Friday, March 24, 2017

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 2

Posted by with No comments
Annyeong chingudeul! Setelah kemarin Molzania mengepost artikel tentang Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 1 yang ternyata responnya cukup membahagiakan. Terbukti dalam waktu sehari, laman blog molzania.com kebanjiran sobat-sobat bubblelate yang penasaran dengan isi artikelnya. Mari sekarang kita bahas huruf-huruf bahasa korea selanjutnya yuk.

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah
Kali ini masih akan belajar tentang huruf-huruf vokal. Setelah kemarin kita belajar menghafal secara mudah huruf Huruf A (아), Huruf O menyamping (어), Huruf O kebawah (오), Huruf U (우), dan Huruf I (이). Maka yang kita akan pelajari sekarang ialah yang mirip dengan huruf-huruf diatas. Tapi bedanya garisnya ada dua. Yuk mari kita praktekkan huruf-huruf bahasa koreanya.

Sebelum itu mari kita mengenal huruf dengan garis mendatar satu ini. Karena kemarin kita baru sampai Huruf I (이), maka nggak afdhol kalau kita belum membahas huruf yang agak sulit diucapkan satu ini. Perkenalkan huruf mendatar Huruf EU (으). Lafalnya mirip dengan ucapan E dan U yang digabung dan dibaca cepat (menurut Molzania sih), tapi ada sedikit tambahan e di depannya. Coba cek di youtube cara membaca Huruf EU (으), karena sulit menggambarkannya lewat tulisan, tanpa mempraktekannya langsung.

Huruf EU (으)
Cara menghafal mudah huruf EU (으) untuk saat ini tidak ada. Tapi kedepannya setelah kita mempelajari huruf W dalam bahasa Korea, kita akan menemukan metodenya. Jadi untuk saat ini kita mau tak mau mengingat-ingat huruf yang berlawanan dengan Huruf I (이) dulu saja, ya? Sekarang saatnya praktek, dapatkah kamu menemukan huruf EU (으) pada kata 나는 (Saya) ? Ada berapa huruf vokal yang terdapat pada kata tersebut ?

Sekarang kita akan benar-benar berkenalan dengan huruf Y dalam bahasa Korea. Intinya sama saja kok sama huruf-huruf yang kita pelajari kemarin, tapi huruf Y garisnya ada dua. Dan ini membedakannya dari huruf vokal single kemarin. Silahkan cek pelajaran kita sebelumnya bila kamu lupa. Ini penting banget, karena dasar hurufnya masih sama seperti kemarin. Penasaran? Mari kita mempelajari huruf pertama, yaitu huruf YA (야).


Huruf YA (야)
Sekilas huruf YA (야) dalam bahasa Korea mirip dengan huruf A (아). Hanya saja garisnya ada dua. Jadi kalau kamu melihat huruf yang mirip dengan huruf A tapi dengan dua garis, maka hurufnya disebut dengan Huruf YA. Garisnya sama menghadap ke kanan. Untuk membedakannya kalian harus jeli dalam melihatnya. Biasanya tulisan korea itu ditulisnya kecil-kecil. Molzania saja masih suka salah dalam membedakannya. Tapi intinya sih ingat jumlah garisnya, satu ataukah dua. 

Selanjutnya ialah huruf YO (여), sama seperti huruf O kemarin, huruf YO juga ada dua; pertama menyamping (여) dan kedua huruf YO kebawah (요). Jadi untuk basicnya, kamu benar-benar harus memahami pelajaran pertama kita kemarin. Kedua-duanya terdiri dari dua garis, maka dinamakan huruf YO. Sekarang perhatikan kalimat berikut; 어디서 오셨어요 ? (Darimana kamu berasal?). Dapatkah kalian memberitahu Molzania ada berapa huruf YO menyamping dan huruf YO kebawah?

Macam-macam Huruf YO (여, 요) dalam Bahasa Korea

Terakhir, kita akan belajar huruf YU. Dapatkah sobat menebak ciri-ciri huruf YU dalam bahasa korea? Buka lagi pelajaran sebelumnya ya kalau belum bisa menebaknya. Yap benar sekali ciri-ciri huruf YU ialah dua garis menghadap ke bawah. Sama seperti Huruf U (우), huruf YU juga menghadap ke bawah, tapi dengan dua garis (유). Bentuknya mirip orang-orangan kalau kata Molzania sih. Rada lucu dan imut gitu. 

Sekarang mari kita praktekkan bacaan huruf YU (유). Perhatikan tulisan berikut ini, 유고슬랍아 (Yugoslavia). Dapatkah kalian menemukan huruf YU pada kata tersebut? Sangat mudah bukan menemukannya? Kini kalian sudah mampu menghafal kurang lebih 10 huruf dalam bahasa Korea. Yeey, Chukkaehamnida. Selamat! Selamat! Alhamdulillah.. 
Huruf YU (유)
Sampai disini ada yang kurang dipahami? Silahkan tanyakan di kolom komentar postingan berikut ini. Selanjutnya tungguin postingan Molzania berikutnya tentang cara menghafal huruf hangul bahasa korea dengan mudah. Pada pelajaran berikutnya akan Molzania jelaskan mengenai huruf-huruf Korea lanjutan. Ditunggu saja ya, semoga postingan ini bermanfaat. Terima kasih atas perhatiannya! ^_^

Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...