Thursday, February 9, 2017

Software PC Minimal Wajib Dimiliki Vlogger Pemula

Posted by
Pekerjaan seorang vlogger sedang trend alias booming di Indonesia saat ini. Vlogger ialah istilah untuk menggambarkan seseorang yang membuat video. Pekerjaan ini menjadi booming semenjak adanya situs jejaring video online Youtube. Kemudian istilah vlogger seringpula disebut sebagai Youtuber.

It's Time to be The Next Vlogger
Credit by New Media Rockstars

Sebenarnya mudah sekali menjadi seorang vlogger. Apalagi saat ini vlogger didukung oleh teknologi internet yang membuat banyak orang dapat menonton video dalam satu waktu. Ditambah situs jejaring Youtube juga menyediakan sarana dimana seseorang dapat memonetisasi videonya. Jadi tak heran jika banyak vlogger yang menjadi kaya mendadak karena video yang dibuatnya.

Buat sobat bubblelatte yang berencana untuk beralih profesi menjadi seorang vlogger tentunya harus mempersiapkan berbagai hal sebelum benar-benar mewujudkannya. Salah satunya ialah dengan menyediakan software pc atau aplikasi komputer yang berguna bagi seorang vlogger. Disamping laptop dan kamera tentunya. Selain kemampuan atau skill mengolah video, Seorang vlogger yang terkenal harus memiliki sarana dan prasarana yang baik. 

Berikut beberapa aplikasi komputer atau software PC terbaru yang wajib dimiliki seorang vlogger pemula:
Tampilan Bendicam
Credit by Bendicam
  • Bendicam - Aplikasi Perekam Game, Video, Presentasi dan Screen Komputer
Aplikasi Bendicam merupakan aplikasi perekam layar komputer atau laptop dan suara microphone terbaik saat ini. Versi trialnya bisa kamu gunakan untuk merekam video tidak lebih dari 10 menit. Untuk itu kamu bisa mencoba versi yang berbayar atau versi cracknya untuk bisa merekam aktivitas kamu di layar secara bebas. Tanpa terbatas oleh waktu. Akan tetapi versi crack membuat aplikasi ini sering error, sehingga kamu harus terus menerus menginstall ulang untuk menggunakannya. Sementara itu sebagai alternatif aplikasi perekam layar lain kamu bisa mencoba Mirilis Action, IceCream Screen Recorder, Cam Studio, Jing, Hypercam, dll.

Adobe Ptemiere vs Final Cut Pro
Credit by Youtube
  • Adobe Premiere CC / Final Cut Pro X - Aplikasi Penyunting Video
Setelah kamu mendapatkan rekaman videonya, sekarang saatnya masuk ke proses lanjutan yaitu tahap editing. Aplikasi terbaik yang bisa kamu coba ialah Adobe Premiere CC atau Final Cut Pro (FCP). Ini adalah aplikasi terbanyak yang digunakan para vlogger diluaran sana. Aplikasi ini mencoba untuk menyatukan video-video yang kita buat dan menambahkan aksesori video yang dibutuhkan, misalnya backsound, efek, title dan sebagainya. Akan tetapi aplikasi ini tergolong rumit untuk pemula. Namun kamu bisa belajar secara otodidak lewat online. Asalkan kamu mau dan tekun belajar, maka kamu pasti bisa.

Tampilan Adobe Media Encoder
Credit by VideoHelp

  • Adobe Media Encoder - Aplikasi Pemrosesan Video Final Menjadi Siap Diupload (Rendering) 
Setelah video kamu diedit di Adobe Premiere Pro, langkah selanjutnya ialah menyatukan semua editan dan video kamu menjadi saru kesatuan. Proses ini dinamakan rendering. Melalui Adobe Media Encoder, kamu hanya perlu melakukan dua langkah untuk rendering. Pertama masukkan video kamu, kedua pilih resolusi yang ingin kamu buat sesuai dengan tujuan video kamu. Misalnya kamu ingin memguploadnya ke Youtube, maka pilih resolusi yang khusus untuk Youtube. Walaupun mudah, proses ini memakan waktu yang sangat lama. Kadang bisa berjam-jam. Apabila proses ini telah selesai dilewati, maka kamu bisa langsung menguploadnya ke Youtube.
   
Itulah aplikasi komputer yang wajib dimiliki seorang vlogger. Tentunya setelah kamu mengolah video menggunakan keempat aplikasi diatas, kamu bisa membuat tampilan video yang lebih baik. Kamu pun siap untuk menguploadnya ke Youtube dan akhirnya menjadi seorang vlogger. Selamat mencoba ya... ^_^
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...