Tuesday, April 11, 2017

Kecewa Tertipu Skincare Palsu di Lazada

Posted by with 10 comments
Molzania menulis ini berdasarkan pengalaman pribadi. Bukan untuk menjelek-jelekkan nama e-commerce ataupun brand kosmetika tertentu. Sekali lagi, Molzania sendiri ialah merupakan korban kosmetika palsu tersebut. Molzania menulis artikel ini selain sebagai ladang curhat, juga sebagai sarana agar e-commerce Lazada lebih memperhatikan perilaku sellernya. Bukan tidak mungkin banyak korban peredaran kosmetika palsu di luar sana yang tidak tahu.

Penampakan Shiseido Black Mask Palsu Beli di Lazada
Jangan kaget dulu membaca judul artikel ini. Mari baca pelan-pelan di bawah agar bisa lebih memahami. Ceritanya begini, awalnya Molzania tertarik buat membeli kosmetika secara online karena lebih praktis. Dan biarpun membeli secara online, Molzania tidak mau membeli secara abal-abal. Pada akhirnya Molzania pun membeli kosmetika di Lazada.

Saat itu, Molzania 'masih' mempercayai kredibilitas dari Lazada. Secara Lazada termasuk e-commerce besar di Indonesia. Setahu Molzania untuk bisa berjualan disana pun peraturannya sangat ketat. Tapi baru-baru ini, tepatnya sebulan yang lalu, Molzania mengalami kekecewaan sebagai pelanggan setia Lazada. Bukannya apa-apa, selama ini Molzania sudah menjadi pelanggan setia di e-commerce tersebut. Molzania bahkan berpartner resmi dengan e-commerce Lazada untuk penjualan produk susu kambing.

Hasil Pencarian Masker merk Shiseido di Lazada
Berawal dari Molzania melakukan pencarian tentang masker yang ampuh buat ngusir komedo. Akhirnya Molzania memilih skincare bermerk Shiseido. Variannya ada banyak ketika search di online, salah satunya Shiseido Black Mask. Molzania dulu pernah memakai brand ini dan kepincut. Tapi variannya itu bukan jenis Shiseido Black Mask. Tapi varian Shiseido Phyto & Rose. Molzania beli yang jenis satu ini itu di Jepang, boleh nitip dengan teman. Reviewnya baca disini.  

Molzania nyaman mengenakan Shiseido Phyto & Rose. Suka banget malah. Kulit serasa lebih segar dan kencang. Makanya Molzania nggak bisa pindah ke lain hati saat menggunakan Shiseido. Setelah habis, Molzania lalu berinisiatif untuk membeli ulang produk Shiseido. Siapa tau nemu yang lebih murah dan bagus. Setelah melakukan pencarian via e-commerce, Molzania mantap membeli Shiseido Black Mask dari e-commerce Lazada.

Penampakan Masker Shiseido Phyto & Rose ASLI beli di Jepang
Shiseido yang Molzania beli di Lazada itu termasuk murah. Sangat murah malah. Nggak ada sedikitpun kekhawatiran produk yang Molzania beli itu palsu, karena Molzania percaya dengan Lazada. Nggak mungkinlah Lazada menjual produk palsu. Sekali, dua kali pemakaian Shiseido Black Mask nggak ada masalah. Malah sedikit puas, karena beberapa komedo kecil berhasil keangkat.

Molzania rutin menggunakan Shiseido Black Mask secara teratur sebulan sekali. Selama kurang lebih setahun terakhir, Molzania menjadi pelanggan setia Shiseido Black Mask. Masalah berikutnya muncul, ketika bulan Februari lalu. Molzania merasa kok kulit muka Molzania menjadi kering sehabis memakai Shiseido Black Mask. Baca-baca review blogger lain, ternyata banyak juga yang mengalami masalah yang serupa.


Bukti Screenshot Pembelian via Lazada.
Nama toko dan alamat Molzania sengaja dihilangkan.
Tetap Molzania masih berkhusnudzon dengan Shiseido yang Molzania pakai. Namun ketika Molzania mengetahui Shiseido Black Mask yang dibeli itu palsu dari teman Molzania yang dulu pernah membelikan titipan Shiseido di Jepang, kepercayaan Molzania mulai luntur. Sempat gak percaya, Molzania pun langsung ubek-ubek Google. Dan ternyata sudah ada puluhan review mengenai hal ini di Google. Silahkan cek dengan menggunakan keyword "Shiseido Black Mask palsu".

Berdasarkan situs Shiseido ASLI, mereka tidak menjual shiseido mask yang varian BLACK MASK. Silahkan teman-teman cek melalui ini. Sementara untuk varian Shiseido Phyto & Rose mereka menjual, dan itu termasuk produk yang premium milik Shiseido. Cek link situs Shiseido Phyto & Rose disini. What the... jadi selama ini yang Molzania pakai nemplok di wajah itu apaan? O.O. Takut banget ada bahan berbahaya berhasil masuk ke wajah Molzania ini.

Molzania sedang memakai masker Shiseido Black Mask.
Maksudnya sih buat review, tapi nggak jadi. :(
Ternyata belanja di e-commerce resmi pun tak menjamin produk yang kita beli itu aman sobat. Sebelum membeli, hendaknya mengecek terlebih dahulu di situs resminya. Molzania waktu itu TIDAK sama sekali mengecek, karena Molzania percaya seratus persen dengan nama besar Lazada. Dan hal ini ternyata sudah pernah masuk dan diingatkan oleh BPOM. Cek artikelnya disini. Lazada pun siap bertanggungjawab jika produk yang dijualnya palsu. Silahkan baca artikelnya disini

Apa yang Molzania alami sungguh diluar dugaan. Molzania pun mengadukan hal ini langsung ke customer service Lazada via email. Disana responnya ternyata tidak begitu bagus. Mereka memang menanggapi, namun produk yang bersangkutan masih nangkring saja di websitenya. Bahkan hingga saat ini. Mungkin banyak pula konsumen lain yang mengirimkan surat. Namun responnya terus mengecewakan seperti ini. 

Screenshot percakapan Molzania dengan teman
Kalau buku atau vcd yang dipalsukan, rasanya nggak ada pihak lain yang dirugikan selain pihak yang dipalsukan. Pembaca atau konsumen masih bisa menikmati tayangan maupun tulisan meski mungkin tulisan atau videonya buram. Namun bila kosmetik atau skincare apalagi brand ternama, bukan hanya pihak yang dipalsukan yang rugi. Konsumen yang membelinya pun akan rugi. Kita tidak tahu kandungan apa saja yang terdapat pada brand kosmetika palsu tersebut. Boleh jadi bahan-bahan berbahaya penyebab kanker ada pada kosmetika dan skincare yang kita pakai.  

Di email Molzania pun memberikan bukti-bukti hasil pencarian bahwa sebagian besar masker Shiseido yang dijual oleh Lazada itu palsu. Terutama varian Shiseido Naturgo dan Shiseido Black Mask. Kenapa Molzania berani berkata seperti ini? Karena kedua varian diatas NGGAK dijual di situs resmi Shiseido sendiri. Kalau merk sendiri seperti susu kambing Molzania diatas sih masih bisa dimaklumi. Lha ini kan Shiseido? Molzania benar-benar menyesal kepincut beli produk ini.

Email Molzania dan Tanggapan dari Pihak Lazada Part 1
Penjualmya mungkin bisa ngeles kalau produk yang mereka jual itu bermerk Lucky. Bukan Shiseido. Tapi nyatanya seperti yang terlihat di gambar atas, masker yang mereka kirim jelas bermerk Shiseido. FYI, Shiseido varian Naturgo itu termasuk barang yang pernah disita oleh BPOM karena mengandung bahan yang berbahaya. Silahkan cek artikel yang ditulis oleh salah seorang blogger disini

Lewat email dengan pihak Lazada Molzania sudah menanyakan kepada seller apakah mereka mengamtongi ijin BPOM. Ini berlaku sebagai tanda bahwa produk yang mereka jual sama sekali nggak berbahaya. Dan hingga saat ini Lazada nggak pernah membalas pertanyaan email Molzania. Itu artinya seller Lazada enggan memberikan informasi tersebut. 

Email Molzania dan Tanggapan dari Pihak Lazada Part 2
Melalui artikel ini, Molzania ingin sampaikan kepada sobat bubblelatte di manapun. Teliti sebelum membeli itulah kuncinya. Bahkan nama besar e-commerce pun tak jadi jaminan. Huwaa... setelah mengetahui hal tersebut, semua produk Shiseido Black Mask milik Molzania langsung dibuang. Ogah banget pakai produk itu lagi. Dan Molzania trauma beli skincare dan produk kosmetika secara online lagi. Apalagi beli di Lazada. Entah produk apa saja yang telah Molzania beli selama ini apa juga palsu seperti Shiseido Black Mask? Lebih baik Molzania beli di tempat offline saja.

Kira-kira artikel ini termasuk pelanggaran UU ITE nggak ya? Molzania sudah beritikad baik melakukan kontak dengan pihak Lazada, namun responnya juga nggak ada. Molzania benar-benar nggak tau harus mengadu kemana lagi. Mungkin lewat artikel ini, selain sebagai wujud shock therapy bagi Lazada dan seller, juga bisa menginformasikan kepada teman-teman yang lain agar selalu berhati-hati.

Penampakan Shiseido Palsu
Brand Shiseido merupakan brand besar dari Jepang yang berkualitas dunia. Molzanua berharap setelah ada artikel ini, Lazada sendiri mau berbenah diri. Tak hanya itu, Molzania juga menghimbau kepada BPOM dan YLKI untuk melakukan sidak online, jangan cuma secara offline saja. Soalnya peredaran produk palsu yang dijual secara online akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan. Potensi pertumbuhan dan pangsa pasar penjualan online di Indonesia setiap tahunnya meningkat drastis. Jangan biarkan pedagang-pedagang nakal bebas sekehendak hati menjual produk kosmetika dan skincare palsu. Apalagi yang mengatasnamakan brand ternama seperti Shiseido.

Mungkin ada beberapa sobat bubblelatte punya pengalaman serupa Molzania? Boleh ceritakan pengalamannya di kolom komen. Satu hal tips dari Molzania, jangan pernah tergiur membeli skincare dan kosmetika dengan harga murah, walaupun belinya itu di tempat yang kredibel seperti Lazada. 

10 comments :

  1. Mbaa... Jujurnya aku udh lama blacklist l*zada :(. Krn prnh ada pengalaman serupa. Dpt brg palsu..udh rada lama sih.. Produknya wkt itu skin care juga, SKII. Brg yg dtg udh kliatan palsunya dr segi botol juga.. Yg bikin aku kecewa kenapa mereka ga nyortir penjual2 yg berjualan melalui mereka gt.. Kenapa penjual abal2 jg bisa masuk.. Trs yg bikin makin ga mau make l*zada lagi, inget ga pas harbolnas 2 thn yg lalu kalo g salah yaaa.. Yg ada ribut2 , hrg popok bayi diksh diskon gede bangeettt, tp masa hrg normalnya sama aja kalo lg ga diskon. Trs diliat hrg aslinya yg dicoret masa puluhan juta. Hahahahaha popok apaaaaan hrgnya puluhan juta.. Itu bukti mereka g menyortir seller2 nya.. Dr situ aku males berhubungan lg ama e commerce 1 ini :p. Cukuuup sudah :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun. Kecewa berat sama lazada. Padahal Molzania juga partner sama mereka.

      Delete
  2. Mbak, itu masker yang harganya 7 ribuan ya? Aduh saya juga pernah pake, tapi belinya di toko kecantikan di Bandung, bukannya bagus malah makin parah. Ternyata itu palsu ya. :(

    ReplyDelete
  3. harus mikir - mikir lagi nih berarti kalau mau belanja disitu
    info yang membantu sekali mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti. Harus sortir2 lagi klo mau belanja online

      Delete
  4. Bahaya banget mbak ya kalau kek gitu, kok sempat bahan dasar masker tersebut menggunakan bahan berbahaya, kan banyak yang dirugikan. Emang harus hati-hati kita di zaman digital ini. Terima kasih infonya mbak, jadi bisa buat jaga2 ke depannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Molzania ga tau isi maskernya apaan. Tapi masker abal2 gitu takutnya isi lem plastik. :(

      Delete
  5. Duh ngeri banget ya mba.. saya jujur klo e commerce pilih yang dia berani guarenteed klo produk yang dia jual ori, kyak b****i (bukan ngiklan ya, hihi).. tapi dulu pas jaman masih kuliah pernah ada temen yg nawarin masker Shiseido naturgo yang ternyata juga palsu ya? Udah pake beberapa kali padahal, Huhu..

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...