Saturday, March 25, 2017

Tips Menghindari Wasir / Ambeien Kambuh Secara Alami

Posted by with 14 comments
Dulu pas kuliah, Molzania sering banget mengalami yang namanya ambeien. Sampai sekarang juga masih. Kalau sudah terkena ambeien, bawaannya pengen tiduran aja biar nggak sakit. Ambeien itu usus yang keluar dari area belakang kita biasanya sehabis buang air besar (BAB). Ambeien Molzania tuh harus diobati dengan obat, kalau nggak lama sembuhnya. Obat yang paling ampuh untuk Molzania sendiri namanya Lanaven. Sekali minum biasanya ambeien langsung sembuh. 

Tips Menghindari Wasir/Ambeien Kambuh Secara Alami
Pernah dikasih dokter obat yang lain, tapi ternyata nggak mempan. Pernah pula dikasih obat salep, itupun juga nggak mempan. Walaupun kata dokter sih obat salepnya itu manjur. Tapi Molzania nggak ngerasain efek apapun setelah meminumnya. Makanya Molzania suka stok banyak Lanaven di rumah, agar saat terserang ambeien atau wasir tinggal dimakan saja.

Kalau awal-awal dulu sih, ambeiennya gak berdarah. Tapi makin bertambahnya usia, ternyata itu ambeien mengeluarkan darah. Jangan ditanya rasa sakitnya. Duhh... ampun dj. Nggak mungkin juga kan terus-menerus mengonsumsi obat kimia dari dokter? Biasanya Molzania terkena ambeien karena melanggar pantangan berikut ini, diantaranya kebanyakan makan cabe atau kurang minum air putih. Itu fatal banget untuk Molzania. Salah sedikit, saat BAB kesulitan. Dan akhirnya ambeien pun kambuh, Berikut tips menghindari wasir/ambeien secara alami:

Konsumsi Buah untuk Hindari Wasir
Image Credited by Veggie Hour

1. Perbanyak Makan Buah dan Hindari Makanan yang Mengandung Cabe

Makan cabe itu nggak apa-apa sih bagi Molzania. Pernah makan semangkuk kecil cabe ijo, nggak ada pengaruh ke ambeien tuh. Asal diimbangi dengan makan buah sepiring penuh. Buah-buahan yang banyak seratnya ya seperti kates atau pepaya, sirsak, mangga dan juga pisang. Pepayanya pilih yang masih mengkal atau muda, jangan yang sudah terlalu lembek karena itu kurang enak. Intinya bisa makan buah apa saja, yang penting porsinya banyak. Untuk mengimbangi porsi asupan cabe yang Molzania makan semangkuk penuh itu lho.. wkwk.

Supaya nggak bosan, Molzania suka memvariasikannya menjadi rujak buah. Tinggal buat saus kacangnya yang kentel, tanpa cabe, ya udah langsung hap. Biarin dah gendut karena saus kacang. Asal ambeiennya nggak kambuh. Kalau dibikin jus juga nggak masalah, asal seratnya jangan dibuang. Untuk variasinya saja sih, biar nggak bosan mengonsumsi buah.

Batasi Minum Teh dan Kopi Kental
Image Credited by Shutter Stock
2. Minum Air Putih dan Hindari Mengonsumsi Teh dan Kopi Kental

Kalau Molzania kurang minum air putih, biasanya bikin BAB jadi kesulitan. Dan setelahnya Molzania pasti nyesel banget jarang minum air putih. Makanya Molzania selalu menyiapkan air botolan 1500 ml di atas meja dekat komputer, biar kalau lagi depan komputer lalu haus bisa langsung minum. Kalau lagi asyik ngeblog biasanya suka lupa waktu kan? Apalagi lagi nulis buat event lomba misalnya. Nah biar nggak kelupaan, sediain tuh air putih botolan yang kalau habis bisa direfill. Soalnya air putih ini penting banget untuk kesehatan saluran pencernaan. Terutama untuk tea and coffee lovers seperti Molzania. 

By the way, ngomongin soal kopi dan teh, sekarang Molzania lebih suka kopi dan teh encer. Satu sachet kopi itu Molzania bikin untuk segelas besar. Soalnya teh dan kopi yang terlalu kental, suka bikin BABmu keras. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi teh dan kopi kental kalau nggak mau ambeien kamu kumat. 

Susu Rendah Lemak Hindari Wasir
Image Credited by FitDay
3. Minum Susu Rendah Lemak

Psstt! Percaya nggak percaya, minum susu rendah lemak bisa membantumu BAB dengan lebih lancar. Ini tips Molzania dapatkan dari mama. Kalau lagi sulit BAB, mama biasanya mengonsumsi susu rendah lemak. Merknya itu Calci Skim. Entah ada kandungan apa didalamnya, tapi setelah mengonsumsi segelas susu merk ini, perut jadi terasa mulas. Dan efek yang terjadi berikutnya, kita lebih smooth saat BAB. Ini bukan promosi ya, tapi memang betul-betul pengalaman kami berdua. -_-

Tapi kalian bisa mengonsumsi susu rendah lemak merk apapun. Molzania sih belum pernah nyobain merk lain. Susu rendah lemaknya yang rasa plain. Jadi betul-betul murni susu tanpa tambahan rasa apapun. Dibandingkan susu coklat merk yang sama misalnya, ternyata susu bubuk rasa plain lebih manjur. Cobain deh... ^_^

Jalan Kaki Minimal 30 Menit Sehari Bantu Atasi Wasir
Image Credited by Isabel Smith Nutrition
4. Perbanyak Olahraga Jalan Kaki Minimal 30 Menit Sehari

Tips terakhir ialah olahraga ringan jalan kaki minimal 30 menit sehari. Jalan kaki membuat badan kita berdiri tegak. Itu bisa memperlancar saluran pencernaan kita. Diakibatkan pula adanya gaya gravitasi bumi yang mampu menarik kuat apa yang ada di dalam perut kita. Istilah awamnya gitu sih. Haha... Nggak tau bahasa kesehatannya gimana. Silahkan sobat googling sendiri.

Yang jelas sih, setiap kali Molzania banyak gerak, maka BAB juga akan menjadi lebih mudah. Daripada ketika Molzania banyak duduk atau jarang berolahraga, yaa pasti hal ini juga akan membuat sulit dalam hal BAB. Oke, selamat mencoba ya sobat bubblelatte.. ^_^ 

14 comments :

  1. Saya gak terlalu suka buah. Diganti sayur, bisa kali, ya?

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah aku gak ambeyen, ma kasih tipsnya

    ReplyDelete
  3. makasih mak tipsnya. Nggak enak banget sumpah kalo udah kambuh

    ReplyDelete
  4. iya bener semua sarannya.. aku kan punya wasir juga, dan ngelakuin ke 3 saran itu bener bisa ngurangi penderitaan saat wasir... tambah satu: jangan pake heels

    ReplyDelete
  5. Katanya, kalau ambeian memang sakit ya mba. DUh jauh2 deh

    ReplyDelete
  6. Duh ini aku banget, tipsnya oke. Tapi aku paling ngga bisa menghindari cabe huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Molzania juga. Tapi paling nggak dibatesin aja. Jgn kebanyakan. Inget yg dibawah kasian. Hehehe

      Delete
  7. Terima kasih tipsnya Mbak Molzania. Ini cocok dipraktekan buatku, dan teman satu kostku yang mempunyai masalah yang sama.

    ReplyDelete
  8. @Yelli: Alhamdulillah. Silahkan dishare ke teman2nya yaa.. ^^

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...