus menunggu hingga beberapa jam kemudian agar bisa terindeks secara sempurna.

Blog Pulih dan Kembali Terindeks
Blog ini mampu kembali dalam waktu 3 hari kerja. Postingan yang merajai halaman pertama pun juga kembali. Waktu yang terbilang relatif singkat, tentunya tanpa hitungan hari libur. Tapi tentu saja tidak bagi Molzania. Alhamdulillah wa syukurilah, terima kasih ya Allah Engkau telah mengabulkan doa-doa Molzania. Untuk mengoptimalkan blog, Molzania bersyukur tidak pernah melakukan trik black hat SEO yang kerap membuat Google berpikir ulang untuk menyetujui peninjauan kembali atas blog yang deindexed. Molzania menulis sesuai apa yang ingin Molzania tulis. Masih perlu banyak belajar lagi kalau untuk SEO. Semoga di masa depan, blog Molzania.com tidak mengalami masalah yang sama.

8 comments :

  1. ini sih yang bikin rada males main adsense (dan sejenisnya)
    selain konten jadi nggak terlalu enak dibaca, kita kudu maintain blog terus-terusan huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak maen adsense, blog juga butuh penyegaran agar visitor betah maen ke blog kita. ^_^

      Delete
  2. Rajin-rajin blogwalking saja mba, jadi bisa naikkin da pa dan indexnya makin bagus ^-^. Tentu silaturahmi sesama blogger pun makin erat

    ReplyDelete
  3. Aku pernah pasang adsense dan entah kenapa setingannya hilang, padahal ga diapa-apain. Sempat ngutak ngatik rasanya ribet. Ya udah lah lepasin aja adsensenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari di inbox email apa ada pesan dari google.

      Delete
  4. Adsense kan cuma salah satu cara dapet duit dari ngeblog mba, masih banyak cara lain. Cari grup yang kasih job buat blogger tuh di facebook ada beberapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sih. ini juga baru mulai jadi endorser wkwk.

      Delete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...