Wednesday, April 26, 2017

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 5

Posted by with No comments
Pada empat part sebelumnya, kita sudah mengenal huruf-huruf vokal dalam bahasa korea. Nah kali ini Molzania akan mengajari kalian huruf-huruf konsonan dalam bahasa Korea. Huruf konsonan dalam bahasa Korea ada 14 huruf. Sama seperti huruf vokal, huruf konsonan dalam bahasa Korea juga memiliki dua jenis; konsonan tunggal dan ganda. Pada pelajaran pertama ini, Molzania akan mencoba untuk membahas lima huruf konsonan tunggal dalam bahasa Korea. 

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 5
Huruf yang pertama ialah huruf g atau k (ㄱ). Maksudnya huruf ini cara membacanya berada pada dua huruf yaitu diantara g dan k. Kalau kalian perhatikan huruf g/k dalam bahasa Korea garisnya ada dua; satu berada di atas lainnya berada pada sisi kiri. Agar mudah menghafalnya, kalian fokus saja pada garis kedua yang berada pada sisi kiri. Ini akan membantu kalian untuk mengenali huruf g/k dengan huruf selanjutnya yang akan kita pelajari nanti dibawah ini.

Penting untuk kalian perhatikan huruf g/k ada dua cara penulisan hurufnya. Pertama bisa berbentuk seperti diatas (ㄱ). Namun seringkali kita juga menjumpai huruf g/k berubah menjadi seperti ini (기). Perhatikan huruf pertama sebelum huruf I (ㅣ) dalam bahasa Korea. Huruf g/k berubah menjadi seperti setengah segitiga sama kaki. Ada dua garis yang membentuk semacam sudut 90 derajat, Penulisan ini tentunya tidak menjadi masalah, asal kalian mengingat rules yang telah Molzania ajarkan untuk mengingat huruf g/k diatas. Fokus ke garis kedua saja. Jika ada dua buah garis dimana garis kedua berada pada kiri, (membentuk sudut 90 derajat ke posisi sebelah kiri) maka huruf itu dinamakan huruf g/k.

Variasi Huruf g/k (ㄱ) dalam Bahasa Korea
Sekarang perhatikan kata berikut; 거마워 yang dalam bahasa Korea berarti terima kasih dalam kata informal (bukan bahasa baku). Dapatkah kalian membaca suku kata pertama dan suku kata ketiga? Jika bisa tulis jawaban kalian di kolom komentar. Sampai disini apakah kalian mengalami kesulitan dalam mengenal huruf g/k? Jika ya, mohon dibaca lagi penjabaran Molzania diatas dengan lebih pelan-pelan. Jika tidak, mari kita lanjut ke huruf berikutnya.

Selanjutnya, Molzania akan mengenalkan kalian dengan huruf n ( ㄴ). Perhatikan baik-baik tulisan hurufnya. Sesungguhnya huruf n (ㄴ) dalam Bahasa Korea merupakan kebalikan dari huruf g/k (ㄱ). Jika huruf g/k (ㄱ) terdapat dua garis; garis pertama menghadap ke atas, dan garis kedua berada pada sebelah kiri. Maka huruf n  (ㄴ) dalam bahasa korea berada pada posisi sebaliknya; garis pertama menghadap ke bawah dan garis kedua berada pada sebelah kanan. Ingat kuncinya ialah mengingat letak garis kedua. Huruf n (ㄴ) dalam bahasa Korea garis kedua berada pada posisi kanan. N huruf N garis kedua berada pada posisi kaNaN.

Huruf n ( ㄴ) dalam Bahasa Korea
Variasi penulisan huruf dalam bahasa Korea hanya terdapat pada huruf g/k (ㄱ). Untuk huruf n  (ㄴ) dan seterusnya tak ada variasi. Jadi kalian hanya fokus pada penulisan hurufnya saja. Sekarang perhatikan kata berikut ini; 저는 yang dalam bahasa Koreanya berarti saya. Dapatkah kalian membaca suku kata kedua pada kata tersebut? Pertanyaan selanjutnya, perhatikan suku kata pertama pada suku kata pertama dari kata yang sama? Huruf apakah itu? Hal selanjutnya huruf tersebut yang akan kita pelajari.

Huruf (ㅈ) tersebut dinamakan huruf j. Perhatikan bentuk garisnya; garis pertama berada di atas, garis kedua dan ketiga membentuk semacam sudut atas garis segitiga sama kaki. Itu dinamakan huruf j (ㅈ). Untuk mengingatnya perhatikan garis pertama yang bentuknya lurus sempurna tanpa ada tambahan apapun. Maka itu dinamakan huruf j (ㅈ). Perhatikan tulisan huruf j (ㅈ) secara jelas pada gambar di bawah ini. 

Huruf j (ㅈ) dalam Bahasa Korea
Perhatikan lagi kata berikut ini; 저는 yang berarti saya dalam bahasa Korea. Dapatkah kalian membaca secara sempurna kata diatas? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya. Jika sudah sampai disini maka kalian telah mampu menghafal tiga huruf konsonan bahasa Korea. Mudah bukan? Jangan sungkan untuk bertanya apapun tentang kesulitan kalian pada Molzania. Ajukan pertanyaan kalian pada kolom komentar dibawah postingan artikel ini.

Huruf keempat yang kalian pelajari hari ini ialah huruf ch (ㅊ). Bentuk huruf ch (ㅊ) hampir mirip seperti huruf j (ㅈ) diatas. Hanya saja jika kalian lebih jeli, pada huruf ch di tengah-tengah garis pertama ada benjolan kecil yang merupakan kepanjangan dari dua garis yang berada di bawahnya. Untuk lebih jelas lagi, perhatikan gambar dibawah ini ya.

Huruf ch (ㅊ) dalam Bahasa Korea
That's why untuk membedakan antara huruf j (ㅈ) dan huruf ch (ㅊ), Molzania menyuruh kalian untuk berfokus pada bagian tengah. Dikarenakan hal ini merupakan yang paling esensial untuk mengingat perbedaan huruf  j (ㅈ) dan huruf ch (ㅊ). Seringkali tulisan korea mengecoh kita untuk bisa membedakan kedua huruf tersebut. Biasanya hal ini disebabkan karena tulisan korea yang hurufnya kecil-kecil sehingga sulit membacanya. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan kejelian mata dalam membedakan huruf  j (ㅈ) dan huruf ch (ㅊ). Intinya jangan pernah melupakan RULES!

Sekarang perhatikan kata berikut ini; 진청색 yang dalam bahasa Korea berarti biru tua. Dapatkah kalian membedakan huruf  j (ㅈ) dan huruf ch (ㅊ) pada kata diatas. Jika masih belum paham, ulangi membaca apa yang Molzania sudah ulas untuk kalian diatas. Jika sudah maka mari kita lanjutkan pelajaran hari ini. Kata berikutnya ialah huruf k yang mirip dengan huruf g/k dalam bahasa Korea sehingga bisa diartikan huruf k lagi-lagi merupakan variasi dari huruf g/k. Ini sengaja Molzania bahas pada bagian terakhir, untuk mengantisipasi apakah kalian masih mengingat RULES huruf g/k pada postingan hari ini. Perhatikan tulisan variasi huruf k pada gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas dapat disimpulkan kalau huruf k (ㅋ) sama seperti huruf g/k (ㄱ). Hanya saja pada huruf k (ㅋ) terdapat tambahan garis di tengah-tengah. Hal ini akan memudahkan kita untuk menghafal huruf k (ㅋ) mengingat pelafalannya hampir mirip atau bahkan sama persis dengan huruf g/k (ㅋ) itu sendiri. Ini menurut anggapan pribadi Molzania saja untuk memudahkan dalam menghafal bahasa Korea.

Huruf k (ㅋ) dalam Bahasa Korea

Perhatikan kata berikut ini 캐리 yang artinya dalam bahasa Indonesia "membawa". Dapatkah kalian menebak suku kata pertama dari kata tersebut? Jika sudah faham hingga disini apakah ada kesulitan? Ataukah kalian dapat cara kalian sendiri dalam menghafal huruf-huruf korea dengan mudah? Kalau iya, bagikan pengalaman dan tips-tips untuk menghafal huruf-huruf korea secara mudah dan cepat. Molzania akan sangat mengapresiasinya.

Cukup sekian pelajaran cara mudah menghafal huruf hangul bahasa korea. Pada pertemuan selanjutnya, Molzania akan kenalkan cara mudah huruf-huruf konsonan lain. Terima kasih untuk sobat setia bubblelatte yang udah membaca artikel ini. Mudah-mudahan kedepannya bisa lancar ya belajar bahasa Koreanya. Tetap tungguin artikel tutorial bahasa Korea hanya di Molzania.com ya. ^_^
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...