Thursday, April 13, 2017

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 4

Posted by with No comments
Annyeong chingudeul, apa kabar? Sudah dua minggu Molzania nggak tulis materi tentang pelajaran bahasa korea kita. Semoga kalian nggak lupa dengan pelajaran kita kemarin. Sembari mengingat-ingat, mari kita flashback sejenak. Pada part pertama, kita sudah mengenal huruf vokal korea dengan garis tunggal. Part selanjutnya kita masuk pelajaran yang lebih berat, yaitu huruf korea dengan dua garis. Terakhir kita mempelajari huruf vokal korea yang merupakan gabungan dari huruf korea pertama dan kedua. Jika kalian sobat baru Bubblelatte, ada baiknya kalian mengecek pelajaran-pelajaran sebelumnya, karena kalian nggak mungkin bisa faham tanpa mempelajari bahasan-bahasan Molzania hari ini. 

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 4
Pada pertemuan keempat, Molzania mau mengenalkan kalian kepada huruf vokal Korea tahap berikutnya. Tapi sebelum memulai, kalian harus benar-benar faham pelajaran-pelajaran kita sebelumnya ya. Karena hal ini akan saling berhubungan. Intinya disini Molzania akan mengajari kalian metode menghapal huruf hangul bahasa Korea dengan metode mapping. Tentunya ini merupakan metode yang Molzania buat untuk diri sendiri. Jika masih ada yang belum faham, silahkan bertanya di kolom komen.

Hari ini Molzania mau mengajarkan kalian tentang huruf AE dan E. Perhatikan baik-baik tulisannya ya. Huruf AE dan E dalam bahasa Korea agak mirip. Pertama kalian akan mengenal terlebih dahulu huruf AE. Kuncinya huruf AE itu gabungan dari huruf A (ㅏ) dan huruf I (ㅣ), sehingga jika ditulis maka huruf ini menyerupai sebuah tangga kecil (ㅐ). Cara mengingatnya jika kalian susah, ingat saja huruf awalnya itu AE = AI. I-nya diganti dengan huruf E. Ingat pelajaran pertama kita, Huruf A dalam bahasa korea garisnya menghadap ke sebelah kanan (ㅏ). Dan huruf I dalam bahasa inggris merupakan pelafalan (cara membaca) huruf E. A ei, B bi, C si, D di, E i.

Huruf AE (애)
Perhatikan contoh tulisan berikut ini 남덩생 yang dalam bahasa Korea artinya ialah adik laki-laki. Dapatkan kalian menemukan huruf AE dalam bahasa Korea? Mudah-mudahan kalian sudah faham ya dengan huruf AE itu sendiri. Bahasan nerikutnya kita akan mempelajari huruf E dalam bahasa Korea yang sebenarnya merupakan kebalikan dari huruf AE itu sendiri. Perhatikan tulisan E dalam bahasa Korea berikut ini (에). Kalian pasti sudah bisa menduga maksud Molzania. Yap tepat sekali huruf E dalam bahasa Korea merupakan gabungan dari huruf O (어) dan huruf I (이). OI = E. Kalau huruf AE garis pertama menghadap ke sebelah kanan. Maka huruf E garis pertama menghadap ke sebelah kiri.

Masih bingung? Baik, Molzania sarankan agar kalian tidak susah memahaminya yang perlu kalian lakukan ialah menganggap kedua tulisan baik huruf AE (ㅐ) dan huruf E (ㅔ) itu sama dengan huruf E. Mengapa demikian? Karena cara membacanya pun mirip. Kalau bisa Molzania bilang mereka berdua sama persis. Maka untuk apa dibikin ribet, ya ndak? Jika nggak percaya boleh tes melalui voice lewat google translate. Perhatikan cara membaca kedua huruf AE (ㅐ) dan huruf E (ㅔ). Hampir sama persis bukan?

Huruf E (ㅔ)
Jika sudah begitu. maka langkah selanjutnya kalian tinggal mengingat jika ada dua huruf A (ㅏ)dan O (ㅓ) yang bersanding dengan huruf I (ㅣ), maka mereka berdua dibaca dengan huruf E. Jika kalian sudah mampu mengingat hal tersebut di otak, maka kalian akan lebih mudah mengenal perbedaan huruf-huruf dalam bahasa Korea. Tahap selanjutnya tinggal mengenal cara pelafalan baik dan benar kedua huruf AE  (ㅐ) dan huruf E (ㅔ). Sekarang Molzania akan memberi kata berikut;  엘리트 yang dalam bahasa Korea artinya elit, dapatkah kalian menemukan huruf E?

Sampai disini harusnya kalian sudah faham dong ya mengenai huruf AE  (ㅐ) dan huruf E (ㅔ) dalam bahasa Korea. Tahap selanjutnya Molzania akan mengenalkan kalian pada huruf korea lanjutan sama persis dengan pelajaran kedua kita. Yaitu huruf AE dan E dengan dua garis pada kata pertama. Hurufnya pun juga mengandung unsur Y. Kita mulai dari huruf YAE dalam bahasa Korea. Ada yang sudah ngeh huruf YAE itu merupakan gabungan dari huruf apa saja? Perhatikan huruf AE (ㅐ) diatas. Jika huruf AE garisnya hanya ada satu, maka huruf YAE terdiri dari dua garis (ㅒ). Masih ingatkan ya dengan huruf YA pada pelajaran kedua kita tempo hari? :D

Huruf YAE (얘)
Jadi sobat, huruf YAE (얘) merupakan gabungan antara huruf YA (야) dan huruf I (이). Ingat I merupakan pelafalan dalam bahasa Inggris untuk huruf E. I = E = YAI = YAE. Molzania berharap kalian bisa faham maksud Molzania ya? Tugas berikutnya termasuk spesial, coba berikan Molzania contoh kata dalam bahasa Korea yang mengandung huruf YAE (얘). Silahkan kalian tulis di kolom komen dibawah postingan ini ya.. ^_^

Kalau kalian sudah mengerti sampai disini, maka berikutnya Molzania akan membawa kalian untuk mengenal huruf YE dalam bahasa Korea. Intinya sama seperti huruf E (에), hanya saja huruf YE mengandung dua garis pada huruf pertama. Jadi tulisan huruf YE itu seperti ini (예). Kalau kalian perhatikan huruf YE (예) terdiri atas dua huruf; pertama huruf YO (여) dan juga huruf I (이).

Huruf YE (예)
Perhatikan kata berikut; 예숭 yang dalam bahasa Koreanya berarti "voice of art". Apakah kalian bisa memberitahukan dimana huruf YE pada kata tersebut? Sama seperti huruf AE  (ㅐ) dan huruf E (ㅔ) yang sama-sama dibaca E. Maka baik huruf YAE (얘) dan huruf YE (예) sepintas pun mirip dengan pelafalan kata YE dalam bahasa Indonesia. Jadi kalian akan lebih mudah mengingat cara membaca huruf YAE (얘) dan huruf YE (예).

Berikutnya kita akan mempelajari huruf-huruf Korea WAE dan WE. Perhatikan lagi pelajaran ketiga kita kemarin. Huruf W itu merupakan gabungan huruf O memanjang (secara vertikal/tegak lurus, maksudnya) (ㅗ) dan juga huruf U ( ㅜ). Jadi bila kalian melihat dua garis yang terpisah yang dimulai dengan huruf O memanjang secara vertikal (ㅗ) dan huruf U (ㅜ), maka ingatlah dengan huruf W. WA = huruf O (오) + huruf A (아), WO = huruf U (우) + huruf O menyamping (secara horisonta, maksudnya) (어), huruf WI = huruf U (우) + huruf I (이) dan sebagainya. Silahkan cek pada pelajaran ketiga kita melalui link pada paragraf pertama diatas.

Huruf WAE (왜)
Dengan menggunakan rumus diatas, maka untuk menghafal huruf WAE kalian hanya perlu mengingat bahwa huruf tersebut merupakan gabungan dari huruf WA (와) dan huruf I (이). Sehingga jika ditulis huruf WAE akan menjadi seperti berikut (왜). Sekarang perhatikan kata berikut 왜요 yang dalam bahasa korea berarti mengapa, dapatkan kamu menunjuki Molzania huruf WAE dalam bahasa korea pada penggalan kata tersebut? Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya.

Sampai disini kalian sudah belajar menghafal sedikitnya 20 lebih huruf dalam bahasa Korea. Tidak terasa ya hari ini kita sudah memasuki tahap terakhir dalam menghafal huruf-huruf vokalnya dalam bahasa korea. Eitss, ada yang kelupaan, untuk huruf terakhir yang mau Molzania perkenalkan kepada kalian itu ialah huruf WE. Huruf WE dalam bahasa Korea merupakan gabungan dari huruf U (우) dan huruf E (에), Sehingga penulisan huruf WE dalam bahasa Korea menjadi seperti ini (웨). Ingat kalau garis pertamanya menghadap ke atas (ㅗ) maka dibaca WAE, jika sebaliknya menghadap ke bawah garisnya (ㅜ) maka dibaca menjadi huruf WE.

Huruf WE (웨)
Baik kedua huruf WAE (왜) dan huruf WE (웨) sama-sama dibaca menyerupai bacaan atau pelafalan kata WE dalam bahasa Indonesia. Jadi tidak sulit untuk mengingatnya bukan ? Molzania harap begitu ya. Dengan memahami artikel ini, maka kalian akan mampu mengingat huruf-huruf Korea dengan baik. Bahkan sampai seumur hidup kalian. Dijamin. Karena Molzania membuatnya menjadi mudah untuk dihafal. Metode ini Molzania namakan dengan metode mapping atau pemetaan. Sudah Molzania praktekkan untuk diri sendiri. Maka kalian juga bisa mempraktekannya juga. 

Perhatikan kata berikut 스웨터 dalam bahasa Korea artinya pakaian hangat. Bisakah kalian menemukan huruf WE? Kalau bisa, selamat kalian sudah melalui tahap akhir dalam mengenal huruf-huruf vokal dalam bahasa korea. Chukkaehamnida... Congratulation ya! Pada pelajaran berikutnya, kita akan memulai bahasan baru. Apa itu? Yaitu mengenal huruf-huruf konsonan. Siapa yang sudah tidak sabar? Ditunggu saja ya artikelnya hanya di laman blog Molzania.com. ^_^
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...