Monday, March 20, 2017

Jangan Pernah Pakai Adsense Ini untuk Blog Kalian

Posted by with 14 comments
Selama beberapa tahun, Molzania malang-melintang di dunia peradsenan. Beberapa kali ads yang Molzania pasang di blog menghilang. Entah karena apa Molzania juga kurang paham. Sempat gonta-ganti ads yang cocok untuk blog. Pernah pula punya pengalaman yang nggak enak dengan konten ads yang ternyata ada konten "dewasa"nya. Nah kali ini Molzania mau membahas adsense jenis ini.

Pilah Pilih Adsense Blog
Source by Digital Chew
Untuk kalian para blogger di luar sana, khususnya perempuan, terkadang risih ya kalau tiba-tiba ketemu adsense bergenre dalam tanda kutip. Maka dari itu, Molzania sarankan untuk jangan pernah menjadi publisher perusahaan adsense di bawah ini kalau nggak mau sesuatu yang aneh-aneh tiba-tiba muncul di blog kalian. Berikut list adsensenya yang Molzania rangkum berdasarkan pengalaman Molzania:


Contoh Ads dan Pengaturannya pada Adnow
1. Adnow 

Ads yang dimunculkan pada perusahaan adnow cenderung berbentuk seperti kolom berita. Jadi terdiri atas gambar dan text singkat yang bersusun rapi ke bawah. Bisa juga sih ke samping disesuaikan dengan ukuran ads yang kalian inginkan. Pertamanya Molzania tidak menaruh curiga apa-apa dengan ads dari perusahaan ini. Di pengaturan pun ada checklist untuk menghindari gambar yang mengumbar syahwat seperti yang tertera pada iklan diatas. Dan ads jenis ini pun looks familiar. Molzania sering melihat ads dengan tipe seperti ini saat blogwalking. Dan Molzania juga baru tahu kalau hal ini pun termasuk ads.

Namun sayangnya, ketika Molzania mencoba memasang ads ini di blog. Cukup sulit sih memasangnya, ada dua step yang harus kita lalui agar ads ini bisa live di blog. Dan tadaa! gambar ads yang ada di blog Molzania berubah menjadi aneh dan menjijikkan. Padahal Molzania udah checklist di menu pengaturannya agar ads yang dimunculkan tidak mengundang kontroversi. But, It didn't work at all. Nothing. Setelahnya Molzania langsung putuskan say goodbye sama ads dari perusahaan ini.

Penampakan Iklan Dating di Blog Molzania.com
2. UberCPM 

Nah untuk jenis ads yang kedua ini, lumayan panjang nih sobat. Awalnya sama sekali nggak ada masalah dengan ads dari UberCPM. Beberapa kali iklan Google Adsense pun nongol di blog ini lewat ads dari UberCPM. Kebanyakan iklan yang live di blog ini bernama Social Stream. Mirip-mirip sama ads dari Chitikalah. 

Namun sayangnya, setelah ads dibiarkan beberapa hari muncul ads yang sama sekali tidak Molzania inginkan tersebut. Langsung Molzania cabut kodenya. Molzania pun melayangkan email via customer supportnya untuk menghapus iklan tersebut. Bagi yang nanya Molzania bertanyanya dalam bahasa apa, ya tentu saja dalam bahasa Inggris. Setelah berdebat beberapa kali, csnya bilang kalau mereka tidak bisa memblokir iklan yang bersangkutan. Molzania sempat hopeless dan berniat untuk keluar dari ads ini.

Sebelum Molzania pamitan dari UberCPM, tiba-tiba csnya mengatakan kalau mereka bisa merekomendasikan blog ini ke sister company mereka. Namanya Advertise World, disitu Molzania bisa memblok iklan yang tidak diinginkan dengan mudah. Mereka punya fitur blokirnya. Ya, Molzania tentu senang dong. Sempat antusias juga, but the ads worked. Gak ada lagi tuh iklan you know who nangkring di blog ini.

Terkejut dengan Ads Blog
Source by Pinterest
Ceki-ceki ada yang mengatakan kalau perusahaan ini SCAM. Walah! Tapi setelah baca-baca lagi di forum-forum adsense berbahasa Inggris, Advertise World tidak SCAM. Memang ada keluhan dari beberapa publisher kalau pembayaran mereka mengalami keterlambatan. Namun ternyata itu hanya kesalahpahaman. Setelah komplain dengan csnya, payment mereka pun cair. Untuk memastikan tunggu payment Molzania saja. Untuk bisa cair kan Advertise World nominalnya $25, jadi kita tunggu saja pemirsahh.

Menjadi blogger professional memang harus menghindari ads dengan tipe seperti ini. Tidak hanya pemiliknya yang risih, namun juga visitornya. Akibatnya daily visitor bisa menurun. Blog juga tidak enak dipandang. Semoga artikel Molzania bisa membantu ya sobat bubblelatte dalam mengelola blognya. Nantikan artikel-artikel menarik lainnya seputar dunia blogging di blog ini. Selamat membaca! Have a nice monday.. 

14 comments :

  1. wow, saya baru tahu, blogku belum pake GA sih, nice infoh ya dik

    ReplyDelete
  2. baru nih buat saya. tfs ya.

    saya masih ragu mau pasang ads di blog.

    nyoba GA juga belum gol. padahal dulu pas masih blogspot sudah diapprove.

    ReplyDelete
  3. baru nih buat saya. tfs ya.

    saya masih ragu mau pasang ads di blog.

    nyoba GA juga belum gol. padahal dulu pas masih blogspot sudah diapprove.

    ReplyDelete
  4. baru nih buat saya. tfs ya.

    saya masih ragu mau pasang ads di blog.

    nyoba GA juga belum gol. padahal dulu pas masih blogspot sudah diapprove.

    ReplyDelete
  5. wah thanks ya, emang sih berbahaya memasang ad per cpm kayak gitu. thanks ya

    ReplyDelete
  6. @all: wew, udh banyak aja komennya. Sama2. Senang bisa membantu ^_^

    ReplyDelete
  7. Belum pernah masang adsense sih mbak, masih ragu juga hehe. Tapi iklan2 kyk gtu sangat disayangkan emang ya...

    ReplyDelete
  8. aku kalau ngelihat iklan yang agak-agak gitu jadi geli mbak. Bawaannya pengen close tap. Makasih ya mbak sharingnya. Jadi bisa milih-milih ads deh, walau belum pernah nyoba makai. ;)

    ReplyDelete
  9. Awalnya saya tergiur dengan cerita orang untuk pakai adsense ini, tapi setelah mempelajarinya, ternyata bikin blog semak jadinya, buat orang malas berkunjung karena banyak iklannya. Terima kasih infonya, silahkan mampir ke rumahku mbak, www.yellsaints.com

    ReplyDelete
  10. Klo pake geniee oomph gimana? Saya baru pakai ads tersebut dan pengen sharing dg org yg menggunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah dengar ads tersebut. untuk memastikannya coba search di google dengan keyword geniee oomph scam. Jika memang scam akan ada penjelasan kok disana.

      Delete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...