Wednesday, January 25, 2017

Pengalaman dan Kisi-Kisi Ujian Chartered Accountant (CA) Manajemen Stratejik

Posted by with No comments
Holaa Amigos semuanya? Apa kabarnya nih? Sesuai janji Molzania kemaren, hari ini Molzania akan menceritakan pengalaman mengenai ujian Chartered Accountant yang baru saja dilakukan kemarin. Tahun 2017 ini ujian Chartered Accountant tahap pertama diselenggarakan pada tanggal 17-20 Januari 2017. Ujian kali ini Molzania hanya mengikuti satu mata kuliah yaitu Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan. Ujiannya diadakan pada hari kedua yaitu tanggal 18 Januari 2017 jam 13.00-16.30 WIB.

Suasana Ujian CA Jurusan PPAK FE Unsri (cr: Dok. Pribadi)
Kenapa milih Mejik? Atau kenapa cuma milih satu mata kuliah? Alasannya disesuaikan dengan kemampuan otak Molzania. Nggak gitu juga deh sebenernya, jadi gini kan pertengahan tahun kemarin Molzania masih disibukkan dengan tugas-tugas kuliah PPAk yang lumayan ribet. Maklum masih masuk semester kedua. Ujian CA tahap keempat bulan Oktober saja gak ikutan. Takut ga bisa fokus. Belum lagi kerjaan kantor yang gak bisa ditinggalin. Yah, jadinya cuma bisa jalan satu mata kuliah aja.

Alasan selanjutnya, modul Mejik itu adalah yang tertipis dari semua modul CA yang ada. Berharapnya Molzania akan mudah dalam menghafal modul itu. Total setelah dihitung kira-kira hanya berjumlah 52 halaman. Dipikir bisalah one day one page, ya nggak? Paling susahnya itu ketika hafalan sudah banyak. Berarti nambah waktu lagi buat menghafalnya.

Modul Mejik yang Sudah Lecek. wkwk..
Sebelum masuk ke ujiannya, mari kita flashback dulu ke belakang. FYI, berdasarkan pengalaman Molzania ujian CA yang pertama pertengahan tahun lalu. Ternyata ujian CA itu lumayan bikin tegang. Maksudnya soal-soal yang diberikan itu tidak semua ada di modul. Nah, untuk berjaga-jaga, maka Molzania untuk ujian Mejik (singkatan dari Manajemen Stratejik) ini pun membeli sejumlah buku yang direkomendasikan oleh dosen. Kali-kali aza masuk gituu ...

Salah satu buku yang direkomendasikan oleh dosen Molzania itu Manajemen Stratejik yang ditulis oleh Fred R. Henry. Buku ini termasuk buku yang berbahasa Inggris. Jadi kudu ubek-ubek google buat cari terjemahannya. Dan ketemulah buku itu di Tokopedia. Harganya gak nyampe 100 ribu per buah, sudah termasuk ongkir. Total Molzania beli dua buku, karena ternyata buku Mejik punya Fred. R. Henry ini ada dua jenis, pertama buku konsep, kedua buku kasus. Lumayanlah buat pengetahuan tentang studi kasus Mejik ya, kan?

Suplemen Manajemen Stratejik Ujian CA
Seminggu kemudian, bukunya datang. Untuk ukuran kw, yah termasuk cukup bagus. Harga asli bukunya bisa mencapai ratusan ribu. Tebal boo', jadi Molzania milih yang kualitas kw aja alias isinya fotokopian semua. Molzania memilih toko bukunya berdasarkan rating dan ulasan pembeli lain. Soalnya banyak yang jual di Tokopedia itu untuk buku kw seperti ini banyak yang buram halamannya. Alhamdulillah, kualitas buku yang Molzania beli itu mencapai 95%. Jadi termasuk bagus untuk ukuran buku kw. 

Menghafal one day one page benar-benar membutuhkan komitmen dan ketekunan tinggi. Tapi karena udah niat, pengen lulus CA Alhamdulillah Molzania berhasil menyelesaikan hafalannya. Satu buku full Mejik Molzania hafal di luar kepala. Terus suplemen Mejik terutama buku Konsep juga berhasil dibaca utuh. Kalau disuruh menghafal 500 halaman lebih itu ogahlah mana sanggup menghafalnya. Jadi cukuplah dibaca-baca dan difahami maksudnya saja.

Karena seringnya dibawa kemana-mana, modul CA Mejik sampai lecek. Halamannya juga banyak yang sobek. wkwkwk... Tapi demi lulus ujian CA ya nggak, butuh banget buat dihafal. Entah dimanapun, Molzania kadang kaya orang gila ngomong sendiri. Itu artinya Molzania sedang mengulang-ulang hafalan yang sudah dihafalkan kemarin. Gak papalah dibilang orang gila juga, yang penting bisa lulus CA. Aamiin ya Allah..

Akhirnya haripun tiba ujian CA. Pagi-pagi Molzania ke rumah sakit dulu karena mama Molzania masih dalam tahap pemulihan sehabis operasi. Siangnya baru deh cus pergi ke kampus. Sampai disana. yang ikutan ujian Mejik hanya sembilan orang termasuk Molzania. Ketemu teman, nanya-nanya rata-rata mereka ambil dua-tiga mata ujian. Ada juga yang cuma ambil satu kaya Molzania. xixii... mana sangguplah ambil seabreg-abreg. Selain gak tahan di otak, ga tahan juga di dompet. Kalau mengulang kan siap-siap keluar Rp. 500.000. Mehong boo' wkwkwk...

Jadwal Harian Ujian CA Selalu Sama Setiap Periode.
Hanya Tanggalnya Saja yang Berbeda.
Molzania sudah disuruh masuk ke ruangan jam 13.00. Mulai ujiannya jam 13.30. Dikasih soal jam 13.20, disuruh baca-baca dulu. Soalnya total ada 36 buah, terdiri atas 30 pilihan ganda, 3 Essay dan 3 Studi Kasus. Alamakkk! Dihitung-hitung hanya 20% soal yang berasal dari buku Mejik. Itupun cuma pilihan ganda. Sisanya sebanyak 60% pilihan ganda, berikut essay dan studi kasus, berasal dari buku Fred. R. Henry... lemess dah... :'(

Ada sekitar 6 soal yang gak ada di buku. Betul-betul murni dari pemahaman kita tentang konsep Mejik. Soal pilihan ganda kebanyakan tipenya sama kaya essay, banyak banget yang mengulas tentang matriks. Bedanya pilihan ganda kan main tebak-tebakan. Nah essay itu disuruh menguraikan. Jadi lebih banyak tantangannya.

Nih Molzania kasih kisi-kisinya, mana ada nih di internet yang bahas kisi-kisi soal ujian CA selain di blog ini. Tiga soal essay itu semuanya tentang matriks. Soal pertama tentang matriks evaluasi faktor eksternal, kita disuruh memberi peringkat diantara faktor-faktor eksternal yang disebutkan di soal. Soal kedua, paling mudah menurut Molzania. Kita cuma disuruh mengevaluasi mana faktor internal dan mana yang eksternal diantara faktor-faktor yang disediakan. Terakhir, Molzania nangis deh masa soal yang keluar itu malah matriks SPACE. Apaan coba SPACE itu? Strategic Position and Activity Evaluation. Huwaaa...

Molzania zonk untuk soal terakhir bagian essay ini. Betul-betul cuma nyalin soal azaa.. hahaa... au ah gelap yang penting isi-isi aza. Inget-inget rasanya pernah baca di buku Fred. Tapi lupaa bagian-bagiannya itu lhoo apa aja. Bodo' yang penting isi-isi aja, syukur-syukur dapat nilai kasihan.

Jadwal Ujian CA Tahun 2017
Selanjutnya tinggal ngisi studi kasus. Disini kita diberi materi berupa 11 kebijakan di perusahaan. Nah pertanyaannya itu kita disuruh mengklasifikasikan mana kebijakan pendukung strategi, mana kebijakan pendukung divisi, dan tujuan departemen dan kebijakan pendukungnta lengkap dengan semua manfaat ketiganya. Untuk bagian ini, benar-benar ngandelin nalar deh. Usahakan jawaban kita sebanyak mungkin, ngarang bebas ajaa... yang penting banyak tulisannya. xixixii...

Tiga jam berlalu tanpa terasa. Sepertinya Molzania keluar paling akhir dari kelas, soalnya temen-temen yang lain udah pada kabur sebelum Molzania selesai. Pengawasnya itu ada dua per kelas. Yasudahlah, selanjutnya tinggal berdoa. Mudah-mudahan kali ini bisa lulus. Doain ya man-teman. Bersiap untuk ujian selanjutnya. :D

UPDATE :
Molzania BELUM LULUS Ujian Manajemen Stratejik. Padahal udah mati-matian menghapal seluruh isi modul Manajemen Stratejik. Keep Fighting for "Me"!! 
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...