Wednesday, April 19, 2017

Kisi-kisi dan Tips Ujian CA Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat

Posted by with No comments
Sudah dua hari ini nggak nulis postingan blog. Jangan tanya kenapa? Soalnya Molzania bener-bener lagi fokus sama ujian Chartered Accountant. Yap, kemarin tanggal 18 April 2017, Molzania kembali mengikuti ujian CA mata kuliah Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat. Seperti yang kalian tahu kalau kalian mengikuti perkembangan ujian CA ini, Molzania sama sekali belum lulus satupun mata ujian CA. Dan itu sempet membuat Molzania kembali down, merasa hopeless dan pengen say goodbye dengan ujian ini.

Ujian CA Siapa Takut ?
Bukan Molzania namanya kalau nyerah gitu aja. Pada detik-detik terakhir, Molzania mantepin diri untuk ikutan lagi ujian CA periode ke-2 tahun 2017. Seperti biasa ujian CA yang Molzania ambil nggak banyak-banyak. Hanya satu; yaitu Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat. Molzania mikirnya tuh gini kalau temen-temen Molzania bisa lulus ujian CA setelah beberapa kali mencoba, maka Molzania harusnya juga bisa lulus dong.

Ada pengakuan dari salah satu temen kuliah Molzania sesama mahasiswa PPAk. Dia bilang kalau soal ujian CA itu anget-angetan. Tergantung sama hokinya kita. Kalau beruntung maka soal CAnya itu mudah. Kalau tidak, ya berarti susah. Terbukti dari peserta yang lulus di pengumuman banyak atau sedikit. Biasanya nih mata ujian Etpro itu peserta lulus lumayan banyak. Kadang bisa mencapai ratusan. Nah bermodal dari situ Molzania keukeuh untuk ikut ujian CA lagi. Kalau masih gak lolos, namanya belum rejeki. Maka Molzania akan terus bertahan hingga akhir nanti.

Narsis Sebelum Ujian
Dua bulan sebelum ujian CA Molzania sempat belajar menghafal modul CA. Ditambah beberapa buku tambahan yang lagi-lagi Molzania beli di BukaLapak. Tapi ternyata buku tambahan ini nggak begitu berpengaruh nih guys. Entah salah beli atau apa, tapi Molzania nggak menemukan soal yang mirip. Hanya saja buku ini bermanfaat untuk pemahaman studi kasus mata kuliah Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat. Soalnya mirip-mirip sama bahasan yang ada di buku ini.

Buat yang penasaran, nama bukunya itu Etika Bisnis dan Profesi untuk Direktur, Eksekutif dan Akuntan Edisi 5 Buku 1 karya Leonard J. Brooks dan Paul Dunn terbitan Salemba Empat. Lumayan sangat membantu Molzania untuk memahami studi kasus tentang Etika Profesi. Disana lebih banyak bahasan studi kasusnya lengkap dengan soal-soal jadi biar sekalian belajar. Sempat bingung milih buku tambahan untuk ujian ini, soalnya referensi di modulnya banyak banget. Alasan memilih buku ini karena penulisnya itu masuk dalam sumber referensi dalam modul CA itu sendiri.

Penampakan Buku Studi Kasus ujian CA
Mata Ujian Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat
Buku ini ada 2 jenis sih. Tapi buku keduanya itu nggak terlalu worth untuk ujian CA. Lain bahasan gitu jadinya ya nggak dibeli. Lanjut bercerita soal ujian CA yang Molzania hadapi kemarin. Ohya. Untuk ujian mengulang ini biayanya kita bayar sendiri. Nggak ditanggung sama pihak kampus. Biaya mengulang pertama kali itu bagi mahasiswa PPAk itu hanya Rp. 250.000. Kalo non PPAk itu biayanya dobel alias Rp. 500.000. Untuk ujian mengulang seterusnya, biayanya sama saja baik untuk mahasiswa PPAk ataupun non PPAk yaitu sebesar Rp. 500.000. Ini loh alasan Molzania nggak mau ambil ujian CA banyak-banyak. Biayanya kaga nahan kalau nggak lulus.

Literally, soal-soal yang Molzania kerjain kemarin itu mirip-mirip sama seperti pas ujian pertama. Beberapa diantaranya bahkan sama persis. Alhamdulillah wa syukurilah Molzania sempat menghafal ulang beberapa materi yang pernah masuk di ujian Etpro pertama dulu. Dan kalian yang mau atau akan ujian CA Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat juga wajib baca artikel ini hingga akhir. Siapa tau soal kalian ada yang sama persis seperti punya Molzania kemarin.

Logo CA
Credits by IAI
Seperti biasa soal pilihan ganda ada 30 soal, soal essay 3 soal dan studi kasus 5 soal. Kemarin Molzania kebetulan soal studi kasusnya nggak beranak seperti pas Molzania ujian pertama dulu. Soal-soal sama persis itu ada di bagian pilihan ganda dan essay. Bahasan soal pilihan ganda diujikan itu menyangkut materi yang sama persis diantaranya mengenai etika akuntan (lumayan banyak ada 10 soal), pengertian agency theory, etika bisnis, dan one board-tier system. Beberapa soal yang baru masuk ialah soal insider trading, tugas direksi, UU perseroan terbatas dan peraturan komite audit.

Sementara itu untuk soal essay tergolong mudah sih menurut Molzania. Dua dari soal essay menanyakan pendapat kita mengenai suatu hal yaitu pertanggungjawaban direksi atas anak buah yang melakukan pelanggaran, dan tentang keanggotaan komite audit. Soal terakhir dari essay ujian Etpro ini dejavu banget deh. Soal ini sepertinya soal yang paling sering masuk di ujian Etpro, yaitu mengenai pengertian Comply and Explain dan hal-hal yang mendasarinya. Kesemua materi ujian Etpro lagi-lagi bisa kalian temukan hanya di modul CA. Jadi kalian harus benar-benar memahami dan menghafal modul Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat ini ya?

Are You Ready for Exam?
Credits by Osborne Training
Terakhir untuk soal studi kasus. Entah kenapa soalnya juga mudah. Bahkan soal nomor pertama itu tinggal copy paste saja apa yang tertulis pada soal studi kasus. Intinya studi kasus yang dibahas kemarin itu tentang perusahaan yang bangkrut karena benturan kepentingan dan manipulasi keuangan yang dilakukan oleh pimpinan perusahaannya. Nama perusahaannya PT. Antah beserta anak perusahaannya PT, Gema. Ini perusahaan fiktif ya bukan beneran. Hanya untuk keperluan ujian CA saja perusahaan ini dibuat. Hehe.

Soal pertama itu ditanya tentang isu-isu dari tata kelola dan penyebabnya. Tinggal copas saja menurut Molzania sih sambil dirubah-rubah dikitlah karena penjelasannya semua ada di soal studi kasusnya itu. Soal kedua mengenai permasalahan sistemik yang ada di perusahaan tersebut. Berikutnya soal ketiga itu membahas pengunduran diri besar-besaran yang dilakukan oleh para pemimpin perusahaan. Soal keempat dan kelima Molzania lupa tapi jawabannya itu masih ditanyai tentang pendapat kita mengenai hal yang terjadi di perusahaan tersebut. Lagi-lagi masih membahas soal etika profesi yang kebetulan porsinya itu lebih banyak.


Intinya Molzania yakin 80% dengan jawaban Molzania. Tidak ada kesulitan berarti dari ujian CA kali ini. Bahkan nih temen Molzania saja yang sama-sama ujian CA kemarin bisa menyelesaikan ujian hanya dalam waktu dua jam. Ini adalah pemandangan yang langka karena biasanya kita selalu kesulitan dalam menjawab soal ujian CA. Makanya selesai ujiannya biasanya mepet-mepet waktu gitu.

Molzania nggak berani yakin 100% karena Molzania takut kecele lagi seperti kemarin-kemarin. Jatuhnya nanti gagal malah bikin down. Jadi Molzania nggak mau jumawa dulu, siapa tau kan jawaban Molzania kemarin salah semua huhuu.. Ternyata beneran loh kata teman Molzania itu. Soal ujian CA itu kumat-kumatan. Kadang mudah bener, tapi kebanyakan susah bener. Dan kali ini Molzania dapat ujian CA yang lumayan bikin semangat dalam mengerjakannya. :D

Kartu Peserta Ujian CA Milik Molzania
Hanya di blog ini kalian bisa dapat perkembangan terbaru dan terupdate ujian Chartered Accountant. Berani jamin deh Molzania sampai-sampai artikel tentang CA merajai search engine halaman pertama. Soalnya kebetulan nih pemilik blog ini alias Molzania sendiri juga lagi ikutan ujian Chartered Accountant. Semoga kalian terbantu dengan pengalaman Molzania ya. Ujian CA tidak sulit kok, itu beneran guys. Banyakin doa biar Allah SWT membantu kalian dalam menyelesaikan ujian. Terakhir, mohon doanya ya sobat supaya Molzania bisa lulus ujian CA kali ini. ^_^
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...