Wednesday, February 8, 2017

Sistem Penulisan Hiragana Dalam Bahasa Jepang

Posted by
Beberapa bulan ini, Molzania sedang keranjingan mengikuti kelas-kelas dengan pembelajaran sistem online. Diantaranya program tajwid antariksa. Nah tahun 2017 ini Molzania coba join kelas bahasa Jepang dan Korea secara online. Nanti deh Molzania beritahu apa nama kelasnya. Pastinya sih kelas yang Molzania ikutin itu ada yang berbayar, ada pula yang gratis. Tentunya yang berbayar Molzania memilih yang sesuai dengan isi kantong ya. Jadi gak bisa dibilang boros juga.

Belajar Bahasa Jepang
Credit by Youtube
Nah, kali ini Molzania mau membagikan ilmu yang sudah didapat dari kursus bahasa online. Khususnya bahasa Jepang. Sebagaimana yang kita tahu, sistem bahasa di negara Jepang itu terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Kanji, Katakana, dan Hiragana. Sebelum kita memulai memasuki hal yang lain, maka Molzania mulai dari bahasa termudah dulu ya. Namanya Hiragana.

Kenapa Hiragana menurut Molzania termudah? Karena huruf-hurufnya itu tetap. Mirip-mirip huruf alphabet dan hijaiyah. Berbeda dengan kanji, dimana berbentuk sebagai perlambangan. Huruf kanji itu menyesuaikan dengan simbol-simbol tertentu. Nah, hiragana itu hurufnya satu-satu, sesuai dengan konsonan. Bukan langsung melambangkan simbol seperti huruf kanji. Akan tetapi Hiragana terdiri dari susunan kosa kata dalam Bahasa Jepang.

Macam-Macam Huruf Hiragana
Credit by Riki Rukmana
Sejarah Hiragana itu berawal dari Man'yogana. Mulai dipopulerkan sejak awal abad kelima. Biasanya dipakai untuk menulis kata-kata yang berasal dari Jepang asli dan dipakai untuk menggantikan kata-kata dari tulisan kanji. Psstt.. Hiragana awalnya hanya dipakai oleh para wanita lho. Jadi Hiragana itu bisa dibilang hurufnya para cewek. Mungkin dikarenakan sistem penulisannya yang mudah, dan tidak serumit huruf kanji. Namun sejak setelah perang dunia, kaum lelaki pun ikut-ikutan menggunakannya. 

Huruf-huruf Jepang itu tidak bisa berdiri sendiri kecuali huruf "n" Berarti huruf konsonan harus berpasangan dengan huruf vokal. Berikut ini huruf-huruf konsonan dalam Bahasa Jepang: yaitu huruf k, s, t, n, h, m, y, r, w, g, z, d, b dan p. Fungsi-fungsi huruf Hiragana antara lain :
  • Menulis kata-kata yang penulisan kanjinya tidak diketahui, terlalu rumit atau sudah terlalu lama tidak digunakan
  • Menulis bahan bacaan untuk anak
  • Menulis furagana atau cara baca kanji yang biasanya terletak di bagian atas huruf kanji
Belajar Bahasa Jepang Otodidak
Credit by Study in Singapore Guide
Nah, seperti itulah sistem penulisan hiragana dalam bahasa Jepang. Mudah-mudahan bermanfaat ya. Arigatou Gozaimashu untuk Dimas-san sensei atas ilmunya. Nanti kapan-kapan, Molzania bakal share lagi ilmu yang Molzania dapat dari kelas bahasa Jepang online. 
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...