Tuesday, February 21, 2017

Sejarah Pendirian Blog Bubblelatte

Posted by
Memiliki website pribadi milik sendiri ialah impian setiap blogger. Tak terkecuali Molzania sendiri. Sebenarnya sih ini impian masa kecil Molzania. Dari awal mengenal dunia internet, tepatnya waktu kelas 3 SD, Molzania sudah memiliki niat untuk memiliki website pribadi. Perlahan demi perlahan, Molzania berusaha untuk mewujudkan hal tersebut.

Impian Molzania Masa Kecil Memiliki Website Sendiri
Credit by Strukturkode
Pernah sewaktu SD, coba-coba bikin blogspot sendiri. Namun tentunya tidak semudah itu menjalankannya. Pada masa-masa itu, biaya internetan masih terlampau mahal. Untuk ukuran anak SD, yang uang jajannya hanya dua ribu rupiah per hari, tentunya sesuatu hal yang mustahil untuk memilikinya. 

Masa-masa itu Molzania hanya mengandalkan waktu libur untuk bisa pergi ke warnet. Itupun hanya dijatahi sebulan sekali. Seringnya malah dua-tiga bulan sekali. Biaya internetan di warnet juga terbilang tidaklah sedikit. Keluarga Molzania tergolong keluarga yang sederhana. Internet termasuk barang yang mewah untuk kami. Alhasil, Molzania hanya bisa mengupdate blog sekedarnya saja. Malah terkadang harus buat blog baru, karena lupa password,

Menjelang SMP, Molzania diberikan kewenangan untuk mengatur uang jajan sendiri. Saat ini, uang jajan tak lagi diberikan harian, melainkan sudah bulanan. Jumlahnya jauh lebih banyak dari yang harian. Maka dari itu, Molzania bisa menyempatkan diri untuk internet sekali-dua kali seminggu. Kebetulan di lingkungan sekolah, disediakan warnet dengan harga murah meriah untuk pelajar. Namun, pada masa-masa SMP itu, Molzania ngeblogging masih pakai nama email, password dan sub domain blogspot yang alay. Jadi masih suka buat banyak blog karena lupa password.

Saat SMA kelas 10, Molzania mulai serius memikirkan website impian ini. Dimulai dari pemilihan nama pena tetap yang nantinya akan menjadi nama domain. Dilanjutkan dengan membuat dan mendesain blog sendiri. Platform pertama yang Molzania gunakan ialah Opera Blog. Namun karena masih bingung dalam menentukan nama pena, alhasil sub domainnya masih menggunakan nama asli. Tak banyak konten blog yang Molzania update saat itu, karena masih dalam tahap coba-coba.

Tanggal Lahir Molzania.com
Naik ke kelas dua, Molzania akhirnya sudah menemukan nama pena yang tetap. Ialah nama Molzania itu sendiri. Mulailah kisah awal-awal pendirian situs pribadi Bubblelatte. September 2009, situs pribadi Bubblelatte dengan platform blogspot hadir. Bubblelatte itu nama situsnya, tapi pemiliknya sendiri bernama pena Molzania.

Awal-awal mendirikan blog, Molzania masih fokus sama desain blognya. Waktu itu belum terlalu mahir. Itu juga masih lebih sering gak online karena sibuk sekolah. Alhamdulillahnya, di tempat nenek sudah ada fasilitas wifi. So, kalau ke tempat nenek baru bisa otak atik blog secara bebas. Tampilan blognya belom sekece sekarang sih. Masih fiturnya biasa banget. Bahkan Molzania malah menyebutnya alay banget. Soalnya rada gak jelas gitu, hehee.

Postingan pertama di blog ini Molzania buat pada satu tahun setelahnya. Tepatnya pada bulan Agustus 2010. Tulisan pertama Molzania itu masih alay banget. Maklumlah, waktu itu masih baru tamat SMU. Jadi belum terlalu profesional dalam mengelola blog sendiri. Tulisannya masih tersimpan rapi di arsip blog ini kok. hehee

Seiring bertambahnya waktu, Molzania makin sering meluangkan waktu untuk menulis blog. Apalagi Molzania juga sering ikut forum dan lomba menulis online. Awal-awal 2011 gitu memang gudangnya lomba-lomba menulis. Pokoknya banyak banget event-event lomba yang Molzania ikutin. Menang ataupun kalah, tulisannya selalu Molzania share di blog ini.

Tepat tanggal 17 Maret 2014, Molzania mulai serius mengembangkan blog. Mulai dari membeli domain sendiri bernama Molzania.com. Terus dilanjutkan dengan tahapan mendesain blog dan belajar optimasi SEO sedikit demi sedikit. Terakhir bergabung dengan Google Adsense. Walau tidak terlalu berjalan dengan baik, beberapa hari setelah bergabung, Adsense Molzania dibanned karena invalid click. Molzania benar-benar sedih hingga tidak semangat lagi untuk ngeblog. Akhirnya blog ini sempat terbengkalai, dengan hanya beberapa postingan yang sempat Molzania tulis.

Cari Penghasilan Lewat Adsense
Credit by One More Cup of Coffee
Tahun 2017 ini, Molzania semangat lagi ngeblog. Molzania ikhtiar nulis satu artikel per hari walau sulit. Tapi sepertinya satu artikel per hari juga tidak terlalu efektif. Soalnya Molzania merasa terbebani dan kurang tidur juga. Jadi seminggu lima artikel cukup kali ya. Sabtu-Minggu, Molzania bisa istirahat.

Waktu lagi semangat-semangatnya ngeblog, ada saja yang membuat Molzania down lagi. Akun adsense via Chitika blog ini kembali diblok tanpa pemberitahuan lanjutan, Kali ini, Molzania merasa benar-benar digantungin tanpa pernah tahu kesalahan Molzania itu apa. Tapi mungkin karena blog ini pernah diblok sama kakaknya Chitika, jadi si abang Chitika ikut-ikutan meninggalkan Molzania.

Tapi gak papalah, toh masih banyak perusahaan adsense yang bertebaran di luar sana. Mudah-mudahan gak ada lagi istilah blok-blokan. Cukup sudah anak-anaknya si mbah meninggalkan Molzania. Dan semoga blog ini bisa eksis terus sampai selama-lamanya. Doakan Molzania sehat dan banyak rezeki supaya bisa update blog ini ya, sobat. ^_^

Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...