Monday, January 30, 2017

Kerugian Menggunakan HTTPS/SSL Gratis CloudFlare Untuk Domain Pribadi

Posted by with No comments
Kalau kalian sempat perhatikan, sepanjang tahun 2016 lalu, situs kesayangan kita www.molzania.com mengalami perubahan dari menggunakan situs http menjadi https. Pengembangan itu tentunya dimaksudkan untuk kenyamanan sobat bubblelatte semuanya. Dengan menggunakan situs https diharapkan kegiatan browsing menjadi lebih aman. 

Certificate SSL Gratis Membawa Masalah
Ilustrasi credit by optimizare-site.co

Untuk situs ini, Molzania.com menggunakan SSL Gratis dari CloudFlare. Kenapa? Karena rata-rata SSL di tempat lain harganya lumayan mahal. Bisa mencapai ratusan ribu per tahunnya. Kalau mau menyewa fasilitas SSL dari luar negeri. Rasanya juga tidak mungkin. Intinya SSL itu mahal. Jadi lebih baik pakai yang gratisan dari CloudFlare. Dasar orang ekonomi ... 

Ternyata untuk situs yang hanya digunakan untuk domain pribadi alias situs personal seperti Molzania.com ini, Molzania sama sekali tidak merekomendasikannya. Setidaknya ada beberapa hal yang membuat Molzania berpikir ulang untuk masih menggunakan fasilitas SSL gratisan milik CloudFlare ini. Dan setelah melakukan perenungan panjang dan memakan waktu, akhirnya Molzania memutuskan untuk menghentikan SSLnya, sekaligus merombak ulang situs Molzania.com ini.

Hanya saja, ketika kalian ingin membuat sebuah toko online untuk bisnis kalian. Maka tidak ada salahnya kalian memanfaatkan fasilitas https gratis ini. Tapi masalahnya ialah karena gratis, https jenis ini masih kurang aman dari serangan hacker. Maka sebaiknya kalian mau tak mau harus menggunakan https versi yang berbayar, daripada kehilangan kepercayaan pelanggan.

Setidaknya inilah kerugian menggunakan HTTPS gratisan untuk domain pribadi yang Molzania rasakan selama kurang lebih satu tahun menggunakan fasilitas https dari CloudFlare:

Peringkat Alexa
Illustration Credit by Pinterest 
  • Rangking Alexa Terjun Bebas
Awal tahun 2016 lalu, peringkat Alexa situs ini pernah mencapai angka tiga juta. Tentunya setelah dioptimasi mati-matian sama Molzania ya. Setiap hari selalu diusahakan ada postingan baru demi memuaskan hasrat bot Alexa wkwk. Tapi semenjak diubah menjadi https, jangankan bot Alexa mau singgah, lha wong widget Alexa saja tidak mau keluar sama sekali. Alhasil situs ini pun anjlok tak keruan. Dan awal tahun ini boom Alexa Molzania kembali ke angka sepuluh juta keatas. Sama seperti waktu Molzania dihadiahi banned oleh Adsense. 

Akibat yang bisa dirasakan ialah mood menulis konten blog menurun. Padahal ada banyak cerita singgah di kepala siap untuk ditulis. Tapi melihat anjloknya Alexa, jadi males lagi mengisi konten blog. Hikz. Jangan ditiru ya sobat bubblelatte.


  • Tidak Bisa Dioptimasi untuk Pendapatan
Lagi-lagi karena sebagian besar widget tidak bisa berfungsi, maka untuk widget ads selain google adsense tidak bisa digunakan sama sekali. Alhasil pendapatan dari blog pun berkurang. Walau tidak lagi bermitra dengan google, namun situs ini masih bisa dioptimasi dari ads alternatif lainnya. Sebut saja Chitika dan Bidvertisers. Dua dari sekian ads dengan pendapatan per klik. Ataupun menggunakan adsense asli Indonesia, Adsense Camp. Semua widget ads sama sekali tidak bisa digunakan. Alhasil sepanjang tahun 2016 kemarin, kalian dapati blog Molzania ini kosong melompong. Hikz (lagi..)

How to Add Javascript Code in Blogger Blog
Illustration Credit by My Coding Tricks

  • Javascript untuk Daftar Isi Blog untuk HTTPS Sama Sekali Tak Ada yang Cocok
Ini yang paling bikin sakit *tunjuk jantung*. Molzania sudah mendaki gunung. melewati lembah, dan menyusuri sungai (baca: browsing google) baik di Indonesia maupun di luar negeri, tidak ada satupun script Daftar Isi Blog untuk HTTPS yang cocok diterapkan pada situs Molzania.com. Nihil. Berbulan-bulan, situs ini kosong melompong tab Contentnya. Dan itu mempengaruhi pages per reader situs ini karena pembaca akan bosan dengan blog yang kosong dan susah melakukan pencarian artikel. Akibatnya pengaruh banget pada peringkat Alexa blog ini.


  • Susah Mencari Widget yang Bisa HTTPS

Sepanjang pengalaman Molzania sangat susah menerapkan widget yang tepat yang bisa dimunculkan untuk blog yang menggunakan SSL gratis. Mungkin sepanjang tahun 2016, banyak banget sobat bubblelate yang tidak bisa mengenal Molzania lebih jauh karena keterbatasan widget blog. Maafin Molzania ya sobat.. :'(

Domain Blog
Illustration Credit by Sitedesign24.ir

Keempat alasan diatas membuat Molzania mantab meninggalkan CloudFlare, plus merombak total blog ini. Cukup sudah www.molzania.com dibuat menderita dengan adanya SSL gratis dari CloudFlare. Ceilahh... bahasa Molzania berat boo.. wkwk.. Tapi itulah pengalaman yang Molzania alami.

Tidak hanya sampai disitu saja, penyesuaian kembali ke http setelah https pun juga banyak. Ada sejumlah fitur dashboard blog yang tak bisa digunakan lagi, terutama tab view blog setelah kita menggunakan fitur save blog. Ketika diklik, situs yang diarahkan masih dilengkapi dengan https sehingga muncul halaman error di browser. Selain itu beberapa pages blog juga terpaksa dihapus karena masih berdomain https. 
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...