Tuesday, March 21, 2017

Cara Menghafal Huruf Hangul Bahasa Korea Dengan Mudah Part 1

Posted by with No comments
Annyeonghaseyo Chingudeul, kali ini Molzania mau membagikan tips pengalaman pribadi Molzania dalam menghapal huruf-huruf Korea. Pertamanya memang sulit karena harus menyesuaikan dengan huruf latin. Namun beberapa kali mencoba, ternyata huruf hangul atau huruf korea tidak sulit untuk dihapal. Mungkin beberapa diantara kalian bisa mempraktekkan bacaan huruf-huruf korea setelah membaca. 

Menghapal Bahasa Korea dengan Mudah
Source by My Seoul Searching
Mari kita praktekkan beberapa diantaranya. Bahasa Koreanya akan ditulis per part ya... karena menurut Molzania huruf Korea itu banyak, tapi Molzania disini akan membahasnya agar gampang diingat. Tujuannya setelah membaca artikel ini, maka kamu akan bisa mengingatnya dengan mudah untuk selama-lamanya. Oke, langsung saja yuk kita praktekkan.

Dimulai dari Huruf A ( 아 ). Perhatikan huruf A, disana terdiri atas dua bentuk. Pertama berbentuk bulat ( ㅇ ), disebut sebagai "i-eung". Disini fungsi huruf "i-eung" tersebut ialah sebagai pembaca. Untuk tahap awal, sobat boleh mengabaikan huruf ini. Anggap saja huruf tersebut tidak ada. Nah kamu tinggal fokus ke bentuk selanjutnya, yaitu huruf A (ㅏ). Ingat setiap ada garis yang menghadap ke arah kanan, itu namanya huruf A. Cara membacanya seperti membaca huruf A abjad biasa. 

Gambar Huruf A ( 아 )
Sampai disini sudah sedikit faham bukan? Setelah memahami huruf A, maka kamu akan bisa membedakan mana huruf A dalam tulisan hangul. Mari kita baca tulisan berikut ini, 위사 yang artinya "dokter". Di bagian mana kamu melihat huruf A? Coba cek lagi tulisan diatas. Kalau kamu menjawab huruf A berada disamping bentuk ㅅ maka jawabanmu tepat.

Berikutnya kita akan mempelajari Huruf O ( 어 ). Huruf O merupakan kebalikan dari huruf "A" diatas. Terdiri dari garis yang menghadap ke arah kiri. Huruf 어 dibaca dengan "O" dalam abjad biasa. Sekarang tugasmu ialah membedakan ke arah mana garis tersebut berpihak. Kalau garis menghadap ke arah kanan, maka hurufnya dibaca A. Sebaliknya jika garis menghadap ke sebelah kiri, maka bacaannya "O"

Huruf O  ( 어 )
Sekarang mari kita praktekkan. Kalau kalian memerhatikan, tulisan berikut ini sangat-sangat populer lho dan sering dipopulerkan ke dalam drama-drama korea. Ialah 거마워 artinya terimakasih. Coba perhatikan ada berapa tulisan dengan huruf O dan A disana? Tuliskan di komen jawaban kalian dan silahkan selidiki apakah jawaban kalian tepat dengan membaca lagi artikel ini dari atas ya..

Sampai disini harusnya kalian sudah bisa membedakan antara dua huruf hangul. Ialah huruf "O" dan huruf "A". Berikutnya mari kita membaca huruf "A" yang terbalik. Bedanya huruf A yang terbalik itu dibaca dengan huruf U (우), Ingat A dibalik sama dengan U. UUUUUU... itu ada dibawah (loser). Itu cara Molzania mengingat untuk pertama kali bacaan huruf U. 

Huruf U (우)
Perhatikan kata-kata 위사 dimanakah huruf U tersebut berada? Yap tepat huruf U ada pada kata pertama 위. Jadi hampir bisa dipastikan kalau kata pertama dibaca U. Bagaimana dengan bentuk garis panjang disebelah huruf U tadi? Huruf yang paling langsing tersebut dibacanya mirip sama huruf abjad "I". Kalian dapat tambahan baru lagi nih huruf-huruf bahasa Koreanya, Pertama huruf A ( 아 ), kedua huruf O (어), ketiga huruf U (우) yang baru saja kita pelajari. Maka selanjutnya ialah huruf I (이). Sampai disini kalian sudah bisa membaca bentuk pertama dari kata 위 bukan? Yap, bacaannya UI atau bisa juga dibaca dengan kata WI.

Huruf I ( 이 )
Biar gak bingung abaikan dulu ya kata-kata WI-nya? Karena untuk itu akan dibahas pada part-part selanjutnya. Jadi buat yang penasaran, tungguin aja ya artikel dari Molzania di blog ini. Selanjutnya kalian pasti penasaran dengan huruf U yang menghadap ke atas? ADA! Namanya huruf "O". Ya, huruf "O" di Korea ada dua. Ada yang bentuknya memanjang, ada pula yang menyamping. Tulisan huruf "O" itu ( 오 ). Kalau diperhatikan antara tulisan huruf O yang memanjang  오 dan O yang menyamping 어 hampir-hampir mirip. Apalagi kalau kalian membacanya dengan menelengkan kepala ke sebelah kanan. Maka sampai disini kalian gak kesulitan lagi jika mengingat kalau ada huruf (오) yang perlu kalian lakukan hanyalah memutarnya ke atas, maka kalian akan mengingat huruf "O" karena garisnya menghadap ke kiri. 

Huruf "O" ( 오 ) 
Terakhir, mari kita praktekkan. Perhatikan tulisan 오빠 yang artinya panggilan akrab untuk kakak laki-laki. Dimanakah huruf "O" diatas berada ? Yap, tepat sekali. Huruf "O" diatas berada pada huruf pertama 오. Oke? Sampai disini pada paham dong ya? Hari ini kita belajar lima huruf dulu. Kelima huruf ini ialah dasar kalian untuk mempelajari huruf korea selanjutnya. Jadi perhatikan baik-baik ya? Jangan lupa kalian juga praktekkan cara membaca huruf hangul-nya. Agar semakin mahir dalam belajar huruf-huruf bahasa Korea. Kalau kalian suka dengan apa yang Molzania sampaikan, yuk bagikan artikel ini ke teman-temanmu. Jangan lupa tinggalkan komen ya kalau merasa artikel ini bermanfaat. Atau jika masih merasa kesulitan menghapal kelima huruf diatas, mari tanyakan di komentar. Sampai ketemu di part selanjutnya! Ppalli... ^_^
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...