Monday, April 3, 2017

Semangat #1Rumah1GuruNgaji Lewat Antariksa Mengaji

Posted by with No comments
Alhamdulillah Molzania sudah mencapai tahap akhir dari program Antariksa Mengaji. Itu artinya sebentar lagi Molzania akan lulus dan menjalani wisuda. Banyak hal yang sudah Molzania dapatkan di Antariksa Mengaji. Segudang ilmu dan pengalaman dalam memperkaya pengetahuan tajwid atau tata cara membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Tak lupa sahabat-sahabat baru baik itu pengajar dan teman-teman yang juga bergabung bersama di kelas Antariksa Mengaji.
Logo Antariksa Mengaji
Kelas yang tersedia di Antariksa Mengaji ada tiga; pertama Merkurius, kedua Mars, ketiga Penus. Masing-masing kelas berlangsung selama tiga bulan. Diharapkan setelah keluar dari Antariksa Mengaji, kita bisa menjadi guru ngaji minimal untuk keluarga kita sendiri. Molzania tergabung dengan angkatan 10. 

Molzania pertama kali tahu program ini sejak awal tahun lalu. Pertama tahu tidak langsung daftar karena masih dilanda sejumlah kesibukan. Pertengahan tahun Molzania baru memberanikan diri untuk daftar sebagai peserta. Itupun Molzania masih harus menunggu beberapa bulan karena Antariksa Mengaji tidak sedang membuka kelas baru pada saat Molzania mendaftar. Baru pada bulan September Molzania bisa bergabung dengan kelas.

Belajar Tajwid Lewat Online
Image by Abu Zahra Foundation
Dari yang hanya sekedar iseng, berbuah menjadi cinta. Setelah memenuhi semua persyaratan, termasuk membayar biaya untuk masuk kelas. Molzania akhirnya bergabung dengan kelas awal, yaitu grup Merkurius. Molzania pikir bacaan Al-Qur'an Molzania sudah baik. Tetapi ternyata salah. Ada banyak hal yang masih harus Molzania pelajari dalam tajwid.

Guru perdana Molzania di kelas Merkuris ialah mbak Andika. Teman-teman di grup Merkurius berasal dari latar belakang dan daerah yang berbeda-beda. Satu kelas terdiri atas 11 orang. Mbak Andika dengan telaten dan sabar menjelaskan setiap pertanyaan yang diajukan kami semua di kelas. Kami belajar satu minggu sekali, yaitu di hari Minggu malam. Mbak Andika membagikan materi yang harus dipelajari satu malam sebelumnya. Lalu pada saat kelas berlangsung, mbak Andika akan membuka sesi pertanyaan. Disitu kami akan menanyakan semua hal yang terkait dengan pelajaran. Lalu pada saat akhir kelas, mbak Andika akan menjawab pertanyaan dengan telaten dan sabar.

Contoh Kuis Teks dan Audio Antariksa Mengaji
Tidak hanya materi yang kami dapatkan disini. Setiap minggunya juga diadakan kuis berupa teks dan audio. Materinya diambil seputar yang telah kami pelajari. Untuk audio kami disuruh merekam suara kami yang sedang membacakan ayat Al-Qur'an tertentu. Sementara untuk kuis teks biasanya berupa latihan soal pilihan ganda yang harus dikumpul kepada guru yang mengajar dalam waktu tertentu.

Jika kami terlambat mengumpulkan tugas maka nilai kami akan dikurangi. Hal ini akan mempengaruhi kelulusan pada tingkat yang berikutnya. Di setiap akhir pembelajaran, juga akan diadakan ujian akhir penentu. Materi ujian akhir ini seputar apa yang sudah dipelajari sejak pertama kelas berlangsung. Nilai ditentukan dari akumulasi keseluruhan nilai tugas + ujian akhir. Jika nilai GPA kita dibawah 2,75 maka dinyatakan tidak lulus dan harus mengulang. Sebaliknya jika GPA diatas 2,75 maka kami lulus dan naik ke tingkat berikutnya.

Rekap Nilai Harian Molzania
Disini Molzania menyadari banyak hal tentang kekurangan Molzania dalam hal mengaji. Dari teman-teman Molzania belajar bagaimana mengaji dengan baik. Sebetulnya banyak teman-teman yang sudah jago tapi tak sungkan belajar mengaji disini, Molzania sempat merasa minder karena banyaknya tajwid yang salah. Tapi teman-teman disini terus menyemangati agar tak mudah menyerah.

Tiga bulan pertama Molzania serius mempelajari tajwid. Awalnya ragu untuk lulus dan naik level, tapi Alhamdulillah Molzania dinyatakan lulus meski nilainya tergolong kecil. Level berikutnya yaitu Mars lebih menantang. Di akhir program, Molzania ada praktek guru mengaji. Disini Molzania harus mencari orang, boleh keluarga atau teman dekat, untuk diajari mengaji.

Rekap Nilai Ujian Akhir dan Pengumuman Kelulusan
Di level Mars, Alhamdulillah Molzania dinyatakan lulus juga. Molzania memang serius belajar di Antariksa Mengaji. Setiap tugas tak pernah luput dikerjakan. Meski kadang terkendala oleh kesibukan, tapi diusahakan untuk kumpul tugas tepat waktu. Walau bacaan belum sempurna, malah terkadang suka mendapat koreksian yang banyak dari gurunya, tapi Molzania tetap bersemangat untuk belajar.

Sekarang Molzania sudah mencapai tahap akhir, yaitu level penus atau Pengajar Nusantara. Tamat darisini Molzania akan mendapat sertifikat guru mengaji. Dua kelas terakhir ini Molzania diajari oleh mbak Izziyah. Alhamdulillah.. terima kasih para pengajar dan manajemen Antariksa Mengaji. Bukan soal biayanya, tapi ilmu yang didapat sukses untuk menambah tabungan dunia dan akhirat. Salam #1Rumah1GuruNgaji Roket Antariksa.
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...