Saturday, March 11, 2017

Sinusitis Sphenoidalis Dextra

Posted by with 4 comments
Beberapa waktu lalu, Molzania melakukan pemeriksaan THT di rumah sakit. Hasilnya ialah Molzania terkena penyakit sinusitis. Jenisnya ialah sinusitis sphenoidalis dextra. Apakah yang dimaksud dengan sinusitis jenis ini? Ternyata belum banyak yang membahasnya di Google. Kebanyakan artikel tentang sinusitis, hanya yang bertipe besar atau maximalry. Berlatar dari informasi itu, makanya Molzania ingin mengulasnya di blog.

Macam-macam Rongga Sinus pada Tubuh Manusia
Source by Obat Batuk Kronis
Pada setiap manusia terdapat dua jenis sinus di sekitar hidung kita, yaitu frontalis sinus dan sphenoidalis sinus. Masing-masing jumlahnya ada sepasang sinus. Nah, sinusitis sphenoidalis dextra itu sendiri merupakan sinus yang terletak di daerah pipi kanan. Sinus ini merupakan rongga tulang yang berada di kanan, kiri, dan atas rongga hidung, yang berfungsi untuk membantu pernafasan dalam hal suhu dan kelembabannya.

Pada saat sinus ini mengalami peradangan dapat dipicu oleh infeksi ataupun alergi. Sehingga menyebabkan produksi lendir yang berlebih serta bila peradangan sangat berat, dapat menyebabkan sumbatan pada saluran penghubung antara sinus dengan rongga hidung, sehingga lendir terblokir dan menyebabkan peradangan semakin hebat. Efeknya adalah bau yang tidak sedap yang bisa kita rasakan sendiri.

Sakit Sinusitis
Source by Penyakit Sinusitis
Konsultasi dan penanganan oleh dokter spesialis THT mungkin kita perlukan untuk membantu mengurangi radang, dan keluhan penyerta lainnya. Dokter akan memastikan radang ini dengan melakukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen ataupun dengan CT Scan. Pengobatan dan penatalaksanaan tergantung dengan hasil pemeriksaan yang didapatkan.

Pada sinusitis yang berat, mungkin diperlukan tindakan bedah untuk membantu mengurangi peradangan dan komplikasinya. Berikut ini kiat untuk menyembuhkan sinusitis:
  1. Hindari faktor pemicu alergi yang memperberat sinusitis
  2. Istirahat yang cukup
  3. Pada perokok, sebaiknya berhenti merokok
  4. Hindari makanan yang meningkatkan keluhan sinusitis, seperti dingin, makanan yang mengandung alergen terhadap alergi yang dimiliki
  5. Pertimbangan penanganan dengan rehabilitasi medis mungkin dapat dilakukan pada kasus yang ringam sampai sedang.
Informasi diatas Molzania dapatkan dari hasil konsulitasi dengan dokter lewat situs Alodokter. Hanya saja penyampaiannya sengaja diubah sedikit untuk menyesuaikan dengan konten blog ini. Semoga bisa membantu teman-teman mengenai pengertian sinusitis sphenoidalis dextra. ^_^ 

4 comments :

  1. Terima kasih infonya mbak. Jadi tahu apa itu sinusitis.

    ReplyDelete
  2. Makasih sharing Mbak. Alergi bisa memperparah sinus ya...

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...