Saturday, January 28, 2017

Jangan Tertipu dengan Email Paypal Palsu

Posted by with No comments
Cerita ini udah lama banget. Kalau gak salah sekitar tahun 2013 Molzania mengalaminya. Buat kalian sobat bubblelatte pengguna paypal, sebaiknya harus waspada. Jangan sampai akun paypal kalian kenapa-napa seperti Molzania. Soalnya kalau sudah dihack, mengurusnya sama sekali tidak gampang. Hal itu dikarenakan keterbatasan wilayah paypal dimana officenya belum menjangkau negeri ini. Sehingga membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya.

Logo Paypal

Alasan Molzania bergabung di paypal, awalnya ialah supaya memudahkan melakukan transaksi online dengan mitra di luar negeri. Rencananya sih pengen ekspansi bisnis online. Tetapi tidak semudah yang Molzania perkirakan. Ternyata untuk bisa mendapatkan verifikasi paypal, kita mau tak mau harus punya kartu kredit. Mau bikin virtual credit card, takut akun paypalnya kebanned. Cukup deh diban oleh Google adsense, jangan sampai akun paypal juga dibanned. Jadilah sampai sekarang akun paypal Molzania belum diverifikasi.

Nah ternyata nih ada untungnya juga belum sempat memverifikasi akun paypal. Soalnya paypal gampang banget dihack oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab. Kejadiannya yang terjadi empat tahun lalu, ternyata modusnya masih sama dengan sekarang. Baru-baru ini Molzania kembali mengalaminya. Tapi karena sudah punya pengalaman buruk, akhirnya Molzania bisa menghindar supaya kejadian yang sama tidak terulang.

Email Paypal Palsu

Jadi beberapa waktu lalu, Molzania dapat email seperti gambar di atas. Perhatikan kata-katanya, terlihat sangat meyakinkan bukan ? Isinya menginformasikan kalau akun paypal Molzania telah berubah pertanyaan keamanan dan jawabannya. Seolah-olah akun paypal Molzania ada yang menghacking. Dilihat dari tampilan awal email pun, sepertinya benar-benar dari Paypal International yang asli.

Cek gambar di bawah ini. Email dikirim dari service@intl.paypal.com. Hal seperti ini kadang membuat kita gak ngeh. Berpikiran macam-macam, lalu secara serampangan langsung mengklik. Padahal ini justru merupakan jebakan betmen si hacker. Bukannya masuk ke situs paypal yang asli, kita malah diarahkan ke domain tak jelas buatan sang hacker dan membuatnya seolah-olah mirip dengan situs paypal yang asli padahal bukan. 

Email Paypal Palsu

Setelah si hacker memperdaya kita dengan situs paypal abal-abal buatannya tersebut, maka selanjutnya dia beberapa jam kemudian akan mengambil alih akun paypal kita. Lalu, kita pun akan benar-benar mendapat email paypal asli yang menginformasikan bahwa seseorang telah meretas akun kita. Ketika kita mencoba untuk membuka akun paypal, blash! password kita sama sekali tidak bisa digunakan.

Begitupun jika kita ingin merubah password, paypal menyuruh kita memasukkan jawaban security question. Maka jawaban security questionnya sama sekali gak cocok. Hal ini dikarenakan karena jawabannya sudah diubah oleh si hacker. Maka kelanjutannya, kita cuma bisa pasrah dan terpaksa harus membuat ulang akun paypal yang baru. Entah akun paypal yang lama sudah diapain sama si hacker. Beberapa kali Molzania dapat email akun paypal anda telah diubah seperti di bawah ini.

Email Asli Paypal

Jadi, tips buat kalian supaya akun paypal kalian tidak dihack ialah pastikan kalau email paypal yang kalian terima benar-benar asli. Caranya ialah dengan mengklik kolom email paypal kalian. Pastikan yang asli benar-benar dari service@intl.paypal.com. Soalnya biasanya si hacker menggunakan email palsu dengan nama asli.

Tips yang kedua pastikan domain yang kalian kunjungi benar-benar paypal.com. Bukan situs abal-abal gak jelas yang mirip dengan paypal. Biasanya si hacker memang mengarahkan situsnya ke paypal resmi, tapi dengan domain yang berbeda. Pastikan melihat langsung address bar.

Perbedaan Email Palsu dan Email Resmi Paypal

Selama tiga tahun, Molzania menderita dan was-was dengan nasib akun paypal yang tak jelas rimbanya. Bagaimanapun, walau gak ada credit card disana, tapi ada data-data penting identitas Molzania seperti nama, alamat, dan lain-lain. Nah baru pada tahun 2016, Molzania baru berkesempatan untuk mengotak-atik lagi. Caranya bagaimana ? Dengan menghubungi akun official facebook fanpage Paypal.

Kenapa ini gak terpikirkan sebelumnya ya? Molzania baru ngeh. Soalnya kalau mau jalur cepat kita harus menghubungi nomor paypal di Singapura. Dan itu akan menghabiskan pulsa yang lumayan karena menelepon dengan tarif internasional. Respon lewat facebook gak secepat yang Molzania kira. Butuh kesabaran yang ekstra karena biasanya dilayani oleh banyak staff yang berbeda-beda, sehingga terkadang harus mengulang cerita yang sama.

Chat dengan Staff Paypal via Facebook 

Setelah sempat mengulang-ulang chat karena staff yang merespon selalu berganti-ganti, salah seorang staff meminta nomor telepon Molzania. Namun, setelah telepon paypal masuk ke hape Molzania, ternyata tidak terdengar suara apapun. Nggak jelas juga masalahnya kenapa, mungkin sinyal hape sedang buruk atau sinyal mereka yang buruk. Akhirnya Molzania meminta jalur yang lain.

Percakapan antara Molzania dan paypal bisa kalian lihat dibawah ya. Ngechatnya pakai bahasa Inggris yang kadang-kadang masih suka belibet dan salah-salah ketik. Maklum chatnya buru-buru, soalnya takut staff paypalnya keganti lagi. 

Chat dengan Staff Paypal via Facebook

Akhirnya setelah beberapa kali mencoba, ketemu juga dengan staff Paypal yang baek dan penuh perhatian. Dia menyarankan agar akun paypal Molzania dihapus saja. Nanti dia akan membantu menghapusnya via server paypal. Lha kenapa baru kepikiran? Lagi-lagi Molzania berpikir seperti ini. Ternyata kita bisa meminta untuk menghapus akun paypal jika akun kita bermasalah. Setelah dihapus, kita bisa daftar ulang paypal dengan menggunakan email yang sama. Jadi masalah terpecahkan dengan solusi hapus akun ini.

Thanks for sis Ashley atas solusi terbaiknya. Untuk yang mengalami masalah yang sama, sok atuh hubungi paypal via message facebook dengan menambahkan subjek di email yang intinya meminta akun kita dihapus. Tentunya dalam bahasa Inggris ya karena sepertinya staff Facebook Paypal tidak ada yang bisa berbahasa Indonesia.

Chatt dengan mbak Ashley

Tapi entahlah ya mbak Ashleynya masih bekerja di paypal atau tidak. Atau mungkin kita bisa request dengan staff paypal yang lain? Tentunya dengan bahasa yang meyakinkan kalau itu memang akun paypal kita ya. Soalnya Molzania kan gak tivu-tivu kemarin itu memang benar akun Paypal Molzania dihack orang.

Case is closed! Hikmahnya kejadian ini membuat Molzania lebih berhati-hati untuk tidak mengklik email dari siapapun sembarangan. Pastikan semuanya memang benar-benar resmi, daripada nanti kecolongan lagi. Sekarang Molzania punya akun paypal yang baru, dilengkapi dengan tambahan email-email yang lain. Plus dengan verifikasi lewat nomor hp, sepertinya sistem ini baru dijalankan. Soalnya waktu tahun 2013 awal-awal menggunakan paypal belum ada nih sistem verifikasi lewat hape. Baguslah ! Jatuhnya kan lebih aman, karena kalau mau mengakses paypal harus verifikasi kode terlebih dahulu lewat sms. 
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...