Saturday, February 4, 2017

Teknik Digital Marketing yang Anti Mainstream Bagi Pemula

Posted by
Bisnis online di masa ini sangat menguntungkan. Hari gini siapa sih yang masih tidak akrab dengan internet ? Bahkan di pelosok desa, orang-orang sudah gemar berinternet ria. Dunia digital pun menjadi sasaran empuk bagi para pebisnis. Khususnya pebisnis yang mempunyai modal sedikit. Mengapa begitu? Jawabannya karena dunia maya mudah digunakan, tidak butuh banyak usaha, dan bila dimaksimalkan keuntungannya pun tidaklah sedikit.

Bisnis Online Itu Menyenangkan
Credit by John Cow
Teknik digital marketing memang bermacam-macam. Tak jarang seorang pebisnis pemula kebingungan dalam menentukan strateginya. Mereka pun akhirnya sering ikut-ikutan trend mode sesaat. Memang perlu untuk mencontoh kesuksesan orang lain. Namun ada baiknya kita mengembangkan sendiri teknik digital marketing yang sesuai dengan lamanya bisnis yang kita tekuni.

Misalnya nih jika kalian masih pemula dalam mengembangkan bisnis, kita bisa memulainya dari mempromosikan ke teman-teman via sosmed. Sepertinya cara ini sudah umum dilakukan oleh orang-orang. Namun, cara spread by mouth ini memang benar-benar efektif. Paling tidak teman-temanmu di sosmed tahu kalau kamu sedang memulai bisnis. Tak jarang mereka juga membantu kamu mempromosikan bisnis. Dan peluangmu menjadikan mereka pelanggan pertama kamu lebih besar.

Setelah rajin mempromosikan bisnis kamu via sosmed, cara selanjutnya kamu bisa memulai dengan membuka fanpage. Cari orang sebanyak-banyaknya untuk melike fanpagenya kamu. Memakai ads boleh-boleh saja. Tetapi karena kamu baru memulai bisnis, jadi omsetmu masih belum terlalu besar. Maka kamu bisa membuat situs atau blog kamu sendiri. Pelajari cara mengoptimalkan SEO agar blog bisnis kamu itu bisa dicari pelanggan kamu dengan mudah.

Setelah setidaknya kamu memiliki 100 lebih likers di fanpage, kamu bisa memulai bisnis via e-commerce. Ada banyak e-commerce yang bisa kamu jadikan mitra bisnis. Molzania sih dulu waktu awal-awal berbisnis Susu Kambing Ettawa Double L berusaha mencari tahu mana-mana e-commerce yang menjanjikan keuntungan dan target pasar yang luas. Pilihan Molzania jatuh di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Blanja. Selain itu Molzania tak banyak berharap sih yaa. Soalnya market terbesar penjualan online bisnis Susu Kambing Ettawa Double L ada di keempat merchant tersebut.

Ragam E-Commerce di Indonesia yang Bisa Kita Manfaatkan
Credit by : Franchise Global
Pelajari benar-benar ketentuan dan persyaratan sebelum bergabung di e-commerce. Alasannya karena setiap e-commerce memiliki ketentuan dan persyaratan yang berbeda-beda. Misalnya Lazada memiliki kebijakan deposit sebesar Rp. 500.000 yang didapat dari hasil penjualan pertama kita di e-commerce tersebut. Sedangkan kalau Tokopedia dan Bukalapak tidak menerapkan persyaratan apapun. Hanya saja karena dibebaskan, maka persaingan pun bertambah. Kita harus pandai-pandai mengatur strategi harga agar bisa memenangkan persaingan.

Ada lagi e-commerce yang menerapkan komisi sekian persen dari penjualan. Ini juga harus diperhitungkan. Bila perlu tambahkan komisi tersebut pada harga produk kita. Perhatikan pula ongkirnya. Tak jarang e-commerce membebankan ongkir pada seller, sementara mereka mengklaim ongkir pada e-commerce mereka free alias gratis. Molzania pernah kelabakan dalam masalah ini. Maka terpaksalah menaikkan harga untuk menutup biayanya hanya pada salah satu merchant tersebut.

Setelah bergabung dengan e-commerce, ikuti komunitas yang ada disana. Misalnya di Tokopedia ada yang namanya Top Community. Biasanya dibentuk per daerah. Ini penting untuk menambah koneksi. Siapa tahu ada anggota komunitasnya juga yang tertarik dengan produkmu. Mereka bisa jadi pelangganmu deh.

Facebook dan Instagram Ads
Credit adMixt

Setelah kamu berhasil melampaui Break Event Point dan menghasilkan keuntungan, gak ada salahnya kamu menggunakan digital marketing yang berbayar. Caranya bisa dimulai dengan mempromosikan produkmu lewat jasa advertising. Misalnya Facebook Ads atau Instagram Ads. Kenapa Molzania merekomendasikan ini? Karena tarifnya bisa disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Contohnya saja Facebook Ads, kita bisa melakukan pemasangan ads dengan nominal minimal 1$ (Rp. 13.300) saja.

Atau kalian bisa menggunakan jasa social media marketing. Dengan menggunakan jasa mereka, maka kalian akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Apalagi buat kalian yang menjadi single fighter dalam menjalani bisnis online. Percaya deh kesibukan membuat kita tak bisa meluangkan waktu untuk bisnis kita. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan berdampak buruk bagi bisnis yang sedang kita jalani.

Dengan mempergunakan jasa tersebut, akan mempermudah kita untuk tak lagi pusing berulangkali memposting produk. Selain itu fanpage kita akan ada yang administrator menangani. Nah administrator inilah yang bertanggungjawab dalam pencarian likers dan memposting info-info yang berguna bagi perkembangan bisnis. Mereka juga akan menghandel promosi online produk kita di sosial media. Kegiatan berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan serta merespon saran dan kritik menjadi jauh lebih cepat dan mudah. Jadi sembari mereka bekerja, kita tinggal memantau perkembangan bisnis dari jauh.

Jasa Social Media untuk Networking
Credit by Sticky Web Media
Bahkan tak hanya itu beberapa diantara mereka juga menyediakan jasa layanan SEO dan postingan artikel. Untuk kamu yang super sibuk dan tidak sempat mengisi konten situs, bisa menggunakan jasa mereka ini. FYI, komunikasi itu merupakan kekuatan utama dalam dunia marketing. Di era internet saat ini, maka kata-kata jadi aset utama dalam berbisnis online. Membuat postingan blog yang jadi viral mampu membuat orang-orang tertarik dengan bisnis kita.

Pastikan kalian tak salah pilih layanan. Gunakan jasa sosial marketing yang berintegritas dan terpercaya. Pelajari terlebih dahulu portofolio perusahaan sebelum menandatangani kontrak. Semakin baik portofolio, maka perusahaan tersebut layak untuk dipilih. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan hudget yang kita miliki.

Logo Abah Digital Marketing
Credit by Abah.co.id

Salah satu perusahaan Jasa Social Marketing Jakarta berpengalaman yang bisa kalian lirik ialah ABAH Digital Marketing. Didirikan pada tahun 2014, ABAH Digital Marketing menawarkan semua yang kamu perlukan dalam Digital Marketing dengan harga yang terjangkau. Sudah cukup banyak perusahaan besar yang ditangani ABAH Digital Marketng. Sebut saja Traveloka, Sekolah Islam Fitrah Al Fikri, dan Sahabat Qualita. Jadi tunggu apalagi? Banyak keuntungan yang kita dapatkan dari jasa social marketing. Mari segera upgrade Digital Marketing kalian untuk performa bisnis yang mumpuni.

*artikel ini diikutserrakan dalam ABAH Blog Writing Competition 2017*

Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...