Friday, March 31, 2017

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 3

Posted by with No comments
Kemarin kita sudah mempelajari huruf-huruf vokal dalam Bahasa Korea yang tunggal. Tunggal itu dalam artian dia cuma satu garis. Total huruf hangul yang sudah kalian kuasai ialah 10 huruf. Nah sekarang saatnya kalian siap mempelajari gabungan huruf tunggal dalam Bahasa Korea. Gabungan antara dua huruf tunggal akan membentuk suatu kata baru. Penasaran bukan mari kita simak bahasannya di bawah ini.

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 3
Image by Galena

Buat kalian yang baru pertama kali membaca artikel ini. Kalian harus benar-benar menguasai materi pertama dan kedua kita minggu kemarin. Kalau tidak kalian akan merasa kesulitan menghafal materi gabungan di bawah ini. Silahkan baca kembali materi Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea dengan mudah part 1 dan part 2.  

Molzania anggap kalian sudah menguasai materi pertama dan kedua diatas. Selanjutnya kalian akan Molzania ajak berkenalan dengan huruf WA (와). Jangan anggap sulit dahulu. Sangat mudah sebenarnya untuk menghafal huruf yang satu ini. Perhatikan baik-baik bentuk garis yang tercipta pada huruf WA (와). Ada dua jenis huruf tertera disana. Pertama ialah huruf O memanjang atau bersusun secara vertikal (ㅗ) dan juga huruf A (ㅏ). 

Gabungan huruf O (ㅗ) dan huruf A (ㅏ) menjadi OA (와)
Sampai disini kamu pasti sudah menyadari maksud Molzania? Jika belum coba gabungkan kedua huruf diatas. OA (와) dibaca menjadi WA (와). Dalam bahasa Indonesia, coba kalian baca secara cepat kata OA. Maka kalian akan menghasilkan suara OWA. Jadi pertemuan antara huruf O memanjang atau bersusun secara vertikal (ㅗ) dan juga huruf A (ㅏ) akan menghasilkan suara WA. Sekarang coba perhatikan kata berikut 관습 (adat) dapatkah kalian menemukan huruf WA (와) disana?

Mari kita praktekkan. Perhatikan kata berikut ini; 회계원 yang berarti akuntan. Dapatkah kalian menemukan huruf WO (워). Ya, benar huruf WO ada pada suku kata terakhir pada 회계원 yaitu 원. Yang perlu diingat, dalam menuliskan huruf WO (워), antara huruf U (ㅜ) dan huruf O menyamping (ㅓ), usahakan tidak disejajarkan. Nanti malah kesulitan membacanya. Apalagi tulisan suku kata dalam Bahasa Korea biasanya kan banyak dan kecil-kecil. Maksimal per suku katanya itu empat huruf. Kalian harus pandai-pandai mengaturnya. Nanti pada pelajaran mendatang, akan Molzania jelaskan cara menyusun hurufnya ya.

Gabungan huruf U (ㅜ) dan huruf O (ㅓ) menjadi huruf WO (워)
Masih dengan kata 회계원 yang artinya akuntan. Perhatikan suku kata pertama, dapatkah kalian menjabarkan ada huruf vokal apa saja disana. Abaikan huruf yang ini ya (ㅎ). Fokus ke huruf vokal terlebih dahulu. Kalau kalian jeli maka kalian akan mendapati huruf O memanjang (ㅗ) dan huruf I (ㅣ) yang jika digabung dalam huruf alphabet maka tercipta bacaan OI. Dalam bahasa Korea. huruf OI (외) ini dinamakan huruf OE. 

Huruf selanjutnya yang akan Molzania perkenalkan ialah huruf WO. Ada yang tahu kira-kira gabungan dari huruf vokal tunggal yang mana saja? Perhatikan tulisan huruf WO dalam bahasa Korea berikut ini (워). Huruf WO (워) dalam bahasa Korea terdiri dari huruf U (ㅜ) dan huruf O menyamping (ㅓ). Coba kalian membaca secara cepat kata UO. Maka kalian akan mendapati kata UO menjadi kata UWO. Sampai disini kalian sudah faham dua huruf vokal gabungan dalam bahasa Korea.
Gabungan huruf O (ㅗ) dan huruf I (ㅣ) menjadi huruf OE (외)
Tips menghafalnya ialah dengan cara mengingat kalau dalam Bahasa Inggris, suara "I" itu biasa diucapkan untuk lafal huruf abjad E. ABCDE, ei bi si di i. Maka huruf OI (외) berubah menjadi huruf OE dalam bahasa hangul. Cara membaca huruf ini (menurut Molzania) sama seperti membaca huruf WE atau O kadang juga dibaca E saja. Untuk memastikan bentuk lafalnya, coba cek di channel Youtube saja ya. Molzania disini fokus agar kalian bisa menghafal tulisan huruf hangul dengan mudah.

Berikutnya ialah huruf WI (위).. Huruf WI (위) merupakan gabungan dari huruf U (ㅜ) dan huruf I (ㅣ). Sampai disini maka kalian pasti sudah memahami cara mengingat huruf WI (위) dengan mudah. Ya, baca saja secara cepat huruf U (ㅜ) dan huruf I (ㅣ). Keduanya akan menghasilkan kata WI (위). Mudah bukan?

Gabungan huruf U (ㅜ) dan huruf I (ㅣ) menjadi huruf WI (위)
Huruf WI (위) itu merupakan kebalikan dari huruf OE (외). Perhatikan baik-baik kata berikut ini; 관위 yang berarti wibawa. Dapatkah kalian menemukan huruf WI? Jika ya, selain huruf WI huruf apalagi yang kalian temukan? Perhatikan baik-baik suku kata pertama ya, jangan sampai hilang fokus. Kalian pasti bisa mengingat huruf hangul dengan mudah,

Pelajaran terakhir untuk kesempatan hari ini ialah huruf UI (의). Cara mengingat huruf ini sangatlah mudah. Baca lagi materi pertama dan kedua kita. Huruf UI (의) terdiri dari huruf EU (ㅡ) dan huruf I (ㅣ). Menurut Molzania huruf ini merupakan kembaran dari huruf WI. Karena cara membacanya pun hampir mirip. Biar kalian tak gagal paham, Molzania sarankan kalian untuk mengingat huruf UI (의) dari suku katanya saja EUI, maka bacaannya menjadi UI.

Gabungan huruf EU (ㅡ) dan huruf I (ㅣ) menjadi huruf UI (의)
Perhatikan kata berikut ini 의성군 yang artinya merujuk pada nama salah satu kabupaten di Korea. Dapatkah kalian menemukan huruf UI ? Yap, tepat sekali. Huruf UI ada pada suku kata pertama dari 의성군. Kalau dibaca susunan suku kata 의성군 ini menjadi uisong-gun. Uisong-gun merupakan kabupaten di provinsi Gyeongsang di Korea Selatan. 

Demikianlah pelajaran kita hari ini. Sampai ketemu minggu depan chingudeul. Tetap pantau situs molzania.com setiap hari, karena materi ini akan diposting secara random. Suka-suka Molzania kapan mau postingnya. Jika kalian ingin cepat materi berikutnya diposting, jangan lupa share dan komen artikel ini. Agar Molzania semangat menulisnya. ^_^ 
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...